Hubungan Antara Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Dengan Kepuasan Pelayanan Terhadap Pemustaka

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerapan Customer Relationship Management (CRM) dengan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan di Perpustakan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Perpustakan Daerah Provinsi Sumatera Barat pada bulan Januari 2015. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Rancangan sampling yang digunakan adalah probability dengan sampel (n=88). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan CRM (Customer Relationship Management) dalam bidang fasilitas, bidang koleksi, bidang pelayanan, bidang sikap petugas dan bidang peraturan dan tata tertib perpustakaan dengan kepuasan pemustaka di Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Barat memiliki hubungan yang kecil (low correlation). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penerapan Customer Relationship Management (CRM) dengan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan di Perpustakan Daerah Provinsi Sumatera Barat. Kata Kunci: Hubungan, Perpustakaan Daerah, CRM, Kepuasan

Description

Keywords

Korelasi, Perpustakaan Daerah, CRM

Citation