MOTIVASI BERPRESTASI DI BIDANG AKADEMIK PADA ANAK PANTI ASUHAN (Studi Deskriptif pada Anak Panti Asuhan yang Tinggal di Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 1, Klender Jakarta Timur)
No Thumbnail Available
Date
2012-10-18
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Motivasi Berprestasi di Bidang Akademik pada
Anak Panti Asuhan (Studi Deskriptif pada Anak Panti Asuhan yang Tinggal di
Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Putra Utama 1 Klender, Jakarta Timur)†.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana proses anak panti asuhan
dalam mendapatkan motivasi berprestasi di bidang akademik. Motivasi
berprestasi adalah dorongan yang diperoleh seseorang untuk menyelesaikan
tugasnya dengan baik, mencapai tujuan atau mencapai keunggulan prestasi
tertentu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan
data adalah pedoman wawancara dengan teknik wawancara mendalam. Informan
dalam penelitian ini adalah 2 anak panti asuhan yang berprestasi di bidang
akademik, 2 anak panti asuhan yang kurang berprestasi di bidang akademik, dan
sebagai bahan cross check diperoleh data dari 4 pendamping/pengasuh panti
asuhan, 2 ibu kandung dari anak panti asuhan berprestasi, serta 2 wali kelas dari
anak panti asuhan yang kurang berprestasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi yang
diperoleh anak panti asuhan dengan prestasi baik yaitu berasal dari sumber
intrinsik yang meliputi harapan yang tinggi dan terarah, mengerti arti keberhasilan
dalam memperoleh prestasi, percaya diri dengan kemampuan intelegensinya, dan
memiliki minat yang tinggi di bidang akademik. Selain itu, motivasi berprestasi
anak tersebut juga berasal dari sumber ekstrinsik yang meliputi harapan orang tua,
tuntutan orang tua, dukungan dari orang tua, dan penghargaan dan hukuman dari
orang tua. Kemudian anak panti asuhan yang berprestasi juga memiliki
karakteristik seperti berorientasi sukses, berorientasi jauh ke depan, lebih suka
dengan kesulitan moderat, dan tidak suka dengan pemborosan waktu. Dan yang
terakhir, anak panti asuhan yang berprestasi selalu menganggap bahwa prestasi
merupakan kebutuhan yang harus dia capai.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah yang berprestasi mendapatkan
dukungan langsung dari orangtua kandungnya untuk dapat berprestasi.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti membuat plan of treatment (POT) berupa
Study Tour yang betujuan untuk menumbuhkan motivasi berprestasi pada anak
panti asuhan dalam meraih prestasi di bidang akademik.
Description
Keywords
Tidak ada keyword, Tidak ada keyword