Hubungan antara Komunikasi Persuasif oleh Staf Bumi Panda dengan Sikap Suporter terhadap Yayasan
No Thumbnail Available
Date
2017-02-16
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Revva Avinna Taqwa, 210110120105, Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Komunikasi Persuasif oleh Staf Bumi Panda dengan Sikap Supporter terhadap Yayasan”. Studi korelasional mengenai komunikasi persuasif yang dilakukan oleh staf Bumi Panda dengan sikap supporter terhadap yayasan WWF-Indonesia di Kota Bandung. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Agus Rahmat,M.Pd sebagai dosen pembimbing utama dan Dra. Hj. Kokom Komariah, M.Si sebagai dosen pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan pada komunikasi persuasif oleh Bumi Panda dengan sikap suporter terhadap yayasan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Instrumental Theory of Persuasion dari Hovland, Janis dan Kelly. Metode yang digunakan adalah metode korelasional, teknik pengambilan data dengan cara kuisioner, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Respoden penelitian ini sebanyak 155 orang, yang terpilih secara teknik sampling acak sederhana. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Uji validitas menggunakan Rank Spearman dan uji realibilitas menggunakan rumus Alfa Cronbach.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan hubungan yang cukup berarti antara komunikasi persuasif oleh staf Bumi Panda yang terdiri dari faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan dengan sikap supporter terhadap yayasan yang mana terdiri dari perubahan pendapat, perubahan persepsi, perubahan afeksi dan perubahan tindakan. Hubungan cukup berarti mempunyai makna faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan telah bisa membentuk sikap suporter tetapi belum sepenuhnya.
Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara variabel komunikasi persuasif oleh staf Bumi Panda dengan sikap supporter terhadap yayasan. Serta terdapat hubungan yang cukup berarti antara dua variabel, yaitu faktor-faktor sumber dan faktor-faktor pesan dengan sikap suporter terhadap yayasan.
Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya frekuensi pemberian komunikasi ditingkatkan, staf pada Bumi Panda sebaiknya merupakan orang yang telah dikenal suporter, dan sebaiknya pada awal pembicaraan disampaikan prolog berupa gambaran apa yang akan dibicarakan kepada suporter.
 
Description
Keywords
Persuasif, Instrumenthal Theory of Persuasion, Tidak ada keyword