Analisis E-Commerce Indonesia Pasca Dilaksanakannya ASEAN Information and Communication Technology Masterplan 2015
No Thumbnail Available
Date
2017-03-08
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
E-commerce merupakan transaksi perdagangan yang dilakukan melalui media elektronik sebagai bentuk pemanfaatan dari teknologi informasi dan komunikasi di sektor perdagangan, dimana saat ini e-commerce sedang berkembang menjadi sebuah trend karena dinilai memberikan kontribusi yang positif kepada efisiensi perdagangan sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Menyadari hal tersebut, ASEAN sebagai sebuah organisasi internasional yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara anggota nya segera membentuk upaya-upaya guna mewujudkan kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan bisnis e-commerce di ASEAN salah satunya melalui dibentuknya ASEAN ICT Masterplan 2015. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang mendorong naik dan turunya kontribusi e-commerce di Indonesia melalui konsep kekuatan lingkungan dalam bisnis internasional.
Walaupun ASEAN sudah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan bisnis e-commerce di negara anggota, kekuatan lingkungan di setiap negara tetap memiliki peran penting dalam menggambarkan keberhasilan pertumbuhan bisnis e-commerce. Di Indonesia faktor utama yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan e-commerce adalah infrrastruktur yang belum memadai, kualitas sumber daya manusia yang terbatas serta kondisi hukum yang belum berpihak kepada pelaku bisnis disisi lain Indonesia memiliki pasar, tenaga kerja serta produk dalam jumlah besar yang dapat tersalurkan melalui bisnis e-commerce.
Description
Keywords
E-commerce, Information and Communication Technology (ICT), Kekuatan Lingkungan