Citra Glamor Tiga Perempuan Sebagai Ikon dalam Tiga Iklan Parfum Bvlgari

Abstract

Skripsi ini berjudul “Citra Glamor Tiga Perempuan Sebagai Ikon Dalam Tiga Iklan Parfum Bvlgari: Kajian Semiotika”. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan atribut apa yang muncul pada iklan parfum Bvlgari dan tanda-tanda apa saja yang menggambarkan atribut glamor tiga perempuan dalam tiga iklan parfum Bvlgari. Objek penelitian adalah tiga iklan parfum Bvlgari, antara lain Bvlgari Omnia Green Jade, Bvlgari Jasmin Noir, dan Bvlgari Mon Jasmin Noir. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan teori semiotika de Saussure (1916), disertai beberapa teori pendukung lainnya, seperti teori glamor Gomez (2006), Gundle dan Castelli (2006), White dan Griffiths (2000), serta Dyhouse (2010), teori atribut glamor Gundle dan Castelli (2006) dan Dyhouse (2010) , serta teori tanda verbal dan non verbal Givens (2002). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tanda-tanda yang menunjukkan penggambaran perempuan glamor adalah tanda visual, verbal, dan non verbal, seperti teks dan gestur. Atribut glamor yang muncul pada iklan parfum Bvlgari Omnia Green Jade adalah beauty, sexuality, theatricality, wealth, notoriety, dan feminine. Pada iklan parfum Bvlgari Jasmin Noir atribut glamor yang muncul antara lain beauty, sexuality, theatricality, wealth, notoriety, leisure, dan feminine. Kemudian sama seperti iklan sebelumnya, pada iklan parfum Bvlgari Mon Jasmin Noir, atribut glamor yang muncul adalah beauty, sexuality, theatricality, wealth, notoriety, leisure, dan feminine.

Description

Keywords

semiotika, iklan, parfum

Citation