DIPLOMASI PENDIDIKAN KBRI NAIROBI DALAM MEMPROMOSIKAN KERJA SAMA PENDIDIKAN TINGGI INDONESIA DAN KENYA (2021 2022)
No Thumbnail Available
Date
2023-07-13
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji upaya diplomasi
pendidikan yang telah dijalankan Indonesia oleh KBRI Nairobi di Kenya selama
periode tahun 2021 – 2022. Lebih spesifiknya, penelitian ini difokuskan untuk
memahami upaya diplomasi pendidikan dalam mempromosikan program beasiswa
pendidikan tinggi Indonesia bagi pelajar Kenya, serta kesempatan kolaborasi antara
perguruan tinggi dari Indonesia dan Kenya. Penelitian ini memanfaatkan perspektif tiga
dimensi diplomasi publik dari Mark Leonard untuk memahami dan mengevaluasi
kerja-kerja diplomasi pendidikan KBRI Nairobi.
Dalam hal metodologi, penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif.
Data primer yang hadir dalam penelitian ini berwujudkan wawancara langsung yang
peneliti lakukan dengan pejabat KBRI Nairobi dan salah seorang mahasiswa asal
Kenya yang menjadi alumni perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan data-data
sekunder yang ada berupa tinjauan atas dokumen-dokumen relevan seperti buku,
artikel jurnal, artikel berita, dan bahan-bahan tertulis lainnya. Pengumpulan data ini
membantu penulis dalam memahami latar belakang sektor pendidikan Kenya, serta
aktivitas diplomasi pendidikan yang dilaksanakan oleh KBRI Nairobi pada tahun 2021
– 2022.
Peneliti menemukan bahwa KBRI Nairobi telah melakukan diseminasi
informasi, engagement kepada stakeholder, dan fasilitasi penjajakan kerja sama
sebagai wujud upaya diplomasi pendidikan yang tengah dilakukannya. Upaya-upaya
tersebut secara garis besar telah melengkapi tiga dimensi, yang terdiri dari manajemen
berita, komunikasi strategis, dan pembangunan hubungan. Kemudian, sepanjang
pelaksanaan kegiatan diplomasi pendidikan ini, periode 2021 – 2022 menyaksikan
peningkatan angka peserta didik asal Kenya di Indonesia, serta penandatanganan 3
penjajakan kerja sama antar institusi pendidikan tinggi Indonesia-Kenya. Angka ini
berpotensi untuk terus bertambah, terlebih dengan mulai bertambahnya jumlah
perguruan tinggi yang membuka beasiswa bagi mahasiswa Kenya, serta beberapa
penjajakan kerja sama yang masih berada dalam tahap diskusi.
Description
Keywords
Diplomasi Pendidikan, Diplomasi Publik, Indonesia