PENGARUH KARAKTERISTIK BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN NABIRE PROVINSI PAPUA
No Thumbnail Available
Date
2012-10-18
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Dalam kurun waktu berlakunya orde lama dan orde baru, pola anutan birokrasi
di Provinsi Papua bergantung pada ekologi
politik yang sangat didominasi oleh pemerintah pusat. Format tata pemerintahan yang tidak menentu dalam fase-fase
pentahapannya yang relatif singkat, bermuara pada tidak optimalnya
program-program pembangunan di semua bidang dan sektor. Sehingga pelayanan publik kurang memperoleh
perhatian yang serius.Begitu buruknya Budaya Kerja Pelayanan Birokrasi
dan keterbatasan yang dialami di Provinsi Papua selama ini dapat dilihat dari adanya
kelemahan dalam: disiplin, produktif, inovatif,
semangat serta mudah tergiur dengan budaya asing yang bersifat negatif
dan tidak mau bekerja keras dan lain sebagainya. Masih tingginya tingkat keluhan
masyarakat pengguna jasa menunjukkan bahwa pemerintah sebagai organisasi publik
masih belum sepenuhnya mampu menciptakan sistem pelayanan yang akseptabel
dimata rakyat.
Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan
analisis yang digunakan adalah analisis
jalur (path analysis).Sumber data penelitian terdiri dari: studi
kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi wawancara, observasi dam
penyebaran kuesioner. Populasi yang
menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah Aparat birokrat sebagai Pelayan
kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire Provinsi Papua. Cara penentuan
sampel dalam penelitian ini menggunakan stratified
random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 194 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tanggapan
responden secara umum dapat dikatakan sudah berada
pada kategori cukup mengenai Pengambilan Resiko, Perhatian yang Rinci, Orientasi pada Manusia,
Orientasi Tim, Keagresifan, Sistem Pelayanan dan Sumber Daya Manusia. Tanggapan
responden secara umum sudah berada pada
kategori kurang mengenai Stabilitas. Sedangkan tanggapan responden secara umum sudah berada pada kategori baik mengenai
Orientasi Hasil, Strategi dan Customer.
Pengambilan Resiko, Perhatian yang Rinci, Orientasi Hasil, Orientasi pada
Manusia, dan Keagresifanmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap Pelayanan
Publik.
Kata Kunci: Organisasi Publik, Budaya Organisasi, Pelayanan Publik.
Description
Keywords
Organisasi Publik, Budaya Organisasi, Pelayanan Publik.