REPRESENTASI KECANTIKAN PEREMPUAN PADA AD CAMPAIGN GLOSSIER DI INSTAGRAM
No Thumbnail Available
Date
2022-03-23
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Siti Khairunnisa Muthiah. 210110150201. Skripsi Representasi Kecantikan Perempuan pada Ad Campaign Glossier di Instagram. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Pembimbing utama: Dr. H. Hadi Suprapto Arifin, M.Si. Pembimbing pendamping: Andika Vinianto Adiputra, S.Sos., M.A.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos kecantikan dari tanda-tanda kecantikan perempuan pada ad campaign yang dilakukan oleh sebuah brand kecantikan asal New York—Glossier, di Instagram-nya sebagai salah satu teknik marketing mereka. Metode kualitatif dengan semiotika Roland Barthes digunakan dalam penelitian ini dan teknik pengumpulan datanya berupa dokumentasi teks analisis dan studi literatur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna denotatif dan konotatif pada ad campaign-nya, Glossier berusaha menampilkan tanda-tanda kecantikan perempuan dengan lebih beragam, realistis dan melibatkan women of colors. Selain sebagai media marketing, melalui ad campaign-nya, Glossier menjadikan tanda-tanda kecantikan perempuan tersebut sebagai medium untuk mendekonstruksi mitos kecantikan yang berlandaskan pada standar kecantikan putih, yakni cantik itu putih; cantik itu memiliki rambut lurus, hitam dan panjang; cantik itu memiliki kulit sempurna; cantik itu muda; dan cantik itu hanya bersifat fisikal.
Description
Keywords
ad campaign Glossier, semiotika Roland Barthes, mitos kecantikan