PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak pemahaman yang keliru terhadap corporate social responsibility (CSR) yang hanya dipandang sebagai kosmetik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) latar belakang dan motif program CSR, 2) mengetahui implementasi program CSR, 3) mengetahui respon dan partisipasi masyarakat terhadap program CSR yang dilaksanakan PT. PLN (Persero) DJBB. Teori yang digunakan adalah teori legitimasi, teori stakeholder, dan teori interaksi simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang program CSR ini yaitu keprihatinan PT. PLN (Persero) DJBB terhadap isu planet, profit, dan people, kemudian motifnya sendiri yaitu motif kewajiban moral, izin operasi, ,reputasi, dan keberlanjutan. Implementasi program CSR ini melalui strategi kombinasi (mixed type), dimana PT. PLN (Persero) DJBB melibatkan masyarakat serta berbagai stakeholder dalam pelaksanaannya. Respon dan partisipasi masyarakat terhadap program CSR ini sangat positif, namun saat ini mengalami penurunan karena menurunnya intensitas komunikasi antara PT. PLN (Persero) DJBB, Pengelola Program, dan Masyarakat, minimnya media sosialisasi dan publikasi. Simpulannya yaitu program ini merupakan program yang dapat membangun kemandirian masyarakat dalam mengatasi, mengelola, dan memanfaatkan sumber daya alam disekitarnya. Kata Kunci: Corporate cocial responsibility (CSR)

Description

Keywords

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, Tidak ada keyword, Tidak ada keyword

Citation