Konstruksi Disneyfikasi Legenda Ikan Dewa Di Objek Wisata Alam Cibulan Sebagai Promosi Wisata

Abstract

Penelitian ini adalah mengenai modifikasi cerita Legenda Ikan Dewa sebagai agen promosi wisata Cibulan menggunakan struktur tata nilai Disney. Latar belakang penelitian dilandasi oleh kebutuhan kekinian pariwisata bagi Cibulan yang terkait dengan kehadiran narasi yang berkesan dan memberi nilai rasa. Penambahan nilai yang sifatnya lebih universal dalam Legenda Ikan Dewa dilakukan untuk menjawab kebutuhan tersebut sekaligus agar dapat menyentuh khalayak yang lebih luas. Menemukan sintesis berupa disneyfikasi yang dapat mengakomodir kehadiran nilai-nilai budaya kelokalan Legenda Ikan Dewa adalah temuan yang diajukan penelitian ini. Karena dalam disneyfikasi Legenda Ikan Dewa terjadi pertemuan nilai-nilai budaya kelokalan dan budaya global yang pada dasarnya saling tidak berkesesuaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan tehnik analisis induktif terhadap data yang diperoleh. Data-data dikumpulkan dari hasil observasi lapangan, wawancara dengan tipe purposive sampling tidak terstruktur, dan studi pustaka. Digunakan teori morfologi Vladimir Propp untuk memperoleh kupasan struktur narasi awal Legenda Ikan Dewa, atau yang diistilahkan Propp sebagai struktur purba, sebagai acuan pada proses pembangunan kembali badan cerita ketika didisneyfikasi. Penelitian menyimpulkan, bahwa disneyfikasi yang ideal bagi Legenda Ikan Dewa adalah pertama, struktur nilainya didirikan dari komposisi nilai budaya kelokalan berupa ke-Islam-an, kekeluargaan, dan loyalitas yang harmonis bersanding dengan tata nilai Disney. Dan kedua, pembangunan cerita berasal dari hasil penyusunan diatas sebelas fungsi pelaku dan adanya kehadiran empat pelaku yang sama dengan hasil identifikasi struktur purba dari Legenda Ikan Dewa versi tradisional.

Description

Keywords

disneyfikasi, legenda, budaya populer

Citation

Collections