Dukungan Sosial Terhadap Anak Tunagrahit (Studi Kasus DI SDIT Ruhama)
No Thumbnail Available
Date
2015-01-19
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana bentuk dukungan sosial yang diberikan oleh pihak sekolah dan pihak keluarga terhadap anak tunagrahita di SDIT Ruhama. Sumber data dari penelitian ini adalah orang-orang yang selalu berinteraksi langsung kepada anak tunagrahita. Jenis-jenis dukungan sosial yang digambarkan adalah dukungan sosial instrumental, dukungan sosial emosional, dukungan sosial informasional, dan dukungan sosial penghargaan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tekhnik penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik mengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru kelas, guru pendamping anak tunagrahita, teman sepermainan aka tunagrahita, dan orang tua anak tunagrahita.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dukungan sosial masih berlangsung secara alamiah dan belum secara spesifik diciptakan atau direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pihak sekolah dan pihak keluarga mengenai dukungan sosial terhadap anak tunagrahita. Namun, dukungan yang sudah dijalankan oleh para informan sudah sesuai dengan teori yang telah dikemukakan sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengajukan saran dan sebuah plan of treatment berupa workshop dan pembentukan social support group. Tujuan dari dibentuknya kegiatan tersebut adalah agar para orang tua dan pihak sekolah mengerti akan pentingnya dukungan sosial untuk orangtua. Selain itu, dengan dibentuknya social support group dukungan sosial yang diberikan kepada anak tunagrahita dapat berjalan lebih maksimal.
Description
Keywords
Dukungan Sosial, ANak Tunagrahita, Sekolah Inklusi