STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ATOURIN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN VIRTUAL TOUR DI MASA PANDEMI COVID - 19

Abstract

Alfa Verania. 210110180138. 2022. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Dengan judul penelitian “Strategi Komunikasi Pemasaran Atourin dalam meningkatkan wisatawan Virtual Tour di masa pandemi covid-19”. Pembimbing Utama ialah Dr. Tine Silvana Rachmawati, M. Si dan Pembimbing Pendamping ialah Rachmaniar, S.Sos., M.Si Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Atourin sebagai perusahaan yang bergerak dalam sektor pariwisata dan teknologi dengan kegiatan utamanya yaitu Virtual Tour. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui 7 (tujuh) orang narasumber melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Atourin telah memenuhi aspek strategi pemasaran yang terdiri dari segmenting yang terbagi menjadi 3 (tiga) bagian berdasarkan geografis yaitu provinsi dan kota, psikografis berdasarkan hobi travelling dan demografis berdasarkan usia 21 tahun sampai 50 tahun , targeting Atourin yakni cakupan pasar penuh dan positioning sebagai penyedia layanan yang lengkap dan mudah. Dalam pelaksanaan komunikasi pemasarannya Atourin menerapkan alat bauran komunikasi pemasaran yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan langsung.

Description

Keywords

Komunikasi pemasaran, strategi, Virtual tour

Citation