DIPLOMASI PUBLIK JEPANG DI INDONESIA MELALUI DORAEMON SEBAGAI DUTA ANIME UNTUK BUDAYA JEPANG
No Thumbnail Available
Date
2014-01-20
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
EGI PRAGUSTI KURNIAWAN, DIPLOMASI PUBLIK JEPANG DI INDONESIA MELALUI DORAEMON SEBAGAI DUTA ANIME UNTUK BUDAYA JEPANG (2008-2012). Seiring dengan Indonesia yang telah menikmati hubungan yang sangat erat dengan Jepang selama lima puluh tahun, masyarakat Indonesia semakin mengenal dan tertarik pada Jepang baik di bidang ilmu pengetahuan, budaya maupun gaya hidup. Salah satu aspek yang cukup berperan dalam kesuksesan diplomasi Jepang di Indonesia adalah kehadiran anime (kartun Jepang) ke tengah-tengah masyarakat. Jepang sudah memanfaatkan anime sebagai alat berdiplomasi ke berbagai negara.
Anime hadir dan digunakan untuk mendukung multitrack diplomacy di level masyarakat. Anime merupakan media pendukung soft power Jepang dalam hubungan antar negara, terutama di Indonesia.Saat ini anime telah menjadi suatu yang identik dengan Jepang. Ketika berfikir tentang Jepang maka masyarakat akan terbayang pada anime. Hal ini dapat dilihat pada sosok ikonik Doraemon. Masyarakat Indonesia sangat mengenal Doraemon dan mengetahui dari mana Doraemon berasal. Oleh karena itu, anime Doraemon yang sangat sukses di Indonesia maupun di dunia ini dijadikan icon Duta diplomasi budaya Jepang. Doraemon menunjukan bahwa icon anime dapat disebut dan menjadi Diplomat Jepang masa kini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis dan menggunakan teknik pengumpulan data primer melalui wawancara maupun data sekunder melalui studi kepustakaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui diplomasi Jepang di Indonesia melalui Doraemon sebagai Duta anime untuk budaya Jepang. Melalui pendekatan budaya populer dalam Cultural Studies yang dipelajari dalam Studi Hubungan Internasional, tujuan dari penelitian ini terjawab bahwa Jepang dengan menggunakan icon Doraemon sebagai alat diplomasi publik secara efektif dapat mempengaruhi anak-anak ataupun masyarakat di Indonesia untuk lebih mengenal budaya Jepang yang dilakukan melalui event-event yang tersebar di banyak kota di Indonesia.
(Kata kunci: soft power, diplomasi publik, budaya, icon, diplomat, anime, doraemon)
Description
Keywords
soft power, diplomasi publik, budaya