Komunikasi Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Covid-19
No Thumbnail Available
Date
2023-11-10
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia menyebabkan terjadinya perubahan
komunikasi pendidikan antara guru, siswa dan orang tua pada pendidikan anak usia
dini khususnya di Jawa Barat, mendorong perubahan metode pembelajaran dari
metode belajar tatap muka dimasa pra pandemi, menjadi belajar dari rumah secara
daring pada masa pandemi, serta berubah kembali di masa pasca pandemi menjadi
pembelajaran hybrid, yaitu gabungan antara pembelajaran online dengan
pembelajaran tatap muka terbatas. Hal tersebut mendorong untuk dilakukan
penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pendidikan
usia dini di Jawa Barat ditinjau dari tiga fase, yaitu fase pra pandemi, pandemi, dan
pasca pandemi. Untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah
yang diajukan, penelitian menggunakan paradigma konstruktivis, dengan jenis
penelitian kualitatif dan metode penelitian studi kasus, agar dapat mengetahui dan
menggali fenomena dari aktivitas proses komunikasi dan interaksi sosial dalam
komunikasi pendidikan antara guru, orang tua dan anak usia dini di PAUD Jawa
Barat yang terjadi di masa covid-19. Hasil penelitian menyatakan bahwa
komunikasi pendidikan anak usia dini dibutuhkan dalam proses persiapan belajar
anak sebagai langkah yang tepat bagi perkembangan dan pertumbuhan seorang
anak, termasuk dimasa pra pandemi, pandemi, dan pasca pandemi covid-19.
Komunikasi pendidikan anak usia dini berdasarkan interaksi antara guru dan siswa
pada PAUD di Jawa Barat sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan
anak di masa covid-19 guru menjadi fasilitator dalam aktivitas komunikasi dan
interaksi dengan anak, serta anak dengan anak lainnya. Kemudian komunikasi
pendidikan anak usia dini berdasarkan interaksi anak dan orang tua di rumah pada
PAUD Jawa Barat di masa covid-19 juga sangat penting karena peran partisipatif
orang tua bermanfaat bagi keberhasilan pendidikan anak, namun para orang tua
terkesan berpandangan bahwa keberhasilan perkembangan anak sepenuhnya
dibebankan dan menjadi tanggung jawab dari lembaga PAUD. Komunikasi
pendidikan anak usia dini berdasarkan interaksi guru dan orang tua pada PAUD
Jawa Barat di masa covid-19 juga tidak kalah penting, tetapi komunikasi yang
intens dan efektif kurang terbangun antara guru dan orang tua yang disebabkan oleh
kesibukan orang tua yang memiliki pekerjaan dan tanggung jawab lain yang
membatasi waktu mereka untuk berkomunikasi secara teratur dengan guru.
Description
Keywords
Komunikasi Pendidikan, PAUD, Covid-19