PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DANPENGENDALIAN PERILAKU YANG DIRASAKANTERHADAP PERILAKU KONSUMEN(Studi Eksplanatori mengenai pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Pengendalian Perilaku yang dirasakan m
No Thumbnail Available
Date
2023-05-04
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Studi ini ingin mengkonfirmasi pengaruh sikap, norma subjektif dan pengendalian perilaku yang dirasakan melalui niat terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan kartu merek bersama Garuda Indonesia dan BNI. Secara konseptual penelitian ini menggunakan teori perilaku terencana (TPB) yang menyatakan bahwa perilaku untuk menggunakan kartu merek bersama Garuda Indonesia dan BNI tergantung kepada tiga faktor utama yaitu sikap, norma subjektif, pengendalian perilaku yang dirasakan terhadap perilaku nyata. Selain itu juga ingin melihat peran mediasi dari niat terhadap perilaku nyata pengguna kartu merek bersama Garuda Indonesia-BNI. Penelitian ini mengembangkan kerangka konseptual untuk menilai efek dari tiga faktor penentu di identifikasi pada teori perilaku terencana pada perilaku menggunakan kartu merek bersama Garuda Indonesia-BNI.
Teori perilaku terencana adalah perilaku yang timbul dari niat individu tersebut yang disebabkan oleh beberapa faktor dari internal maupun eksternal. Perilaku tersebut dipengaruhi oleh niat dan variabel lainnya yaitu sikap, norma subjektif dan pengendalian perilaku yang dirasakan. Sampel sejumlah 400 konsumen yang tersebar dari enam wilayah di DKI Jakarta dengan menggunakan metode disproportional stratified random sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program Lisrel 8.80 dan hasil menunjukkan bahwa sikap, norma subjektif dan pengendalian perilaku yang dirasakan dinyatakan terbukti berpengaruh secara langsung terhadap niat konsumen dalam penggunaan kartu merek bersama Garuda Indonesia-BNI. Selanjutnya niat telah terbukti dapat memediasi hubungan antara sikap, norma subjektif, pengendalian perilaku yang dirasakan dengan perilaku nyata penggunaan kartu merek bersama Garuda Indonesia-BNI. Selanjutnya sikap, norma subjektif berpengaruh secara langsung terhadap perilaku nyata penggunaan kartu merek bersama Garuda Indonesia-BNI, akan tetapi pengendalian perilaku yang dirasakan ditemukan pengaruh yang kurang kuat jika diuji secara langsung terhadap perilaku nyata penggunaan kartu merek bersama Garuda Indonesia-BNI.
Description
Keywords
kartu merek bersama, norma subjektif, niat