Ilmu Komunikasi (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Recent Submissions
Item Iklim Komunikasi Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung(2012-10-12) GANDYAR AFRIANDI HIDAYAT; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Gandyar Afriandi, KXO050678, 2012. Jurusan Manajemen komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, Bandung. Iklim Komunikasi Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung. Studi Deskriptif mengenai Iklim Komunikasi Pada Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung. Dr. Asep Suryana, M.Si, selaku pembimbing utama dan Teddy Kurnia Wirakusumah, Drs., M.I.Kom. selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kepercayaan, aspek pembuatan keputusan bersama, aspek kejujuran, aspek keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, aspek mendengarkan dalam komunikasi keatas, dan aspek perhatian pada tujuan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 84 orang dan sampel yang digunakan adalah 84 orang. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, telaah kepustakaan dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa iklim komunikasi yang dilihat dari aspek kepercayaan, aspek pembuatan keputusan bersama, aspek kejujuran, aspek keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, aspek mendengarkan dalam komunikasi keatas, dan aspek perhatian pada tujuan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bandung berjalan cukup baik. ABSTRACT Gandyar Afriandi, KXO050678, 2012. Communication ManagementDepartment, Faculty of Communication, University of Padjadjaran, Bandung.Communication Climate In Integrated Licensing Services Agency of Bandung city.Descriptive study of about Communication Climate In Integrated LicensingServices Agency of Bandung city. Acting as main supervisor is Dr. Asep Suryana,M.Si. as the main supervisor and Teddy Kurnia Wirakusumah, Drs., M.I.Kom. assecondary supervisor. This study aims to determine the aspects of trust, shared decision-makingaspects, aspects of honesty, openness in communication aspects down, listen tothe communication aspects of the above, and aspects of attention to the objectivesin Integrated Licensing Services Agency of Bandung city. The method used is descriptive method. Population in this research are 84 people and sample used in this research are 84 people.. The technique of collecting data used in this study are questionnaire, interview, and literature study. Main approach from this research is quantitative approach with dataanalyses descriptive. The conclusion of this study is that the climate communication for aspectof trust, shared decision-making aspects, aspects of honesty, openness incommunication down aspects, listen to the communication of the above aspects,and aspects of attention to the objectives at Integrated Licensing Services Agencyof Bandung city is works quite good enough.Item Analisis Framing Pada Rubrik National Affairs dan Rubrik Music Biz Majalah Rolling Stone Indonesia Edisi #78 Oktober 2011(2013-02-27) ANDRI PERMANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Andri Permana, KX0050744, 2012. Skripsi ini berjudul ANALISIS FRAMING PADA RUBRIK NATIONAL AFFAIRS DAN RUBRIK MUSIC BIZ MAJALAH ROLLING STONE INDONESIA EDISI #78 OKTOBER 2011. Analisis Framing Model Robert N. Entman mengenai Rencana Penutupan Blog-blog Musik dan Pemblokiran Situs-situs File Sharing terkait Pembajakan Musik di Indonesia pada Majalah Rolling Stone Indonesia Edisi #78 Oktober 2011. Pembimbing Utama Dr. H. Dede Mulkan, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Dra. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bingkai(frame)dua rubrik Majalah Rolling Stone Indonesia mengenai rencana penutupan blog-blog musik dan pemblokiran situs-situs file sharing terkait pembajakan musik di Indonesia, meliputi proses penyeleksian isu dan penonjolan aspek dari isu yang dipilih.Penelitian ini menggunakan metode analisis framing dengan model Robert N. Entman, melalui empat elemen utamanya, yaitu pendefinisian masalah, perkiraan penyebab masalah, pilihan nilai moral dan rekomendasi penyelesaian masalah. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Majalah Rolling Stone Indonesiamendefinisikan rencana penutupan blog-blog musik dan pemblokiran situs-situs file sharing terkait pembajakan musik di Indonesiasebagai aspek sosial, hukum, bisnis dan teknologisertamemperkirakan ketidaksiapan pemerintah dan industri musik di Indonesia dalam menghadapi industri musik model baru yang mengikuti perkembangan teknologi sebagai penyebab masalah, sementara rencana penutupan blog musik dan pemblokiran situs file sharing dan penerapan UU ITE dalam penanganan masalah pembajakan musik digital merupakan sumber sekaligus pemicu masalah. Majalah Rolling Stone Indonesia menentukan pilihan moralnya dengan menganggap bahwa rencana penutupan blog-blog musik dan pemblokiran situs-situs file sharing oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi sebagai reaksi spontan yang tidak mempertimbangkan dampak lebih jauh terhadap masyarakat luas. Majalah Rolling Stone Indonesia menyarankan UU HAKI sebagai dasar hukum penanganan pembajakan musik digital ini, dan pembaruan metode bisnis industri musik Indonesia. ABSTRACT Andri Permana, KX0050744, 2012. A research titled FRAMING ANALYSIS TOWARDS NATIONAL AFFAIRS SECTION AND MUSIC BIZ SECTION OF ROLLING STONE MAGAZINE INDONESIA ISSUE #78 OCTOBER 2011. Framing Analysis Based on Robert N. Entman’s Model towards Rolling Stone Indonesia Magazine Issue # 78 October 2011 about Music Blogs Shutdown and File Sharing Sites Blockade Agenda related to Music Piracy in Indonesia. Main Preceptor: Dr. H. Dede Mulkan, M.Sc., Secondary Preceptor: Dra. Hj. Henny Sri Mulyani, M.Sc. The purpose of this research was to determine the frame of two sections published on Rolling Stone Indonesia Magazine about music blogs shutdown and file sharing sites blockade agenda related to music piracy in Indonesia, including issues selection and highlighting aspects of selected issues. This research use Robert N. Entman’s framing analysis model, through its four main elements: define problem, diagnose causes, make moral judgement, ​​and treatment recommendation. This research concluded that Rolling Stone Indonesia Magazine define music blogs shutdown and file sharing sites blockade agenda related to music piracy in Indonesia as social, legal, business and technology issue as well as the unprepared government regulation and music industries shock towards music industries global development. These developed business methods and goverment’s agenda to use UU ITE as legal basis for handling digital music piracy, considered as trigger for the issue. Rolling Stone Indonesia Magazine made a moral judgement by assuming that the agenda as a spontanious reaction that doesn’t consider any further impact on the community at large. Rolling Stone Indonesia Magazine recommends intellectual property law as legal basis for handling digital music piracy, and the renewal of Indonesia`s music industry business methods.Item Konstruksi Realitas Pemberitaan Brankas Nazaruddin dalam Laporan Utama Majalah Tempo(2012-09-07) RAISA JANUARTI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Raisa Januarti, KXO 050743, 2012. Skripsi ini berjudul Konstruksi Realitas Pemberitaan Brankas Nazaruddin dalam Laporan Utama Majalah Tempo. Dr. H. Dede Mulkan, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Herlina Agustin, S.Sos., M.T sebagai Dosen Pembimbing Pendamping. Jurusan Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Majalah Tempo menyusun fakta (struktur sintaksis), mengisahkan fakta (struktur skrip), menulis fakta (struktur tematik), dan menekankan fakta (struktur retoris) dalam pemberitaan mengenai brankas Nazaruddin sesuai dengan elemen analisis framing model Zhongdang Pan dan Kosicki dan bagaimana konteks realitas sosial wartawan dalam menuliskan pemberitaan mengenai brankas Nazaruddin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif analisis framing dengan elemen model Zhongdang Pan dan Kosicki. Pada elemen Struktur Sintaksis, Majalah Tempo ini berangkat dari kesaksian para pegawai staf keuangan Grup Permai dan catatan pengeluarannya, juga memperlihatkan sosok Nazaruddin dan perusahaannya dengan proyek – proyek yang dikerjakan oleh Grup Permai yang dibantu oleh pihak – pihak tertentu sehingga keluarlah “dana support†. Pada elemen Struktur Skrip, Majalah Tempo hendak memberitahukan pembacanya bahwa kasus Angie – Nazar tersebut adalah peristiwa besar, karena didalamnya turut campur tokoh politikus. Pada elemen Struktur Tematik, Majalah Tempo menggunakan koherensi penjelas, koherensi penegas serta detail. Koherensi-koherensi tersebut selain diarahkan dalam segenap data seputar kasus Angie - Nazar, rupanya Majalah Tempo juga hendak memberitakan kepada khalayak mengenai posisi Angie dalam kasus tersebut dan perincian perusahaan apa saja yang berada di naungan Grup Permai yang mengerjakan proyek pemerintahan. Pada elemen Struktur Retoris, Majalah Tempo menggunakan leksikon dan gaya bahasa, pemilihan kata yang berkarakter untuk menekankan suatu istilah. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah mengharapkan pemberitaan yang terbuka, jelas, dan adil tanpa berpihak pada suatu kepentingan dengan memberikan berita yang jujur kepada khalayak. ABSTRACT Raisa Januarti, KXO 050743 2012. This final paper is titled “Reality Construction of Nazaruddin Safe News Coverage in Tempo Magazine MainReport†. Dr. H. Dede Mulkasn, M.Si as Advisor and Herlina Agustin, S.Sos, M.Tas Co-Advisor. Journalistic Major, Faculty of Communication, PadjadjaranUniversity, Bandung.The main objective of this research is to determine how Tempo Magazineassemble the facts (syntactic structure), render the facts (script structure),compose the facts (thematic structure), and punctures the facts (rhetoric structure)in news coverage of Nazaruddin safe equally to Zhongdang Pan’s and Kosicki’smodel in framing element analysis, and how the reporter’s social reality context inarranging the Nazaruddin safe news coverage.The method exercised in this research is framing analysis qualitativeresearch method of Zhongdan Pan and Kosicki’s model element.In Syntactic Structure element, Tempo Magazine starts off from thetestimony of Permai Group’s economic staffs and the expense records, also showsNazaruddin and his company character with the on-going and completed project,helped by certain individuals/institution, and resulted “the support funds†.In Script Structure element, Tempo Magazine aimed at informing thereader that Angie – Nazar case is a big occurrence, because it involved politicians.In Thematic Structure element, Tempo Magazine is using definingcoherent, affirmation coherent with detail. While the coherent surrounds to manyfacts around Angie – Nazar case, Tempo Magazine also conveys the reader aboutAngie’s position in the case and the details of companies under Permai Group thatworked on government project.In Rhetoric Structure element, Tempo Magazine is using lexicon andlanguage style, word selecting with characterized to emphasize a term.Suggestion as the conclusion of this research is to demand news coveragethat transparent, distinct, and fair dealing, without involving personal interest ingiving truth to the reader.Item Kualitas Layanan Purnajual Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Auto 2000(2013-04-02) YOSUA AGUS; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Yosua Agus, KXO050701, Jurusan Manajemen komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung. Kualitas Layanan Purnajual dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan AUTO 2000. Studi Deskriptif Peranan Kualitas Layanan Purnajual dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan P.T Astra International,Tbk. Toyotas Sales Operation (AUTO 2000) Cabang Asia Afrika Bandung.Drs. Slamet Mulyana.,M.I.Kom, selaku pembimbing utama danDrs.Teddy Kurnia Wirakusumah.,M.I.Kom, selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiaspek reliabilitas, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dalam peranan kualitas layanan purnajual AUTO 2000 juga aspek loyalitas, pindah, membayar lebih, eksternal respon, internal respon dalam meningkatkan kepuasan pelanggan AUTO 2000. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pelanggan AUTO pada bulan Maret 2012yang berjumlah 127 orang.Penarikan sampeldalam penelitian ini menggunakan teknik simple randomsampling. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, telaah kepustakaan dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara teknik analisis statistik deskriptif dan tabulasi silang. Hasil dari penelitian ini menunjukkanseluruh responden menilai keseluruhan kualitas layanan purnajual AUTO 2000 berada pada posisi sangat baik / sangat tinggi dan hampir seluruh responden menilai, kepuasan mereka sebagai pelanggan berada pada tingkat sangat puas. ABSTRACT Yosua Agus, KXO050701, Department of Communication Management, Faculty of Communication Science, University of Padjadjaran, Bandung. Aftersales Service Quality in increasing the Customer’s Satisfaction of AUTO 2000. Drs. Slamet Mulyana., MIKom, as main advisor and Drs.Teddy Kurnia Wirakusumah., MIKom, as co.advisor. This study aims to know the aspects of reliability, responsiveness, assurance, empathy and physical evidence of the role of aftersales service quality AUTO 2000. It also aims to find out the aspects of loyalty, switch, pay more, external response, internal response in increasing customer’s satisfaction of AUTO 2000. The method used is descriptive method. The population of this research is AUTO 2000’s customers in March 2012, amounting to 127 people. Sampling in this study using simple random sampling technique. Data collection techniques were obtained using questionnaire, literature review and interviews. Data analysis was performed by means of descriptive statistical analysis techniques and cross tabulation. The results of this study show that all respondents rated the overall quality of AUTO 2000’s after sales service was very good and almost all respondents uttered their satisfaction as customer were at very satisfied level.Item Strategi Komunikasi Dalam Promosi PT. Colony Indonesia Pada Pemasaran Produk Dunhill(2013-11-29) YOGI RAHADIAN P; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Yogi Rahadian, KX0 050645, 2012. Bidang Kajian Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Strategi Komunikasi dalam Promosi PT. Colony Indonesia Pada Pemasaran Produk Dunhill. Dra. Feliza Zubair, M.si sebagai Pembimbing Utama dan Drs. Wawan Setiawan, M.Ikom sebagai pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dalam Promosi PT. Colony Indonesia Pada Pemasaran Produk Dunhill dan Strategi mereka untuk meminimalisir hambatan yang terjadi disaat memasarkan produk Dunhill tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT.Colony Indonesia terbagi dua, yaitu melakukan perancangan strategi promosi yang akhirnya menghasilkan kesepakatan untuk melakukan kegiatan direct selling di titik-titik strategis dan melakukan controlling yang terus menerus terhadap situasi dan achievement team, agar bisa menekan tingkat kegagalan pada saat dilaksanakan program promosi tersebut. Mereka pun menelurkan poin yang dijadikan pedoman untuk meminimalisir dan mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin terjadi selama kegiatan direct selling berlangsung yaitu, (i) Selalu menyiapkan plan B, (ii) Komunikasi aktif, (iii) Evaluasi dan (iv) Briefing Harian.Item Wacana Fenomena Kelas Konsumen Baru pada Majalah Mingguan Tempo(2012-09-07) ROSSIE SEKAR ASHRI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Rossie Sekar Ashri, KX0050658, 2012. Skripsi ini berjudul: Wacana Fenomena Kelas Konsumen Baru pada Majalah Mingguan Tempo. Pembimbing utama Dr. H. Dede Mulkan, Drs., M.Si dan pembimbing pendamping Dra. H. Henny Sri Mulyani Rohyani, M.Si, Sub-Program Ilmu Jurnalistik, Fakultas llmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Bandung. Objek penelitian ini adalah wacana fenomena Kelas Konsumen Baru dalam tulisan feature pada majalah mingguan Tempo edisi 20-26 Februari 2012. Tujuan penelitian adalah mengetahui cara Tempo menampilkan liputan khusus mengenai pemberitaan tersebut pada level teks wacana, level kognisi sosial, dan level konteks sosial. Beralaskan itu, penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan studi analisis wacana kritis Teun A. Van Dijk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tempo memberikan pandangan dengan mengangkat topik utama mengenai Kelas Konsumen Baru dengan mengkritisi perubahan perilaku kelompok orang yang berpendapatan lebih. Terlihat Tempo menunjukan pembelaan yang kuat terhadap negara, terutama dari segi pertumbuhan ekonomi. Tempo juga menilai pemerintah dalam fenomena ini kurang bijaksana, karena kegagapan mereka dalam menyediakan fasilitas publik, sehingga mendorong kaum kelas menengah menyediakan infrasturktur sendiri. Implikasinya, kesenjangan antara kelas bawah—yang cuma bisa bergantung pada negara dan kelas menengah yang punya daya beli kian renggang. Penulis menyarankan agar Tempo lebih terbuka dalam menyampaikan sikap dan gagasannya terhadap peristiwa atau kasus diangkat dalam Liputan Khususnya, terlebih jika kasus yang diangkat menyangkut kepentingan masyarakat banyak, walaupun pada kenyataannya sikap dan opini tersebut harus bersinggungan dengan sikap pemerintah. ABSTRACT Rossie Sekar Ashri, KX0050658, 2012. This thesis is titled: The Discourseof New Consumer Class Phenomena on Tempo Weekly News Magazine. Thisresearch was supervised by Dr. H. Dede Mulkan, Drs., M.Si as the primarycounselor and Dra. H. Henny Sri Mulyani Rohyani, M.Si as the associatecounselor. Sub-Program of Journalism Studies, Faculty of CommunicationScience, Padjadjaran University, Bandung. The object of this research is the phenomenon of discourse in the writings of the New Consumer Class feature on the issue of the weekly magazine Tempo 20 to 26 February 2012. The research objective was to determine how Tempofeaturing special coverage of the news discourse on the text level, the level of social cognition, and social context level. Repose, this research uses qualitative research methodology with the study of critical discourse analysis Teun A. Van Dijk. The results of this study indicate that Tempo provides a view to lifting the main topic of the class to criticize the New Consumer behavior changes. Tempo showed a strong defense against the state, especially in terms of economic growth. Tempo also thinks the government is not wise, because of their stuttering in providing public facilities, thereby encouraging the middle class provides its own infrastructure. By implication, the gap between lower-class who can only depend on the state. The writer suggested Tempo to be more open in conveying attitudes and ideas of events or cases raised in a particular coverage, especially if the case raised a lot of interest to society, despite the fact that attitudes and opinions must be tangent to the attitude of the government.Item Konstruksi Makna Haji Mandiri Bagi Jamaah Haji di Kota Bandung(2013-10-02) DHENA DELANY D D; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Dhena Delany D. D, KXO 050653, 2012, Jurusan Manajemen Komunikasi. Penelitian ini berjudul “Konstruksi Makna Haji Mandiri bagi Jamaah Haji di Kota Bandung†. Penelitian ini dilakukan di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Exed. selaku pembimbing utama, dan Bapak Drs. Teddy Kurnia W., M.I.Kom. selaku pembimbing pendamping. Program kelas Bandung, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara mendalam, dan studi kepustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi makna pelaksanaan ibadah haji mandiri bagi jamaah haji di Kota Bandung, untuk mengetahui bagaimana konstruksi makna bimbingan haji mandiri bagi jamaah haji di Kota Bandung dan untuk mengetahui bagaimana konstruksi makna rombongan haji mandiri bagi jamaah haji di Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa konstruksi makna pelaksanaan ibadah haji mandiri bagi jamaah haji di Kota Bandung yaitu, menjadikan jamaah lebih khusu dalam menjalankan ritual ibadah, sebagai proses pelatihan diri menuju kesederhanaan dan kesabaran. Konstruksi makna bimbingan haji mandiri bagi jamaah haji di Kota Bandung yaitu, sebagai proses pembimbingan perubahan perilaku jemaah haji sehingga menjadi lebih baik, karena pada bimbingan haji mandiri memotivasi jamaan untuk lebih serius dalam mempelajari pedoman tentang haji, yang nantinya dapat bermanfaat pada saat melaksanakan ibadah haji dan konstruksi makna rombongan haji mandiri bagi jamaah haji di Kota Bandung yaitu sebagai identitas para jemaah haji, sehingga apabila terjadi apa-apa maka rombongan itu yang akan menjadi identitas, selain itu antar anggota dalam rombongan haji mandiri sifat toleransi dan tolong menolongnya lebih besar. ABSTRACT Dhena Delany D. D, KXO 050 653, 2012, Department of Management Communication Research is titled "Self-Construction of Meaning for the Pilgrim Pilgrimage in the city of Bandung". Research was conducted under the guidance of Ibu Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Exed. as the main supervisor, and Drs. Teddy W. Kurnia, M.I.Kom. as the assistant coach. Class Program Bandung, Faculty of Communication University of Padjadjaran Bandung. The research method used in this study is a qualitative method of data collection fenomenologi. Teknik approach in this study through in-depth interviews, and literary study. The purpose of this study was to determine how the construction of meaning independent of the implementation of the Hajj pilgrims in the city of Bandung, to find out how the construction of meaning for the guidance of an independent haj pilgrims in the city of Bandung, and to find out how the construction of meaning independent group of Haj pilgrims in the city of Bandung Based on this research, it can be concluded that the construction of meaning independent of the implementation of the Hajj pilgrims in the city of Bandung, namely, making the congregation more specifically in the ritual of worship, as the training process itself toward simplicity and patience. Construction of meaning independent guidance for Hajj pilgrims in the city of Bandung, namely, the guardianship of the pilgrims making behavioral changes for the better, because the self-motivated guidance Hajj pilgrims to be more serious in studying the guidelines of the pilgrimage, which will be useful when carrying out the Hajj construction of meaning and self-contained group of Haj pilgrims in the city of Bandung is the identity of the pilgrims, so that if anything happens then the group will be the identity, other than that between members of the independent nature of the pilgrimage group tolerance and please help him more.Item Hubungan Antara Kualitas Layanan Frontliner BCA dengan Kepuasan Nasabah di Kota Bandung(2012-10-08) HENDRI MAULANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenItem Penggunaan website SMAN 2 Purwakarta dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Siswa(2012-11-07) HARIS RAHMAT M S; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenItem Proses Adopsi Penggunaan Blackberry di Kalangan Siswa SMA BPI 1(2012-10-12) DENNIS YONATHAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Dennis Yonathan Rogi, KXO050644, Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran, Bandung. Proses Adopsi Penggunaan Blackberry di Kalangan Siswa SMA BPI 1. Studi Deskriptif Mengenai Proses Adopsi Penggunaan Blackberry di Kalangan Siswa SMA BPI 1 di Kota Bandung. H. Hadi Suprapto Arifin, Drs., M.Si. selaku pembimbing utama dan Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ext/Ed. selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek Pengetahuan, aspek ketertarikan, aspek evaluasi, aspek percobaan, dan aspek perilaku pada penggunaan blackberry di kalangan siswa SMA BPI 1. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi penelitian siswa SMA BPI 1 Bandung ini berjumlah 64 dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket, telaah kepustakaan dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara teknik analisis statistik deskriptif. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa aspek Pengetahuan, aspek Ketertarikan, aspek Evaluasi, aspek Percobaan, dan aspek Perilaku pada Penggunaan Blackberry di Kalangan Siswa SMA BPI 1 ini adalah sangat baik. ABSTRACTDennis Yonathan Rogi, KXO050644, communication Management Department, Faculty of Communication, University of Padjadjaran, Bandung.The Usage of Blackberry in The Adoption Process Among BPI 1 High School Students in Bandung. Descriptive study about The Adoption of Usage BlackberryAmong BPI 1 High School Students in Bandung. H. Hadi Suprapto Arifin, Drs., M.Si. as the main supervisor and Dr. Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ext/Ed. as theassistant. This study aims to determine the aspects of awareness, interest aspects, evaluation aspects, trial aspects, and adoption aspects in blackberry usage amongBPI 1 high school students. The method used is descriptive method. The study population students in the BPI 1 Bandung senior high school numbered 64 by using a simple randomsampling. Data collection techniques were obtained using a questionnaire study,literature review and interviews. Data analysis was performed by means ofdescriptive statistical analysis techniques. The conclusion of this study is Awareness aspect , Interest aspect, Evaluation aspect, Trial aspects, and Adoption aspect on Usage of Blackberry in Among BPI 1 High School Students in Bandung is very good.Item Hubungan Antara Kredibilitas Guru dengan Pembentukan Sikap Siswa terhadap Belajar di Madrasah Tsanawiyah(2013-09-27) M. FARIZ PAHLEVI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Mohammad Fariz Pahlevi, KIC 053244, Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan antara Kredibilitas Guru denganPembentukan Sikap Siswa terhadap Belajar di Madrasah Tsanawiyah”. Pembimbing utama peneltian ini adalah Drs Dadang Sugiana, M.Si., dengan pembimbing pendamping, Drs Teddy Kurnia Wirakusumah M.I.Kom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kredibilitas guru yaitu guru MTs Asih Putera Bandung yang terdiri dari keahlian, sifat dapat dipercaya, dinamisme dan sosiabilitas terhadap pembentukan sikap siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan konatif di MTs Asih putera bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pendekatan studi korelasional, karena penulis ingin meneliti mengenai hubungan antara kedua variabel yang terkait. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, observasi dan studi kepustakaan. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 55 responden. Teknik pengambilan sample yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keahlian, sifat dapat dipercaya, dinamisme dan sosiabilitas guru dengan pembentukan sikap siswa terhadap belajar di MTs Asih Putera Bandung. ABSTRACT Mohammad Fariz Pahlevi, KIC 053244, student of Communication Science, Padjadjaran University, Majoring in Communication Management. The title of this study is “The correlation between teachers credibility with Students Attitude toward learning in Madrasah Tsanawiyah.The supervisors of this research is Drs Dadang Sugiana M.Si. and Drs Teddy Kurnia Wirakusumah M.I.Kom. The aims of this study is to know whether or not this correlation between lecturer credibility of teacher of Madrasah Tsanawiyah Asih Putera Bandung in expertness, trustworthiness, attractivenessand sociability toward student attitude which includes cognitive, afective and conative aspect in Madrasah Tsanawiyah Asih Putera Bandung. The method used in this study is quantitative method with correlational study because the writer wants to know whether or not there is a correlation between two variables. In addition, the data collection of this study are quastionaire, observation and literature study. The number of sampling are 55 respodent. Meanwhile, the simple randm technique was used in this study. The result of this study shows that there is a significant correlation between expertness, trustworthiness, attractivenessand sociability teacherwith the student of Madrasah TsanawiyahItem STRATEGI JAKARTABEAT.NET UNTUK MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF(2012-08-14) FAJAR ANDIKASATRIA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Fajar Andikasatria, K1A050353. 2005. Analisis SWOT terhadap Jakartabeat.net dan Strategi untuk Mempertahankan Eksistensinya sebagai Media Alternatif. Pembimbing Utama, Drs. Aceng Abdullah, M.Si., dan Pembimbing Pendamping, Dandi Supriadi, S.Sos., MA (SUT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis S-W-O-T (kekuatan – kelemahan, peluang – ancaman) diterapkan pada Jakartabeat.net, sehingga kemudian dapat dirumuskan strategi lanjutan yang tepat bagi Jakartabeat.net untuk mempertahankan eksistensi sebagai sebuah media alternatif. Data yang diperoleh didapatkan dari wawancara mendalam terhadap subjek-subjek yang terkait dengan Jakartabeat.net serta studi literasi terhadap Jakartabeat.net itu sendiri. Objek dari penelitian ini adalah Jakartabeat.net serta berita, informasi dan pesan yang terkandung di dalamnya. Sebagai sebuah media alternatif, Jakartabeat.net memiliki beberapa hal dan karakter yang menjadi kekuatan dan mampu menjadi senjata dalam mempertahankan eksistensinya ke depan melalui pengelolaan yang tepat. Isu yang diangkat oleh Jakartabeat.net dalam berbagai tulisannya rata-rata merupakan sebuah resistensi atas mainstream. Walaupun begitu, ternyata apa yang tertulis dalam Jakartabeat.net pun tidak benar-benar mengakomodir suatu materi alternatif, hal yang kemudian menciptakan suatu ruang yang tidak bebas akses, atau semacam eksklusifitas atas segmentasi tertentu, hal yang kemudian menjadikan kelemahan bagi Jakartabeat.net. Terdapat peluang yang dimiliki Jakartabeat.net yang berhasil dianalisis penulis, yaitu isu yang masih belum banyak disentuh oleh Jakartabeat.net dan menunggu untuk dibahas. Jakartabeat.net memerlukan pengelolaan manajemen yang baik. Ancaman yang harus diantisipasi jakartabeat.net dalam proses pengembangan website kedepannya adalah ancaman inkorporasi dari media mainstream. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, terumuskan dua strategi besar yang untuk mempertahankan eksistensi Jakartabeat.net sekaligus pengembangan Jakartabeat.net, yaitu: pengelolaan secara profesional dengan menambah jumlah pengelola sehingga energi yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan awal didirikannya Jakartabeat.net serta target-target yang ingin diraih dapat memadai dan mengatasi permasalahan finansial dalam tubuh Jakartabeat.net melalui penjaringan donatur dari para pembaca setia (loyal audiences) Jakartabeat.net. ABSTRACT Fajar Andikasatria, K1A050353. 2005. SWOT analysis of Jakartabeat.net as the Alternative Media and Strategies for Maintaining their Existence. Main supervisor, Drs. Aceng Abdullah, M.Si., Companion and second supervisor, Dandi Supriadi, S.Sos., MA (SUT). This study aims to determine how a SWOT analysis (strengths - weaknesses, opportunities - threats) applied to Jakartabeat.net, so it can then be formulated strategy is right for Jakartabeat.net continued to maintain its existence as an alternative media. The data obtained from depth interviews with subjects related to Jakartabeat.net and literacy studies to Jakartabeat.net itself. Object of this study was Jakartabeat.net as well as news, information and messages contained there in. As an alternative media, Jakartabeat.net have a few things and the strength and character to become a weapon in the future to maintain their existence through proper management. Jakartabeat.net issues raised by the various writings on average is a resistance to the mainstream. However, it turns out what is written in Jakartabeat.net was not really accommodate an alternative material, which it then creates a space that is not free access, or some sort of exclusivity on certain segments, which then makes the case for Jakartabeat.net weakness. There are opportunities of the authors analyze Jakartabeat.net successful, the issue still has not been touched by Jakartabeat.net and wait to be discussed. Jakartabeat.net management requires good management. Jakartabeat.net threat that must be anticipated in the future the process of website development is a threat to the incorporation of the mainstream media. Based on the analysis has been done, formulated two major strategies to maintain its existence as well Jakartabeat.net development, namely: professional management by increasing the number of managers so that the energy required in the initial establishment of goals and targets Jakartabeat.net want to achieved adequate and solve financial problems in the body through the netting donors Jakartabeat.net of loyal readers (loyal audiences).Item HUBUNGAN ANTARA ATRIBUT PRODUK DENGAN MINATCELANA JEANS PETER SAYS DENIM BELI KONSUMEN(2013-09-17) ASEP TAUFIK HIDAYAT; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Asep Taufik Hidayat, KIC050343, Tahun 2012. Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Judul Penelitian yaitu “Hubungan Antara Atribut Produk Celana Jeans Peter Says Denim dengan Minat Beli Konsumen". Pembimbing utama Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M. Si,. dan pembimbing pendamping Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi hubungan antara atribut produk celana jeans Peter Says Denim (PSD) dengan minat beli konsumen dilihat dari informasi atribut produk yang merupakan stimuli bagi konsumen sehingga menimbulkan minat beli di dalam diri konsumen yang diidentifikasikan melalui indikator minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Penelitian ini dirancang sebagai sebuah penelitian survei yang bersifat eksplanatif dengan metode korelasional. Data penelitian diperoleh dari kuesioner, wawancara, dan studi pustaka yang berkaitan dengan komunikasi intrapersonal dan komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi mengenai atribut produk PSD yang diterima konsumen didasari oleh pengetahuan dan perasaan mereka menimbulkan minat beli setelah memperoleh keteguhan dan keyakinan di dalam diri mereka. Saran dari penulis adalah agar atribut produk PSD dikembangkan secara konsisten dan kontinu dengan memperhatikan aspek-aspek kegunaan dan manfaat produk untuk menarik minat beli konsumen dalam usaha untuk meningkatkan penjualan. ABSTRACT Asep Taufik Hidayat, KIC050343, Majoring Communication Management, Faculty of Communication Science, Padjadjaran University. Title of the research is “The Correlation between Product Attributes of Peter Says Denim Jeans and Customers’ Purchasing Intention.†. Dr. Hj. Rd. Funny Mustikasari Elita, M. Si. as main supervisor and Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom.as accompanying supervisor. The purpose of this research was to find out about the significant correlation between Peter Says Denim (PSD) product attributes and customers’ purchasing intention, based on product attributes information which was the stimuli for customers occurring purchasing intention that identified by transactional intention, reference intention, preference intention, and explorative intention indicators. This research was constructed as an explainative survey research with correlational method. The data research was collected by quesionaire, interview, and documentary study that has chain with mass communication. The result of this research showed that the product attributes information of PSD that customers obtained based on their knowledge and senses caused the purchasing intention after they gained affirmation and trust within themselves. Advice from the author was in order to increase the product selling, PSD should develop their product attributes consistenly and continuously to attract customers’ purchasing intention.Item Pemenuhan Kepuasan Informasi Mode dari Majalah GoGirl!(2014-02-27) META FISIKANDARI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Meta Fisikandari. K1A053011, 2011. Penelitian ini berjudul “Pemenuhan Kepuasan Informasi Mode melalui Penggunaan Rubrik Fasion Majalah GoGirl! pada Mahasiswa Desain Mode Universitas InterStudi Jakarta”. Pembimbing utama, Dra.Hj.Siti Karlinah,M.Si, dan Pembimbing Pendamping, Efi Fadilah,S.Sos.,M.Pd. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan, kepuasan yang diharapkan (GS), kepuasan yang didapatkan (GO) mengenai informasi mode dari rubrik fashion majalah GoGirl!. Objek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2010 jurusan desain mode Universitas InterStudi Jakarta, dengan jumlah sampel 47 orang dan diambil berdasarkan teknik sampel acak sederhana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu angket, studi literatur, dan wawancara. Secara umum, hasil penelitian ini menunjukan penggunaan majalah GoGirl! termasuk dalam tingkat tinggi. Kepuasan yang diharapkan (GS) dari majalah GoGirl! juga termasuk kategori tinggi. Kepuasan yang diperoleh dari majalah GoGirl! berada dalam tingkat tinggi. Jadi, majalah GoGirl! dianggap telah memenuhi kebutuhan informasi mode responden.Item PEMBERITAAN FRONT PEMBELA ISLAM DALAM MAJALAH BERITA MINGGUAN TEMPO(2012-08-02) ANDHIKA PERDANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK ANDHIKA PERDANA, K1A050250, 2012. Skripsi ini berjudul Pemberitaan Front Pembela Islam Dalam Majalah Berita Mingguan Tempo, Analisis Framing Model Robert N. Entman Tentang Pemberitaan Front Pembela Islam Dalam Laporan Utama Majalah Berita Mingguan Tempo Edisi 21-27 Februari 2011. Pembimbing Utama Dra. Siti Karlinah, M.Si, dan pembimbing pendamping Pandan Yudhapramesti, S.Sos, MT. Jurusan Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana cara Majalah Berita Mingguan Tempo mendefinisikan masalah, memperkirakan sumber masalah, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian pada pemberitaan Front Pembela Islam. Peneliti menggunakan analisis framing model Robert N. Entman untuk membedah bingkai dari berita-berita dalam laporan utama Majalah Berita Mingguan Tempo edisi 21-27 Februari 2011. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Majalah Berita Mingguan Tempo menggunakan lebih banyak pernyataan dan komentar dari pihak-pihak selain Front Pembela Islam, seperti pemerintah dan masyarakat, sehingga membuat Front Pembela Islam terkesan diam terhadap isu yang menimpanya. Kurangnya komentar dari Front Pembela Islam sebagai objek pemberitaan dan tidak berimbangnya jumlah komentar dua pihak yang berkonflik menjadikan pemberitaan tersebut kurang komprehensif dan proporsional. ABSTRACT ANDHIKA PERDANA, K1A050250, 2012. The title of this research is The News of Front Pembela Islam in Tempo Weekly News Magazine, Robert N. Entman’s Framing Analysis Model About The News of Front Pembela Islam in Tempo Weekly News Magazine’s Main Report Issue February 21 st -27 advisor Dra. Siti Karlinah, M.Si, and conselor Pandan Yudhapramesti, S.Sos, MT. Department of Journalism, Faculty of Communication, Padjadjaran University, Jatinangor. th This research aimed to find out how Tempo Weekly News Magazine define problems, diagnose causes, make moral judgement, and give treatment recommendation to the news of Front Pembela Islam. The researcher used Robert N. Entman’s Analysis Framing Model to cut open the frame of the news in Tempo Weekly News Magazine’s main report issue February 21 st -27 th 2011. The result of this research showed that Tempo Weekly News Magazine used more pronouncement and commentary from party other than Front Pembela Islam, such as governmental agencies and societies, with the result that Front Pembela Islam looked like silent toward problems falling on them. Lack of commentary from Front Pembela Islam as the news object and unbalanced amount of commentary between two party in a dispute has made the news into a less comprehensive and less proportional thing. The researcher suggested Tempo Weekly News Magazine always consider the “cover both sides†terminology on a news and always kept at arm’s length 2011. MainItem Tayangan Iklan Produk dalam Membangun Kesadaran Merek(2012-08-07) RAVID ERIKO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Ravid Eriko, K1C050243. 2012. Judul Penelitian: Tayangan Iklan Produk dalam Membangun Kesadaran Merek. Dr. Asep Suryana, Drs., M.Si sebagai pembimbing utama dan Pramono Benyamin, Drs., M.pd. sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tayangan iklan Oreo Ice Cream Orange versi ‘Afika’ dalam membangun kesadaran merek pelajar terhadap produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa-siswi SD Yayasan Beribu BKR Bandung, dengan jumlah 83 orang mulai dari kelas IV sampai dengan kelas VI, dengan teknik purposive sampling. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Kognitif Respons. Berdasarkan hasil penelitian dengan cara penyebaran angket, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan dapat diperoleh hasil bahwa terdapat penilaian positif dari tayangan iklan Oreo Ice Cream Orange versi ‘Afika’, dengan terbangunnya tingkat kesadaran merek yang tinggi terhadap produk. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat penilaian yang positif dari tayangan iklan dengan terbangunnya tingkat kesadaran merek yang tinggi dari siswa-siswi SD Yayasan Beribu BKR Bandung. Saran yang dapat diberikan peneliti secara untuk yaitu tingginya kesadaran merek terhadap produk ternyata belum menjadi jaminan responden untuk berlanjut ke tahapan keputusan pembelian. Maka dari itu, diperlukan aspek integrated promotion yang efektif dan optimal, seperti: personal selling, event promotion, direct marketing, dan public relations, yang berfungsi sebagai inforcement dari tayangan iklan yang telah dikomunikasikan oleh perusahaan. ABSTRACT Ravid Eriko, K1C050243. 2012. Research title: The Advertising of The Product Commercial for The Building Brand Awareness. Dr. Asep Suryana, Drs., M.Si as supervisor and Pramono Benyamin, Drs., M.pd. as co-supervisor. This study aims to know how the advertising of the product could build the brand awareness towards the products. This research using descriptive method. Analysis technique using descriptive analysis. Samples from this study are elementary school students of SD Yayasan Beribu BKR Bandung, with 83 people ranging from grade IV to grade VI, with a purposive sampling technique. The theory used in this study is Cognitive Response Theory. Based on the research by distributing questionnaires, interviews, observation, and study of literature can be obtained the result that there is a positive assessment to the product advertising, where those have built a high rank of brand awareness. The conclusion from this study that there is a positive assessment to the product advertising, where those have built a high rank of brand awareness. Advice can be given, in the high brand awareness of the product was not a guarantee for respondents to continue their purchase decision stage. Thus, aspects of integrated promotion is necessary effectively required, such as: personal selling, event promotion, direct marketing and public relations, which serves as the inforcement of ad exposure was communicated by the company.Item konsep diri seorang badut(2012-10-01) DIAN MERDIANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Dian merdiana, K1C050226, jurusan manajemen komunikasi, fakultas ilmu komunikasi universitas padjadjaran. Judul penelitian yaitu “konsep diri seorang badut†. Pembimbing pertama Dr.Hj. Jenny Ratna Suminar, M. Si dan pembimbing pendamping Ilham Gemiharto, S. Sos., M. Si jurusan manajemen komunikasi. Fakultas ilmu komunikasi universitas padjadjaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan tradisi fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi langsung dan wawancara mendalam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konsep diri seorang badut dipengaruhi oleh citra diri sebagai aspek afektif dan harga diri sebagai aspek kognitif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri seorang badut dibentuk berdasarkan citra positif yang didapatkan melalui sebuah pembentukan kesan yang positif dari masyarakat dan anak-anak. Harga diri seorang badut dibentuk dari kepercayaan diri yang positif berdasarkan penilaian diri yang positif yang diberikan oleh masyarakat dan anak-anak. ABSTRACT Dian merdiana, K1C050226, 2012.The self-concept of clown, a phenomenological study of the self concept of clown person. The main counselor is Dr. Hj. Jenny RatnaSuminar, M. Si, and the secondary counselor is IlhamGemiharto , S. Sos, M. Si. Communication Management studies Faculty OfCommunicattion Science, Padjadjaran University. The study was conducted using qualitative methods. The approach taken by using the phenomenological tradition.Techniques of data collection is done using direct observation and interviews. The purpose of this study to find out how self-concept is influenced by the image of a clown himself as self-esteem and affective aspects of the cognitive aspects. The results showed that self-concept is formed by a clown who gained a positive image through a formation of a positive impression of the community and children. Dignity of a clown made ​​up of a positive self-esteem is based on positive self-assessment provided by the community and children.Item Tayangan Iklan Ades Tiga Langkah Perubahan Dalam Membentuk Sikap Green Living Di Kalangan Mahasiswa(2012-08-15) ADINDA FUADILLA AK; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenAdinda Fuadilla A., K1B 050187. Jurusan Hubungan Masyarakat. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran Jatinangor, 2012. Melakukan penelitian dengan judul “Tayangan Iklan Ades Tiga Langkah Perubahan Dalam Membentuk Sikap Green Living Di Kalangan Mahasiswa†. Penelit ian ini dibawah bimbingan Dr. Suwandi Sumartias, M.Si., sebagai pembimbing utama dan Trie Damayanti, S.Sos., M.Si., sebagai pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterkaitan antara aspek intensitas penayangan, isi pesan, dan daya tarik iklan Ades Tiga Langkah Perubahan dengan sikap green living di kalangan mahasiswa S1 Fikom Unpad Jatinangor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk meneliti variasi pada satu faktor dengan variasi pada faktor lain. Data penelitian diperoleh melalui observasi awal, wawancara dengan mahasiswa, kuesioner yang dibagikan kepada para mahasiswa S1 fikom unpad jatinangor, serta studi pustaka. Berdasarkan analisis yang dilakukkan dalam penelitian ini ialah terdapat adanya kategori sedang antara intensitas penayangan, isi pesan dan kategori tinggi untuk daya tarik, dengan keterkaitannya membentuk sikap green living di kalangan mahasiswa S1 fakultas ilmu komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor.Item KONSEP DIRI WANITA LAJANG(2012-07-31) MIEKE D K; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Mieke Decia Kahfii, KIC050185, Jurusan Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. 2012. Konsep Diri Wanita Lajang: Studi Fenomenologi Mengenai Kontruksi Makna Konsep Diri Wanita Lajang di Jakarta. Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S., selaku pembimbing utama dan Drs. Pramono Benyamin, M.Pd., selaku pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi makna wanita lajang di Jakarta. Mengapa wanita hidup melajang dan bagaimana konsep dirinya secara fisik, psikologis, dan sosial sehingga pada akhirnya menentukan proses komunikasi antara dirinya dengan orang lain disekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam dan studi pustaka. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis menggunakan tahapan analisis data dari Van Kaam, dengan melakukan pengelompokkan awal kemudian direduksi dan dieliminasi setelah itu data dikelompokkan sesuai tema, lalu identifikasi final dari validasi awal data, selanjutnya membuat deskripsi tekstural dan struktural dari masing-masing informan yang digunakan untuk mencari makna dan esensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita lajang memiliki latar belakang pengalaman berbeda yang membuat mereka menyandang status lajang. Hubungan dengan lingkungan sekitarnya adalah faktor penting dalam pembentukan konsep diri wanita lajang baik yang positif maupun negatif, selain faktor persepsi tentang diri. Bagi informan kemampuan berkomunikasi yang baik terhadap orang lain terutama dengan orang-orang disekitarnya adalah hal penting yang dapat membantu mereka untuk dapat berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis data, peneliti membagi tiga kategori wanita lajang dengan konsep diri yang berbeda-beda. Untuk kategori Career-Oriented Woman dan Woman in Waiting For A Mate, keduanya memiliki konsep diri positif sedangkan Surrendered Single Woman memiliki konsep diri negatif. ABSTRACT Mieke Decia Kahfii, KIC050185, Department of Communication Management, Faculty of Communication, University of Padjadjaran. Of 2012. Self Concept of Single Women: Phenomenology Study about The Construction of Meaning of The Self-Concept of Single Woman. Prof. Dr. Engkus Kuswarno, MS, as the main counselor and Drs. Pramono Benjamin, M.Pd., as a secondary counselor. This study aims to determine the construction of meaning of the self-concept of single women in Jakarta. Why she lives a single-life and how does the concept of herself physically, psychologically, and socially and how it presents itself so that ultimately determines the process of communication between herself and everyone around them. The method used in this study is a qualitative method with a phenomenological approach. The data generated in this study were obtained through in-depth interview and literature study. The data is then processed and analyzed using the data analysis stage of the Van Kaam, by performing the initial clustering is then reduced and eliminated after the data were grouped according to theme, and final identification of the initial validation data, then create textural and structural descriptions of each informant used to find meaning and essence. The results showed that single women have a different background of experience that makes them bear a single status. Relationship with the surrounding environment is an important factor in the formation of self-concepts of single women both positive and negative, other factors than the perception of self. For informants good communication skills to others, especially with the people around her are important things that can help them to be able to interact with the people in the society. Based on interviews and data analysis, researchers divided the three categories of single women with different self-concept. For the Career-Oriented Woman and Woman in Waiting For A Mate, both have a positive self-concept while Surrendered Single Woman have a negative self-concept.Item Proses Pelatihan Karyawan di PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Bandung(2012-12-12) ADIDTHYA FARAGITA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Adidthya Faragita Yuniar, KIC050201, 2012. “Proses Pelatihan Karyawan di PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Bandung†. Bidang kajian Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Komisi pembimbing: pembimbing utama adalah Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si., dan pembimbing pendamping adalah Iwan Koswara, Drs., M.Si.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelatihan Flood Forecasting And Early Warning System yang dilaksanakan di PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Bandung sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan data yang didapat melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah pada tahap perencanaan pelatihan, PT. INTI telah memiliki prosedur training needs analysis. Hanya saja, tidak ada tujuan instruksional umum dan khusus, dan pemilihan tempat pelatihan yang masih perlu diperhatikan, khususnya tempat untuk simulasi alat-alat instalasi. Kemudian pada tahap pelaksanaan pelatihan, babak awal dan babak akhir telah dilaksanakan, namun pada tahap akhir pelaksanaan tidak ada penutupan dari instruktur. Selanjutnya evaluasi pelatihan yang dilakukan oleh PT. INTI mencakup evaluasi reaksi dan perilaku. ABSTRACT Adidthya Faragita Yuniar, KIC050201, 2012. The Process of Employee Training In PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Bandung. Communication Management at Communication Science Faculty of Padjadjaran University. Committee advisors are Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si. as the first advisor and the second advisor is Iwan Koswara, Drs., M.Si.. The purpose of this research is to describe the planning, implementation, and evaluation process of Flood Forecasting And Early Warning System training which is held by PT. Industri Telekomunikasi Indonesia as the subject of this research. The research method is descriptive method with analyze data using descriptive analytical technique to describe data which is obtained through observation, interview, and questionnaires. The result of this research is in planning stage, PT. INTI already own training needs analysis procedure. But, there isn’t general instructional purpose nor specific one, and the preferences of training location still need to be considered, specifically for installation equipment’s simulation place. Then, in implementation stage, the first and middle phase already been done, but in ending stage there’s no closing time from the instructor. Finally, the evaluation phase that’s taken place in PT. INTI includes reaction and behavior evaluation.