Pengaruh Destination Brand Experience Terhadap Intensi Kunjungan Berulang Dan Electronic Word Of Mouth Melalui Kepuasan Wisatawan Di Kawasan Kota Tua Jakarta Tahun 2020-2022

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu industri yang mampu menyumbangkan peningkatan ekonomi masyarakat dan negara. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui model variabel yang dapat mempengaruhi intensi kunjungan berulang wisatawan dan electronic word of mouth dengan destination brand experience dan kepuasan wisatawan baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan meningkatkan kegiatan electronic word of mouth. Pendekatan penelitian berupa pendekatan kuantitatif dengan metode structural equation modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah wisatawan Kota Tua Jakarta yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 317 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa hipotesis 1 diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel destination brand experience terhadap inetnsi kunjungan berulang melalui kepuasan di Kawasan Kota Tua Jakarta. Hipotesis 2 diterima dan disimpulkan bahwa variabel destination brand experience berpnegaruh positif dan signifikan terhadap electronic word of mouth melalui kepuasan di Kawasan Kota Tua Jakarta. Sedangkan hipotesis 3 dinyatakan diterima yaitu bahwa variabel destination brand experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap electronic word of mouth melalui kepuasan dan intensi kunjungan berulang di Kawasan Kota Tua Jakarta. Simpulan dalam penelitian ini yaitu wisatawan beranggapan bahwa pengalaman berkunjung ke Kawasan Kota Tua memberikan kepuasan yang dan berdampak pada penyebaran berita positif melalui media elektronik. Simpulan dan saran penelitian ini diharapkan dapat memberikan rujukan bagi pengelola Kawasan Kota Tua Jakarta dan pemerintah DKI Jakarta dalam pengembangan destinasi wisata di Kota Tua dan di Jakarta pada umumnya.

Description

Keywords

destination brand experience, kepuasan, intensi kunjungan berulang

Citation