PROSES PELAYANAN PASANG BARU CALON PELANGGAN TEGANGAN TINGGI DI PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT DAN BANTEN

Abstract

ABSTRAK PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten merupakan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang bergerak dalam bidang penyediaan tenaga listrik, yang mana perusahaan ini adalah perusahaan satu-satunya di Indonesia. Dari perjalan waktunya, PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten telah melalui banyak perubahan. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi metode referensi, observasi, dan interview. Hasil pembahasan yang diperoleh menunjukkan bahwa pelayanan pasang baru calon pelanggan di PT. PLN (Persero) mengalami beberapa hambatan baik internal maupun eksternal. Hambatan dalam internal,diantaranya panjangnya tahapan prosedur dalam pelayanan pelanggan tegangan tinggi dikarenakan banyaknya unit yang terlibat,ketidaktersediaan daya dan infrastruktur menyebabkan pasang baru pelanggan tegangan tinggi menjadi terhenti/terganggu. Sedangkan hambatan dalam eksternal, diantaranya minimnya pengetahuan pelanggan karena kurangnya informasi yang berkaitan dengan pelayanan pasang baru. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah penyederhaan prosedur dalam proses pelayanan calon pelanggan tegangan tinggi yang tidak memakai banyak unit yang terlibat. Selain itu, PT. PLN (Persero) pun membuat buku panduan kepada calon pelanggan agar untuk memudahkan konsumen dalam proses pelayanan pasang baru. Maka kesimpulannya, bahwa pelayanan pasang baru calon pelanggan di PT. PLN (Persero) dapat dikatakan telah dilakukan dengan baik, meskipun masih ada beberapa hambatan atau hal-hal yang harus diperbaiki lagi guna kemajuan perusahaan.

Description

Keywords

PELAYANAN, PASANG, BARU

Citation