Kajian Wisata Belanja di Kawasan Nagoya, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau

Abstract

Wisata belanja merupakan pengembangan pariwisata bersifat tematik, yang mendapat perhatian sebagai fenomena pariwisata global saat ini. Pengembangan pariwisata diharapkan berfokus untuk meningkatkan sumber daya sesuai dengan karakteristik yang dimiliki daerah/destinasi. Wisata belanja merupakan praktik sosial yang telah berlangsung dalam jangka panjang di Kawasan Nagoya. Pandangan post-modernisme menerangkan bahwa kondisi saat ini merupakan hasil produksi dan reproduksi bernilai historis. Disertasi ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan daya tarik wisata belanja, 2) menemukan partisipasi pemerintah, masyarakat lokal dan penyedia usaha jasa pariwisata serta 3) mengevaluasi promosi wisata belanja di Kawasan Nagoya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Pendekatan yang dipilih akan menggambarkan realita sosial berdasar pembatasan waktu dan tempat. Sudut pandang bersifat emik dan etik dilibatkan melalui teknik wawancara, observasi serta studi dokumentasi. Data yang diperoleh diproduksi terus-menerus dengan melibatkan proses verifikasi, reduksi serta konsultasi dan tukar pikiran dengan para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tampilan daya tarik wisata belanja Kawasan Nagoya saat ini dipengaruhi oleh interaksi dan hubungan jangka panjang antar struktur objektif dan subjektif untuk mengembangkan lahan Batam bagi kepentingan investasi. Terlibatnya pemerintah, penyedia usaha jasa pariwisata serta masyarakat lokal menunjukkan perjuangan bersifat spontan yang dikembangkan masing-masing aktor/agen untuk memperoleh profit dan benefit. Promosi wisata belanja Kawasan Nagoya masih berlangsung secara parsial dan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan capaian bersifat kuantitatif. Perubahan merupakan situasi yang perlu dipertimbangkan untuk mengembangkan wisata belanja Kawasan Nagoya agar berlangsung secara berkelanjutan dan memberi dampak bagi berkembangnya area/kawasan pariwisata lain di Batam.

Description

Keywords

pengembangan wisata belanja, kawasan nagoya, keberlanjutan

Citation

Collections