Ilmu Komunikasi K. Pangandaran (S1)

Permanent URI for this collection

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 20 of 20
  • Item
    PENGALAMAN KOMUNIKASI PETUGAS PEMASYARAKATAN DALAM MEMBINA NARAPIDANA PEREMPUAN Studi Fenomenologi di Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta
    (2023-09-13) ZALFA QANITAH; Evie Ariadne Shinta Dewi; Samson CMS
    Zalfa Qanitah. 210710190003. Pengalaman Komunikasi Petugas Pemasyarakatan Dalam Membina Narapidana Perempuan (Studi Fenomenologi di Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta). 2023. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Evie Ariande Shinta Dewi, M.Pd. Selaku dosen pembimbing utama dan Samson CMS. S.Sos., M.I.Kom. selaku dosen pembimbing pendamping Program Studi Ilmu Komunikasi K. Pangandaran. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Narapidana dirampas kebebasannya dan terisolasi dari dunia luar sehingga petugas pemasyarakatan merupakan salah satu pihak yang dapat membantu Narapidana kembali ke masyarakat karena petugas pemasyarakatan memiliki akses langsung dengan para Narapidana. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengalaman komunikasi petugas pemasyarakatan dalam membina narapidana perempuan di Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi. Informan pada penelitian ini adalah satu orang Kepala Lapas, tiga orang Petugas Pemasyarakatan, dan dua Narapidana yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil Penelitian ini mengungkapkan makna narapidana bagi petugas, Upaya interaksi yang dilakukan petugas dengan narapidana, dan hambatan komunikasi yang muncul melalui pengalaman komunikasi petugas dengan narapidana di Lambaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIA Jakarta. Petugas memaknai narapidana sebagai seseorang yang telah mendapatkan keputusan tahanan dari hakim / pengadilan, seseorang yang bersalah karena berbagai faktor, dan seseorang yang memiliki ke-khasan yaitu : Sisi keimanan, perilaku karakter, dan kecerdasan yang tidak dimanfaatkan, seseorang yang sedang menjalani masa hukuman dan pembinaan, dan seseorang yang salah karena berbagai faktor (banyak kebutuhan, keluarga, dll). Hambatan yang ditemukan pada penelitian ini yaitu hambatan psikologis dan sosiologis.
  • Item
    PENGARUH KREDIBILITAS IDOL K-POP NCT DREAM SEBAGAI BRAND AMBASSADOR LEMONILO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NCTZENS
    (2023-10-11) ANDINI CAMELIA AZIZ; Purwanti Hadisiwi; Dwi Masrina
    Andini Camelia Aziz, 210710190001, Program Studi Ilmu Komunikasi K. Pangandaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kredibilitas Idol K-Pop NCT Dream Sebagai Brand Ambassador Lemonilo Terhadap Keputusan Pembelian NCTZens” dengan Dra. Purwanti Hadisiwi, M.Ext.Ed sebagai dosen pembimbing utama dan Dwi Masrina, M.Med.Kom. sebagai dosen pembimbing pendamping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kredibilitas brand ambassador NCT Dream terhadap keputusan pembelian fandom NCTZens dengan Teori Kredibilitas Sumber yang dikemukakan oleh Hovland, Janis, dan Kelley pada tahun 1953 sebagai landasan penelitiannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner online berupa Google Form dan studi kepustakaan. Sampel penelitian sebanyak 350 anggota dari fandom NCTZens yang telah terpilih menjadi responden menggunakan simple random sampling. Kemudian, analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan IBM SPSS Statistic 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kredibilitas brand ambassador NCT Dream berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Lemonilo oleh NCTZens. Selanjutnya, secara parsial variabel keterpercayaan, keahlian, dan daya tarik brand ambassador NCT Dream berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Lemonilo oleh NCTZens.
  • Item
    Strategi Komunikasi Akun Instagram @zerowaste.id_official Dalam Kampanye #HabiskanMakananmu
    (2022-06-15) DEDE SETIAWAN; Ditha Prasanti; Ilham Gemiharto
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh Zero Waste Indonesia melalui akun media sosial Instagram @zerowaste.id_official dalam kampanye #HabiskanMakananmu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Zero Waste Indonesia dan alasan pengguna Instagram mengikuti pesan kampanye Habiskan Makananmu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan model komunikasi kampanye Ostergaard, dan Strategi Komunikasi oleh Anwar Arifin. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi Zero Waste Indonesia dalam kampanye Habiskan Makananmu dilakukan dengan cara publikasi, challenge, community involvement, lobbying, dan edukasi. Komunikasi dilakukan secara repetitif dan melakukan kanalisasi menggunakan pesan kampanye yang informatif dan edukatif. Bentuk komunikasi dua arah menggunakan fitur live bersama key opinion leader. Zero Waste Indonesia menerapkan branding visual konten melalui pemilihan warna dan tipografi. Masalah yang berdasarkan fakta berhubungan dengan kehidupan tiap individu sehingga menarik perhatian audiens.
  • Item
    PENGARUH PENGGUNAAN FITUR TELEDOKTER APLIKASI PEDULI LINDUNGI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN BAGI REMAJA
    (2022-07-25) NANDA ADITYA SETYAWAN; Uud Wahyudin; Preciosa Alnashava Janitra
    Fitur teledokter merupakan media konsultasi kesehatan online di aplikasi Peduli Lindungi yang memungkinkan seseorang berkonsultasi dengan dokter tanpa harus pergi ke rumah sakit atau klinik kesehatan secara langsung. Fitur teledokter dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan fitur teledokter (intensitas, isi pesan, hubungan individu dengan isi media) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan remaja tingkat akhir kelurahan Kedungjambal. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu remaja akhir kelurahan Kedungjambal. Teknik Pengambilan sampel penelitian ini yaitu random sampling sebanyak 135 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan angket secara online dan studi kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh antara intensitas terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan, terdapat pengaruh antara isi pesan terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan, serta terdapat pengaruh pada hubungan individu dengan isi media terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan. Berdasarkan seluruh analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa fitur teledokter memberikan pengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kesehatan bagi remaja tingkat akhir kelurahan Kedungjambal.
  • Item
    STRATEGI PENJENAMAAN KOTA JAKARTA (STUDI KASUS MENGENAI KOTA KOLABORASI MELALUI +JAKARTA)
    (2018) DIAR PUTRA MATAHARI; Tine Silvana Rachmawati; Dwi Masrina
    Diar Putra Matahari. 210110180164. 2023. Program Studi Ilmu Komunikasi Kampus Pangandaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Dengan judul penelitian “Strategi Penjenamaan Kota Jakarta (Studi Kasus Mengenai Kota Kolaborasi Melalui +Jakarta). Pembimbing Utama ialah Dr. Tine Silvana Rachmawati, M.Si. dan Pembimbing Pendamping Dwi Masrina, Med.Kom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi penjenamaan kota yang dilakukan oleh +Jakarta sebagai organisasi yang melakukan penjenamaan kota Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui 5 (lima) orang narasumber melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi penjenamaan kota yang dilakukan +Jakarta telah memenuhi aspek penjenamaan kota yang terdiri dari Identitas kota yang kolaboratif guna terciptanya kesetaraan, kebahagiaan dan kemajuan kota Jakarta. Objektif tertuju kepada visi kota yang setara, aman dan nyaman. Dalam komunikasi penjenamaan kota terdapat dua target, yakni kalangan Gen-Z dan seluruh masyarakat Jakarta. Penilaian mengukur keberhasilan secara per kuartal dengan adanya tiga aktivasi event di taman yang berkolaborasi dengan pemerintah dan lima aktivitas kerjasama bidang ekonomi kreatif. Komunikasi yang dilakukan melalui pendekatan aktif dan terbuka guna menghilangkan stigma birorkrasi pemerintah kota yang kaku, pasif dan susah didekati. Koherensi tindakan penjenamaan Kota Kolaborasi dilakukan dengan membuat brand book sebagai panduan penggunaaan jenama Kota Kolaborasi dan perwakilan +Jakarta membantu dalam penerapannya agar mengurangi miskonsepsi jenama.
  • Item
    PEMBINGKAIAN BERITA MEDIA ONLINE (Studi Analisis Framing Model Robert M. Entman pada Pemberitaan Jokowi the King of Lip Service di Media Online Tempo.co dan Tribun-timur.com)
    (2022-11-15) SILVI QORINA LARASATI; Dwi Masrina; Ilham Gemiharto
    Silvi Qorina Larasati, Judul penelitian Pembingkaian Berita Media Online (Studi Analisis Framing Model Robert M. Entman pada Pemberitaan Jokowi the King of Lip Service di Media Online Tempo.co dan Tribun-timur.com edisi 27 Juni 2021 – 22 Juli 2021), 2022. Dengan pembimbing utama Dr. Ilham Gemiharto, S.Sos, M.Si dan pembimbing pendamping Dwi Masrina, S.Sos., M.Med.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. BEM UI mengkritik presiden dengan membuat konten meme Jokowi: The King of Lip Service. Peristiwa tersebut sempat menjadi trending topic dan beragam media massa turut memberitakan dan menyajikan informasi tersebut dari sudut pandang yang berbeda, hal itu dapat berpotensi untuk jadi peredam ataupun pendorong konflik. Peneliti menjadikan isu tersebut yang terdapat di situs berita daring sebagai objek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media Tempo.co dan Tribun-timur.com mendefinisikan masalah, memperkirakan masalah, membuat keputusan moral, menekankan penyelesaian mengenai peristiwa tersebut dari tanggal 27 Juni – 22 Juli 2021. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis framing Robert M. Entman. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi media massa yang dicetuskan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckma. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa kedua media tersebut memiliki cara pandang yang berbeda terhadap peristiwa tersebut, hal ini diakibatkan oleh adanya perbedaan ideologi dan kepentingan yang berbeda. Tempo.co lebih pro terhadap BEM UI, seluruh artikelnya fokus bahwa kritikan terhadap presiden merupakan hal yang wajar, tidak menyalahi aturan dan harus dilindungi pemerintah, sedangkan media Tribun-timur.co menampilkan berita dengan netral namun terdapat kecondongan kepada pemerintah, terdapat artikel yang menyatakan bahwa BEM UI menghina presiden dengan membuat meme presiden, tidak ada fokus berita terhadap substansi meme tersebut dan pemberitaannya lebih fokus terhadap konflik yang terjadi akibat kritikan tersebut.
  • Item
    Hubungan antara Kualitas Layanan Akademik dengan Kepuasan Mahasiswa (Studi Korelasional mengenai Hubungan antara Kualitas Layanan Akademik dengan Kepuasan Mahasiswa Unpad PSDKU Pangandaran)
    (2022-09-28) NISRINA EKA ZAIN; Purwanti Hadisiwi; Kismiyati El Karimah
    Nisrina Eka Zain, 210110180152, 2022. “Hubungan antara Kualitas Layanan Akademik dengan Kepuasan Mahasiswa”. Studi Korelasional mengenai Hubungan antara Kualitas Layanan Akademik dengan Kepuasan Mahasiswa Unpad PSDKU Pangandaran. Dr. Purwanti Hadisiwi, M.Ext.Ed. sebagai Pembimbing Utama dan Dra. Kismiyati El Karimah, M.Si. sebagai Pembimbing Pendamping. Program Studi Ilmu Komunikasi K. Pangandaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara wujud fisik (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) kualitas layanan akademik dengan kepuasan mahasiswa di Unpad PSDKU Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi serta paradigma positivistik. Penelitian dengan menggunakan Social Exchange Theory ini melibatkan populasi sebanyak 681 orang dengan penentuan sampel menggunakan teknik stratified random sampling sehingga mendapat sampel sebanyak 87 responden penelitian. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan jumlah item pernyataan sebanyak 27 pernyataan menggunakan skala likert. Secara ekstensif, hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara wujud fisik (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) kualitas layanan akademik dengan kepuasan mahasiswa Unpad PSDKU Pangandaran. Berdasarkan hasil penelitian, hubungan yang dimiliki pun bersifat kuat dan searah. Hal ini berarti bahwa apabila kualitas layanan akademik meningkat maka akan semakin meningkat pula kepuasan mahasiswanya, dan begitupun sebaliknya.
  • Item
    STRATEGI KOMUNIKASI BUMDES NIAGARA DALAM UPAYA MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT DESA WANGISAGARA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG
    (2018) NENG PUTRI SRIRAHAYU; Hadi Suprapto Arifin; Ikhsan Fuady
    Neng Putri Srirahayu, NPM 210110180156, Prodi Ilmu Komunikasi K. Pangandaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul �Strategi Komunikasi BUMDes Niagara dalam Upaya Memberdayakan Ekonomi Masyarakat Desa Wangisagara Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung�. Dibawah pembimbing utama Dr. Hadi Suprapto Arifin, M. Si., dan pembimbing pendamping Ikhsan Fuady, S. P., M. Si. Penelitian dilakukan di kantor Badan Usaha Milik Desa Niagara (BUMDes Niagara). Keberadaan BUMDes Niagara memiliki andil yang besar dalam upaya pemberdayaan Desa Wangisagara hingga dapat berada di kategori Desa mandiri seperti sekarang. Sebagai sarana pemberdayaan Desa Wangisagara, BUMDes Niagara terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat mengenai upaya pemberdayaan ekonomi yang dapat dilakukan bersama oleh masyarakat dan BUMDes Niagara melalui penyuluhan. Penelitian ini mengkaji mengenai strategi komunikasi yang dilakukan BUMDes Niagara dalam upaya memberdayakan ekonomi Desa Wangisagara. Dengan menggunakan metode studi kasus, data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam upaya memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Wangisagara, BUMDes Niagara menerapkan strategi komunikasi dengan pemilihan komunikator yang memiliki kredibilitas, daya tarik, dan power. Penyusunan pesan dilakukan dengan menggabungkan teknik penyusunan pesan informatif dan persuasif. Penetapan media terbagi dengan menggunakan media antarpribadi, media kelompok, dan media sosial. Pemetaan khalayak dilakukan dengan wawancara dan melihat data statistik masyarakat Desa Wangisagara. Proses pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Wangisagara terbagi menjadi tiga tahap yaitu penyadaran, peningkatan kapasitas, dan pendayaan.
  • Item
    STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN KE CURUG CIWAYANG (Studi Kasus Pada Objek Wisata Curug Ciwayang Pangandaran)
    (2023-11-30) JIENITA KLISTINA; Tine Silvana Rachmawati; Samson CMS
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perencanaan Strategi Komunikasi yang dilakukan oleh Curug Ciwayang atau Ciwayang Body Rafting dalam meningkatkan Kunjungan Wisatanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui 10 (sepuluh) orang narasumber melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perencanaan Strategi Komunikasi untuk meningkatkan Kunjungan Wisata yang dilakukan oleh Ciwayang Body Rafting sudah berhasil memenuhi 3 aspek penting (Atraksi, Amenitas dan Aksebilitas). Dan diperlukannya Strategi Komunikasi dalam meningkatkan Kunjungan Wisata Komunikasi sangatlah penting dalam meningkatkan Kunjungan Wisata ke Curug Ciwayang agar apa yang dilakukan atau direncanakan jauh lebih berkonsep. Pada Pelaksanaan dan Pengendalian Ciwayang Body Rafting melakukan strategi periklanan atau promosi lewat media social, adapun pengendalian dilakukan dengan melakukan analisis kendala yang dihadapi. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan dana dalam peningkatan sarana dan prasarana, penyelesaiannya adalah dengan melakukan peningkatan sarana dan prasarana secara bertahap.
  • Item
    HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INSTAGRAM @petualanganmenujusesuatu DENGAN PEMUASAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS MENGENAI KESEHATAN MENTAL
    (2022-09-15) CHANTIKA PUTRI GUSMAN; Preciosa Alnashava Janitra; Herlina Agustin
    Chantika Putri Gusman (210110180144). 2022. “Hubungan Antara Penggunaan Instagram @petualanganmenujusesuatu dengan Pemuasan Kebutuhan Informasi Followers Mengenai Kesehatan Mental.” Dr. Herlina Agustin, M.T. sebagai Dosen Pembimbing Utama dan Preciosa Alnashava, S.I.Kom., M.Si. sebagai Dosen Pembimbing Pendamping. Program Studi Ilmu Komunikasi K. Pangandaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara penggunaan Instagram @petualanganmenujusesuatu dengan pemuasan kebutuhan informasi followers mengenai kesehatan mental. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uses and Gratification Theory yang dikemukakan oleh Elihu Katz, Jay G. Blumer & Michael Gurevitch. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei dalam bentuk kuesioner yang disebarkan secara online untuk mengumpulkan data. Sampel pada penelitian ini merupakan followers aktif dari Instagram @petualanganmenujusesuatu yang memberikan like dan komentar pada bulan Desember 2021. Total sampel yang diperoleh dengan menggunakan metode slovin adalah sebanyak 82 responden. Pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial dengan uji korelasi pearson product moment. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan Instagram @petualanganmenujusesuatu dengan pemuasan kebutuhan informasi followers mengenai kesehatan mental, adanya hubungan yang signifikan antara isi konten Instagram @petualanganmenujusesuatu dengan pemuasan kebutuhan informasi followers mengenai kesehatan mental, serta adanya hubungan yang signifikan antara individu dengan isi konten Instagram @petualanganmenujusesuatu dengan pemuasan kebutuhan informasi followers mengenai kesehatan mental.
  • Item
    Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Promosi Pariwisata Pangandaran di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Media Promosi Pariwisata Melalui Akun Tiktok @kelilingpangandaran)
    (2022-09-28) SAFIRA WIDYASWARA; Hadi Suprapto Arifin; Ditha Prasanti
    Safira Widyaswara. 210110180142. Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Promosi Pariwisata Pangandaran di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Media Promosi Pariwisata Melalui Akun Tiktok @Kelilingpangandaran). 2022. Pembimbing utama pada penelitian ini adalah Dr. Hadi Suprapto Arifin, M.Si dengan pembimbing pendamping yakni Ditha Prasanti, M.I.Kom. Progam Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial Tiktok sebagai media promosi Pariwisata Pangandaran di masa Pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh Akun @kelilingpangandaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dibantu dengan observasi akun media sosia. Hasil dan pembahasan dalam penelitian dikaji bersama dengan teori konstruksi sosial milik Berger dan Luckman. Hasil penelian ini ditemukan bahwa adanya proses konstruksi sosial yang dilakukan oleh Akun @kelilingpangandaran. Proses tersebut dilakukan memanfaatkan media sosial Tiktok melalui konten-konten audio visual beserta penggunaan fitur yang memudahkan penyebaran promosi. Penggunaan media sosial Tiktok sebagai media promosi Pariwisata Pangandaran dilakukan karena melihat adanya kelebihan dan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan promosi. Promosi pariwisata yang dilakukan di masa Pandemi Covid-19 tentunya mengalami berbagai kendala, namun Akun @kelilingpangandaran tetap melakukan strategi untuk terus dapat menjaga eksistensi Pariwisata Pangandaran. Semua proses itu termasuk ke dalam konstruksi yang dibangun untuk mempengaruhi audiens untuk tertarik berkunjung ke wisata di Pangandaran pada masa Pandemi Covid-19.
  • Item
    STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ATOURIN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN VIRTUAL TOUR DI MASA PANDEMI COVID - 19
    (2022-06-15) ALFA VERANIA; Tine Silvana Rachmawati; Rachmaniar
    Alfa Verania. 210110180138. 2022. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Dengan judul penelitian “Strategi Komunikasi Pemasaran Atourin dalam meningkatkan wisatawan Virtual Tour di masa pandemi covid-19”. Pembimbing Utama ialah Dr. Tine Silvana Rachmawati, M. Si dan Pembimbing Pendamping ialah Rachmaniar, S.Sos., M.Si Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Atourin sebagai perusahaan yang bergerak dalam sektor pariwisata dan teknologi dengan kegiatan utamanya yaitu Virtual Tour. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui 7 (tujuh) orang narasumber melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Atourin telah memenuhi aspek strategi pemasaran yang terdiri dari segmenting yang terbagi menjadi 3 (tiga) bagian berdasarkan geografis yaitu provinsi dan kota, psikografis berdasarkan hobi travelling dan demografis berdasarkan usia 21 tahun sampai 50 tahun , targeting Atourin yakni cakupan pasar penuh dan positioning sebagai penyedia layanan yang lengkap dan mudah. Dalam pelaksanaan komunikasi pemasarannya Atourin menerapkan alat bauran komunikasi pemasaran yang terdiri dari iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan penjualan langsung.
  • Item
    PENGALAMAN KOMUNIKASI ADAPTASI MAHASISWA MINANGKABAU
    (2022-09-20) ZAKI HIDAYAT; Ditha Prasanti; Jenny Ratna Suminar
    Zaki Hidayat, 210110180136, Pengalaman Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Minangkabau, 2022. Pembimbing utama pada penelitian ini adalah Dr. Hj. Jenny Ratna Suminar, M.Si., dan pembimbing pendamping pada penelitian ini adalah Ditha Prasanti, S.I.Kom., M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman komunikasi adaptasi mahasiswa Minang PSDKU Unpad Pangandaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam menentukan informan penelitian, pola yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah subjek penelitian atau informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam. Pada penelitian ini digunakan teori interaksionisme sebagai dasar acuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat motif mahasiswa Minangkabau PSDKU Unpad Pangandaran dalam merantau, yakni karena memilih kampus yang diinginkan, keluar dari zona nyaman, dorongan orang sekitar, melanjutkan pendidikan, berkembang dan menambah pengalaman, mengenal banyak orang, serta mengenal budaya baru. Dalam hal pengalaman komunikasi ditemukan hasil bahwa terjadi hambatan komunikasi yang dialami para mahasiswa Minang dan cara mengatasi hambatan komunikasi tersebut. Mahasiswa Minang merasakan tantangan komunikasi berupa bahasa, budaya, dan persiapan diri. Mahasiswa Minang juga menjelaskan bagaimana cara mereka mengatasi hambatan komunikasi saat melakukan komunikasi adaptasi yaitu dengan cara menggunakan bahasa yang general, dibantu teman, mempelajari bahasa sunda, dan menggunakan komunikasi non-verbal. Kemudian terdapat makna komunikasi adaptasi menurut mahasiswa Minang PSDKU Unpad Pangandaran, yaitu pengalaman bertambah, menambah pengetahuan dan wawasan, melakukan kegiatan yang menyenangkan, serta mengenal banyak orang dengan budaya berbeda.
  • Item
    PENGARUH PENERIMAAN INFORMASI TENTANG PEMILIHAN KEPALA DAERAH 2020 DI INSTAGRAM @NAJWASHIHAB TERHADAP SIKAP MAHASISWA (Analisis Regresi Tentang Informasi Pemilihan Kepala Daerah 2020 di Kala Pandemi C
    (2022-02-09) ADYA PUSPITA; Iwan Koswara; Dadang Sugiana
    Adya Puspita, 210110170142, Jurusan Ilmu Komunikasi Kampus Pangandaran, Universitas Padjadjaran, Pangandaran. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Penerimaan Informasi tentang Pemilihan Kepala Daerah 2020 Pada Akun Instagram @najwashihab terhadap Sikap Mahasiswa”, dengan pembimbing utama adalah Dr. Dadang Sugiana, M.Si dan dosen pembimbing pendamping Dr. Iwan Koswara, M.Si. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari informasi di Instagram @najwashihab mengenai pemilihan kepala daerah terhadap sikap mahasiswa Universitas Padjadjaran asal Pangandaran dalam menggunakan hak pilih yang diukur melalui valensi dan bobot informasi. Metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana digunakan untuk penelitian ini. Teknik pengumpulan data primer menggunakan kuisioner yang disebar kepada 72 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Padjadjaran asal Pangandaran yang mengikuti Instagram @najwashihab. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara informasi pemilihan kepala daerah di kala pandemi di Instagram @najwashihab terhadap sikap mahasiswa Universitas Padjadjaran asal Pangandaran dalam menggunakan hak pilih dengan tingkat signifikansi tertinggi adalah valensi informasi di Instagram @najwashihab.
  • Item
    ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BENCANA BANJIR KALSEL 2021 MEDIA ONLINE TEMPO.CO dan ANTARAKALSEL TANGGAL 14 JANUARI 2021 - 11 FEBRUARI 2021
    (2021-10-21) NUKE NOVIYANTI; Herlina Agustin; Kismiyati El Karimah
    Saat ini media online menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mendapatkan informasi, salah satunya mengenai berita bencana. Penelitian ini membahas mengenai pembingkaian yang dilakukan media online Tempo.Co dan ANTARAKALSEL dalam peristiwa Banjir Kalsel 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis framing Robert N. Entman. Hasilnya menunjukan bahwa kedua media mendefinisikan bencana Banjir Kalsel sebagai bencana non alam namun dengan framing yang berbeda. Tempo.Co menunjukan Banjir Kalsel sebagai masalah lingkungan sedangkan ANTARAKALSEL sebagai masalah hukum lingkungan. Kemudian penyebab masalah yang ditunjukan Tempo.Co adalah kerusakan lingkungan yang disinyalir diakibatkan oleh deforestasi dan alih fungsi lahan sedangkan ANTARAKALSEL pelanggaran hukum lingkungan dibidang pertambangan. Keputusan moral yang diambil Tempo.Co yakni pemerintah dinilai kurang peduli dengan isu lingkungan sedangkan ANTARAKALSEL menilai pemerintah telah lalai menjalankan hukum lingkungan. Penyelesaian yang ditawarkan Tempo.Co berupa himbauan kepada pemerintah untuk lebih peduli dengan kondisi lingkungan sedangkan ANTARAKALSEL menghimbau pemerintah melakukan peninjauan kembali pelanggaran hukum lingkungan yang terjadi di Kalsel.
  • Item
    PENGALAMAN KOMUNIKASI PASIEN POSITIF COVID-19 DENGAN TENAGA KESEHATAN DALAM PROSES KARANTINA DI RUMAH SAKIT (Studi Fenomenologi Pada Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Pangandaran)
    (2017) SOUMEYA DJAB; Ilham Gemiharto; Dwi Masrina
    Pada masa pandemi Covid-19, Kabupaten Pangandaran tetap memperoleh jumlah kunjungan wisatawan yang tinggi namun tetap dalam kategori transmisi Covid-19 yang rendah. Selain itu, data dari Covid.go.id menunjukkan bahwa tingkat keterisian, tempat tidur di Kabupaten Pangandaran yang rendah. Berdasarkan fenomena tersebut, maka peneliti menyoroti penangan pasien Covid-19 oleh tenaga kesehatan dalam sudut pandang komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan makna, motif, dan bagaimana pengalaman komunikasi yang dilakukan pasien positif Covid-19 dengan tenaga kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dan dianalisis dengan teknik analisis fenomenologi Moustakas. Hasil analisis menunjukkan empat tema dalam makna komunikasi antara pasien dengan tenaga kesehatan, yakni: komunikasi sebagai sesuatu yang penting bagi pasien dan kewajiban bagi tenaga kesehatan, tenaga kesehatan dinilai sebagai satu-satunya pihak yang dapat membantu pasien pada saat karantina, komunikasi sebagai anugerah yang dialami pasien selama menjalani karantina, komunikasi selama masa karantina menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Terdapat tiga motif yang muncul dalam proses komunikasi tersebut yang dibagi ke dalam dua kategori. Because Of Motives terdiri dari motif informasi dan In Order To Motives yang terdiri dari motif biologis dan motif afektif. Pengalaman komunikasi yang dialami pasien dan tenaga kesehatan relevan dengan konsep komunikasi terapeutik.
  • Item
    HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN INFORMASI COVID-19 PADA AKUN INSTAGRAM @kemenkes_ri DENGAN SIKAP FOLLOWERS MENGENAI HIDUP SEHAT
    (2022-03-01) M.JHORDY; Tine Silvana Rachmawati; Ditha Prasanti
    M. Jhordy, 210110170137, Program Studi Ilmu Komunikasi K. Pangandaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Penerimaan Informasi COVID-19 Pada Akun Instagram @kemenkes_ri Dengan Sikap Followers Mengenai Hidup Sehat”, Studi korelasional tentang Hubungan antara Penerimaan Informasi COVID-19 di Akun Instagram @kemenkes_ri dengan Sikap Followers Mengenai Hidup Sehat. Dr. Tine Silvana Rachmawati, M. Si sebagai dosen pembimbing utama dan Ditha Prasanti, S.I.Kom., M.I.Kom sebagai dosen pembimbing pendamping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara valensi dan bobot informasi dalam akun Instagram @kemenkes_ri dengan kognitif, afektif dan konatif Followers mengenai hidup sehat. Penelitian ini menggunakan teori Integrasi Informasi. Metode yang digunakan adalah Metode Korelasional, melalui uji hipotesis Pearson Product Moment. Responden penelitian ini sebanyak 100 orang, yang terpilih berdasarkan teknik sampling simple random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan melalui penyebaran angket, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa informasi dalam akun Instagram @kemenkes_ri memiliki hubungan yang signifikan dengan sikap followers mengenai hidup sehat. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa valensi informasi dan bobot informasi dengan kognitif, afektif dan konatif followers memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Saran dari penelitian ini agar peneliti dengan tema yang sama selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut dan mendalam mengenai korelasi antara informasi COVID-19 @kemenkes_ri dan sikap followers agar dapat menemukan korelasi yang kuat.
  • Item
    PENGALAMAN KOMUNIKASI PEMAIN ESPORT PANGANDARAN DALAM MENGHADAPI STIGMA ORANG TUA
    (2023-08-03) AANG SEHABUDIN; Dwi Masrina; Dian Wardiana Sjuchro
    Aang Sehabudin, 210110170138, Pengalaman Komunikasi Pemain Esport Pangandaran Dalam Menghadapi Stigma Orang Tua. Pembimbing utama dalam penelitian ini yaitu Dr. Dian Wardiana Sjuchro, M.Si., dan pembimbing pendamping pada penelitian ini yaitu Dwi Masrina, S.Sos., M.Med.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana pengalaman komunikasi dari para pemain esport di Kabupaten Pangandaran dalam menghadapi stigma dari orangtuanya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penentuan narasumber menggunakan teknik snowball sampling. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis yang digunakan peneliti yaitu teknik analisis fenomenologi Moustakas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori fenomenologi dan teori stigma. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa motif dari pemain esport yang melatarbelakangi mereka dalam memutuskan untuk menekuni karir di dunia esport nya seperti halnya untuk memberikan hiburan untuk dirinya, mencari penghasilan tambahan, hingga untuk pembuktian kepada orangtuanya. Stigma yang diberikan oleh orangtua para pemain esport ini seperti halnya bahwa menganggap esport merupakan kegiatan yang sia-sia membuang-buang waktu sehingga pemain esport ini sering disebut sebagai pemalas. Tidak hanya itu saja, stigma yang muncul pun seperti halnya esport tidak menyehatkan hingga esport tidak dapat dijadikan sebagai pekerjaan tetap. Dalam pengalaman komunikasi para pemain esport ini ketika menghadapi stigma orangtua, para pemain esport ini melakukan komunikasi secara intrapersonal dengan dirinya sendiri dan komunikasi interpersonal terjadi dengan orangtuanya. Komunikasi yang dilakukan oleh para pemain esport ini berbentuk komunikasi langsung untuk mendapatkan feedback secara langsung.
  • Item
    PENGALAMAN KOMUNIKASI PRAMUWISATA PANGANDARAN DALAM MEMANDU WISATAWAN
    (2022-02-08) FIRYALIA GANI SUSILA; Dwi Masrina; Ilham Gemiharto
    Firyalia Gani Susila, 210110170141, Pengalaman Komunikasi Pramuwisata Pangandaran Dalam Memandu Wisatawan. Pembimbing utama pada penelitian ini adalah Dr. Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si., dan pembimbing pendamping pada penelitian ini adalah Dwi Masrina, S.Sos., M.Med.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengalaman komunikasi pramuwisata Pangandaran dalam memandu wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pola penentuan informan dengan menggunakan purposive sampling. Jumlah subjek penelitian atau informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mandalam. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni teori interaksionisme simbolik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat motif pramuwisata Pangandaran menjalani profesi sebagai Pramuwisata, yakni dapat menambah ilmu, untuk memenuhi kebutuhan, dapat mengenal banyak orang, dapat menambah pengalaman, untuk membantu orang lain, lingkungan sekitar, keluarga, serta tertarik dan merasa pekerjaan yang menyenangkan, Makna profesi pramuwisata menurut pramuwisata Pangandaran, yakni pengalaman bertambah, ilmu pengetahuan dan wawasan bertambah, mengenal banyak orang dari berbagai latar belakang, profesi yang menyenangkan, dan memenuhi kebutuhan. Dalam hal pengalaman komunikasi didapatkan hasil mengenai hambatan komunikasi yang dialami oleh pramuwisata dan cara pramuwisata mengatasi hambatan komunikasi tersebut. Pramuwisata mendapatkan hambatan komunikasi berupa semantic noise, psychological noise, dan syntactical noise. Pramuwisata juga menjelaskan bagaimana cara mereka mengatasi hambatan komunikasi saat memandu wisatawan yakni dengan cara diberitahu oleh wisatawan, mengikuti kemauan wisatawan, dibantu oleh rekan kerja, dan melakukan komunikasi.
  • Item
    KOMUNIKASI BUDAYA TRADISI HAJAT LAUT
    (2022-03-30) MAYA ANDINA SUNARYA; Dadang Rahmat Hidayat; Samson C. M. S.
    Hajat laut merupakan sebuah tradisi budaya masyarakat di sepanjang pesisir Pantai di Kabupaten Pangandaran. Hajat laut sendiri sejak tahun 1853 sudah ada di Pantai Batukaras, salah satu pantai di Kabupaten Pangandaran. Tradisi ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akan rezeki yang telah diberikan kepada nelayan melalui laut. Biasanya Hajat laut dilaksanakan setiap bulan muharram pada awal bulannya. Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Untuk mengetahui bentuk komunikasi budaya yang ada dalam ritual HL di desa Batukaras Kabupaten Pangandaran; 2) Untuk mengetahui pesan yang timbul dari masyarakat penerima pesan dalam ritual HL di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran; 3). Untuk mengetahui umpan balik seperti apa yang didapatkan dari ritual HL di Desa Batukaras Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Pendekatan Kualitataif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan meskipun telah berganti nama beberapa kali, Hajat laut masih tetap mempertahankan pesan awalnya sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Umpan balik dari masyarakat termasuk positif dengan berubahnya perilaku masyarakat menjadi lebih baik, misalnya masyarakat menjadi lebih agamis.