Proses Rebranding Mal Grand Indonesia Oleh Departemen Marketing Communication PT Grand Indonesia
No Thumbnail Available
Date
2016-07-28
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Fitria Adianti Putri, 210110120321, Program Studi Ilmu Hubungan
Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Skripsi
�Proses Rebranding Mal Grand Indonesia oleh Departemen Marketing
Communication PT Grand Indonesia�, dengan pembimbing utama Dr. Suwandi
Sumartias, M.Si dan pembimbing pendamping Dr. Hj. Diah Fatma Sjoraida, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses repositioning, renaming,
redesigning, dan relaunching Grand Indonesia oleh Departemen Marketing
Communication PT Grand Indonesia. Metode yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,
wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di Grand Indonesia
yang terletak di Menara BCA Lantai 37, Jalan MH. Thamrin No. 1 Jakarta Pusat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grand Indonesia dalam melakukan
proses rebranding melalui empat tahap. Pertama, repositioning dengan perubahan
target market dan konsep mal. Kedua, renaming perusahaan yang semula Grand
Indonesia Shopping Town menjadi Grand Indonesia. Ketiga, redesigning elemen
tangible dan visual lainnya, seperti logo, iklan, alat tulis kantor, merchandise, dan
interior serta eksterior mal. Keempat, relaunching konsep dan brand baru berupa
publikasi secara implisit kepada publik.
Simpulan dari penelitian ini adalah pada tahap repositioning, perubahan
target market yang menjadi fokus rebranding direncanakan dengan matang
dengan upaya pergantian tenant dan konsep mal. Pada tahap renaming dan
redesigning yang berupa perubahan nama dan logo disesuaikan dengan baik
berdasarkan konsep baru mal. Namun, tahap relaunching yang menjadi akhir dari
proses rebranding belum optimal, dikarenakan masih banyak publik yang belum
mengetahui proses rebranding Grand Indonesia tersebut.
Saran pada penelitian ini adalah agar manajemen segera merampungkan
pergantian tenant yang sesuai dengan target market baru, membenahi persepsi
publik mengenai nama dan logo baru Grand Indonesia yang kerap masih salah,
dan mengadakan tahap relaunching secara resmi agar publik mengetahui secara
pasti mengenai proses rebranding yang dilakukan, serta dibutuhkan publikasi
yang menarik dan konsisten agar mampu meningkatkan awareness publik
terhadap perusahaan.
Description
Keywords
deskriptif, proses rebranding, marketing komunikasi