KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI BALAI KESEHATAN KERJA MASYARAKAT (BKKM) PROVINSI JAWA BARAT
No Thumbnail Available
Date
2013-01-03
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan Pasien
Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Kerja Masyarakat (BKKM) Provinsi Jawa Barat .
Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi
masalah mengenai kualitas pelayanan rawat jalan di BKKM Provinsi Jawa Barat ,
yaitu fasilitas serta alat penunjang medis yang masih belum lengkap , pelayanan
kesehatan belum sesuai dengan pelayanan Strata II, belum ada petugas yang
menangani keluhan masyarakat dan juga petugas BKKM tidak memberikan
penjelasan secara rinci mengenai alur prosedur kepada pasien.
Untuk menganalisis permasalahan di atas peneliti menggunakan teori dari
Agus Dwiyanto yang menyatakan bahwa untuk mengukur kualitas pelayanan
dapat diidentifikasi melalui lima dimensi kualitas pelayanan yaitu dari sikap
petugas, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, fasilitas pelayanan, dan biaya
pelayanan. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian
skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif analisis melalui pendekatan
kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan
melalui observasi dan wawancara kepada informan (Ka. Sub Bagian Tata Usaha,
Ka. Sie Lingkungan Kerja, Kasie Pelayanan Medis, Staf Administrasi
Pendaftaran, serta pasien yang akan berobat di BKKM Provinsi Jawa Barat ).
Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan cara
triangulasi dengan sumber dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kualitas pelayanan Pasien
Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Kerja Masyarakat (BKKM) Provinsi Jawa Barat ,
secara umum belum sepenuhnya pelayanan dilaksanakan dengan baik. Hal ini
terjadi karena fasilitas seperti alat penunjang medis masih belum lengkap, petugas
tidak memberikan penjelasan secara rinci tentang prosedur pelayanan sehingga
banyak pasien yang masih bingung, lalu masih belum adanya kepastian waktu
pemberian pelayanan dari petugas untuk pasien yang berobat.
Description
Keywords
kualitas pelayanan, Tidak ada keyword, Tidak ada keyword