Ilmu Perpustakaan (S1)

Permanent URI for this collection

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 20 of 849
  • Item
    Rancang Bangun Sistem Pelayanan Perpustakaan Desa : Action research Pada Perpustakaan Mutiara Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang
    (2014-07-21) TINA SARIDEWI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Mutiara Desa Cinanjung Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Tujuannya untuk merancang sistem pelayanan di perpustakaan sehingga masyarakat mau mengunjungi dan menggunakan perpustakaan sehingga perpustakaan menjadi tempat untuk belajar dan mengisi waktu luang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah action research, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan di perpustakaan desa dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki perpustakaan. Layanan di perpustakaan Mutiara Desa Cinanjung diberikan dengan menyediakan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan maupun diinginkan masyarakat, dengan menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat (PBM) sebagai penunjang pendidikan formal, keterampilan, maupun bermain sambil belajar. Kata Kunci : Layanan Perpustakaan; Perpustakaa Desa; Pusat Belajar Masyarakat (PBM).
  • Item
    Kebijakan Pengembangan Koleksi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung
    (2012-09-04) NADIA PETRANAYA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan pengembangan koleksi di Perpustakaan Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Focus penelitian ditentukan pada analisis pemakai dan kebijakan pengembangan koleksi. Penulis melakukan pengamatan langsung untuk mendeskripsikan kegiatan analisis pemakai dan kebijakan pengembangan koleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan studi literature. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pengembangan koleksi telah dilaksanakan sebagaimana mestinya, namun untuk penetapan kebijakan pengembangan koleksi belum ditetapkan secara tertulis yang dapat dijadikan pedoman dalam pengembangan koleksi. ABSTRACT This study aims to determine how collection development policy in Sekolah Tinggi Seni Indonesia Bandung Library. The method used in this research is descriptive qualitative method. The focus of research is determined on the community analisys and collection development policy. The authors make direct observations to describe the activities for community analisys and collection development policy. Collecting data in this study conducted through interviewing techniques, observation and literature study. The results showed that the management of collection development process has done as it should, howevwr the determining collection development policy has unwritten yet and can become directive in collection development.
  • Item
    Hubungan antara pencarian informasi dalam majalah Properti Indonesia dengan Pemenuhan kebutuhan Informasi perkembangan properti di Indonesia
    (2012-10-01) ANDHIKA EKAPUTRA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang “Hubungan antara pencarian informasi dalam majalah Properti Indonesia dengan Pemenuhan kebutuhan Informasi perkembangan properti di Indonesia†, yang dilakukan di CENTURY 21 cabang kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pencarian informasi dalam majalah Properti Indonesia dengan pemenuhan kebutuhan Informasi perkembangan properti di Indonesia. Penelitian ini berpijak pada teori information seeking. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasional yaitu metode untuk mencari hubungan antara dua variabel atau lebih.Populasi dalam penelitian ini pegawai CENTURY 21 yang berlokasi di kota Bandung sebanyak 56 pegawai dengan teknik sampling jenuh diperoleh 56 sampel. Uji validitas berupa skor dengan tingkatan/ordinal menggunakan metode korelasi Spearman, yaitu koefisien korelasi yang memperlihatkan keeratan hubungan antara dua variabel X dan Y. Uji reliabilitas menggunakan perhitungan dengan rumus Alpha Cronbach. Nilai reliabilitas diantara 0,00 sampai 1,00. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dilakukan dengan cara menganalisis data berupa kuesioner dan analisis inferensial yang menyajikan jawaban responden dengan menggunakan perhitungan statistik.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencarian informasi dalam majalah Properti Indonesia memiliki hubungan dengan pemenuhan kebutuhan Informasi pembaca mengenai perkembangan industri properti di Indonesia. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang cukup berarti antara pencarian, penghindaran dan pemrosesan informasi dalam majalah Properti Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi pembaca yang terdiri dari kepuasan dan pengetahuan. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah majalah Properti Indonesia membahas properti yang berada di lokasi yang berpotensi untuk maju dan berkembang serta memperluas cakupan distribusi majalah itu sendiri. ABSTRAK Thisstudydiscusses about"The relationship between information seeking in Indonesia Property magazine with information Fulfillment property development in Indonesia", conducted at the CENTURY 21 branch bandung city. The purpose of this study was to determine the relationship between information seeking in Indonesia Property magazine with information needs of property development in Indonesia. This study rests on a theory of information seeking. Methods This study uses a quantitative approach with correlation analysis is a method to find a relationship between two or more variables. The population in this study CENTURY 21 employees located in the city as much as 56 employees with saturated sampling technique obtained 56 samples. Test the validity of scores with level / ordinal using the Spearman correlation method, namely the correlation coefficient which shows the closeness of the relationship between two variables X and Y. Reliability test using Cronbach Alpha calculation formula. Reliability values ​​between 0.00 to 1.00. Data collection techniques used were questionnaires, observation, interview and literature study. Data analysis techniques use descriptive analysis carried out by analyzing the data in the form of questionnaires and inferential analysis that presents respondents` answers by using the statistical calculations. These results indicate that the search for information in Indonesia Property magazine has a relationship with the reader needs information on the development of the property industry in Indonesia. The conclusions of this study is that there is a significant relationship between search, evasion and processing of information in magazines IndonesianProperty to the information needs of readers who are composed of satisfaction and knowledge. While the suggestions in this study is to discuss the magazine Indonesian Property property located in a location that has the potential to progress and develop and expand the scope of the distribution of the magazine itself.
  • Item
    Implementasi Aspek Knowledge Management pada Penggunaan Software Alexandria Library di Perpustakaan Sekolah Internasional Yanbu
    (2012-09-04) DIANITA ASNI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di Sekolah Internasional Yanbu Al-Sinaiyah, Saudi Arabia. Yang bertujuan untuk mengetahui implementasi aspek-aspek knowledge management dalam penggunaan software Alexandria di sekolah tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data secara wawancara, pengamatan, kepustakaan dan internet search. Berdasarkan hasil penelitian, perpustakaan Sekolah Internasional Yanbu menggunakan dan menerapkan aspek-aspek knowledge management dengan tepat. ABSTRACT This research took place in Yanbu International School Yanbu Al-Sinaiyah, Saudi Arabia. The aim is to know the implementation of Knowledge Management Aspects in the use of Alexandria Software in that school. The research was using the descriptive qualitative with data collection in interview, observation, literature, and internet search methods. Based on the research result, Yanbu International School library used and implemented the knowledge management aspects.
  • Item
    Kualitas Layanan Perpustakaan Berdasarkan Harapan Dan Persepsi Mahasiswa
    (2012-08-14) RULY HARYANTO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengukur sejauh apa kualitas layanan pada perpustakaan FTIP UNPAD menggunakan instrumen LibQual+TM, yakni model pengukurankualitas layanan berdasarkan persepsi dan harapan terhadap tiga dimensi, yaituAffect of Service (sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayanipemustaka), Information Control (kemampuan dan kemudahan mengendalikanakses informasi bagi pemustaka) dan Library as Place (perpustakaan sebagaitempat dan suasana yang melingkupi). Responden diminta menilai dengan tigakriteria, yaitu harapan minimum (minimum), harapan sesungguhnya (desired), danpersespi (perceived. Kualitas layanan adalah kesenjangan (gap) antara persepsi(perceived) dengan harapan minimum (minimum) atau harapan sesungguhnya(desired). Pengambilan data menggunakan kuesioner yang terdiri atas 22 item pernyataan. Responden diminta menilai dengan skala 1 – 9, nilai terendah 1 dan nilai tertinggi 9. Hasil penelitian menyatakan bahwa perpustakaan FakultasTeknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran secara umum cukupmemuaskan. Hal ini ditunjukan oleh nilai persepsi, yaitu 6,28 yang masih lebihtinggi jika dibandingkan dengan nilai minimum, yaitu 6,23. Nilai kesenjanganyang diperoleh adalah 0,05 yang menunjukan bahwa Adequacy Gap (AG) bernilaipositif. Nilai harapan sesungguhnya (desired) yang diperoleh adalah 7,63 yangmenghasilkan nilai kesenjangan Superiority Gap (SG) bernilai negatif -1,35.Kedua nilai tersebut (AG dan SG) menunjukan kualitas layanan berada pada bataswilayah toleransi (zone of tolerance).Kata Kunci : LibQual+TM, Kualitas Layanan, Kepuasan Pemustaka, Persepsi, Harapan ABSTRACT This study aimed to measure how far the library service quality in AcademicLibrary using LibQual+TM instrument, the measurement model of service qualitybased on perceptions and expectations of the three dimensions consist Affect ofService (the attitude and the ability of library staff in serving students),Information Control (ability and ease of controlling access to information forstudent users) and library as place (library as place and atmospheresurrounding). Respondents were asked to rate the three criteria, namely theminimum expectations (minimum), desired, and perceived. Service quality is agap between the perceptions (perceived) with the minimum expectations(minimum) or expectations (Desired). Respondents were asked to assess the scaleof 1-9, the lowest 1 and highest value of 9. Results of the research stated library ofthe Faculty of Industrial Technology of Agriculture, UNPAD in general quitesatisfactory, that perceived value 6.28 which is still higher when compared to theminimum value, 6.23. Gap value is 0.05 which indicated that the Adequacy gap(AG) was positive. Desired value obtained 7,63 which produced the gap valueSuperiority gap (SG) was negative -1.35. These values (AG and SG) showed thatservice quality was at the limit of tolerance (zone of tolerance).Key words : LibQual+TM, Service Quality, Users Satisfaction, perception,expectation
  • Item
    Peranan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Dalam Menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar
    (2012-08-27) DENY FIRMANSYAH SUTISNA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAKInti dari penelitian ini adalah mengenai peranan sebuah lembaga pendidikan nonformal, yang salah satunya adalah PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) dalam menumbuhkembangkan minat membaca warga belajar Paket C setara SMA. Penelitian dilaksanakan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Jembar Kabisa Dusun Selaawi RT 02/RW 07, Desa Sukahayu, Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan PKBM Jembar Kabisa dalam menumbuhkan minat baca warga belajar, khususnya untuk kelompok belajar Paket C. Penelitian ini dilakukan di PKBM Jembar Kabisa mulai dari bulan April hingga Juni 2012. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kelompok belajar (kejar) Paket C dari kelas 1, 2, dan 3 yang seluruhnya berjumlah 34 orang. Minat membaca warga belajar khususnya di PKBM Jembar Kabisa didukung oleh beberapa komponen, yang sangat berperan dalam menumbuhkan minat baca tersebut. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah bagaimana proses kegiatan belajar mengajar yang diterapkan, kemudian dari fasilitas penunjang yang ada serta bagaimana peran pengelola kegiatan belajar mengajar di PKBM ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari proses kegiatan belajar, sebanyak 76,5% responden menyatakan bahwa kurikulum pembelajaran yang diterapkan di PKBM ini sudah sesuai. Hal ini sangat berkaitan dengan kesepakatan penggunaan kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran yang mencakup standar pencapaian kompetensi. Kemudian dilihat dari segi fasilitas penunjang seperti terdapatnya Taman Bacaan Masyarakat (TBM), mayoritas responden menyatakan sebanyak 50% bahwa TBM membantu serta mendukung dalam proses pembelajaran dan kegiatan lainnya seperti membaca. Untuk pengelola dalam hal ini adalah guru/tutor, sebanyak 79,4% responden menyatakan bahwa guru/tutor selalu merekomendasikan bahan-bahan bacaan yang harus dipelajari dan dibaca oleh warga belajar. Dari hasil penelitian diatas, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa PKBM Jembar Kabisa memiliki peranan yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca warga belajar. ABSTRACT Core of this research is role of nonformal education institute, either one is Society Activity Study Center in fostering an interest of read to citizen Paket C that equal Senior High School. This research has done in Jembar KabisaSociety Activity Study Center, Sukahayu Village, Rancakalong Subdistrict-Sumedang. This research aims to know role of Jembar KabisaSociety Activity Study Center to foster an interest of read to citizen, specially for Paket C study group. This research was done begin April until June 2012 with main resources are students of Paket C study group in 1, 2, and 3 class with 34 students. An interest of read from citizen is encouraged by several components, that are teaching and learning process that has applied, facilities and role of employees. Result of this research has shown that from learning process, as much as 76,5% of respondens said that the curriculum was applied in Society Activity Study Center been appropriate with competence standard. 50% of respondens said that Taman Bacaan Masyarakat (TBM) encourages learning process and other activity like reading. For employees (teachers), 79,4% of respondens said that teachers always recomend kind of literatures which can be learn and read by citizen. The research can be conclution that PKBM or Jembar KabisaSociety Activity Study Center have important role in fostering an interest of read to citizen.
  • Item
    Persepsi Pemustaka Terhadap Sistem Layanan Terbuka di Perpustakaan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Bandung
    (2012-08-07) DEDE W ARAFAT; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap sistem layanan terbuka di LAPAN Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif perpustakaan LAPAN Bandung dan semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 50 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik pengambilan datanya melalui kuisioner, wawancara, observasi serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap koleksi, fasilitas, dan staf dalam sistem layanan terbuka ditinjau dari faktor Attitude (sikap) adalah baik. Persepsi pemustaka terhadap koleksi, fasilitas, dan staf dalam sistem layanan terbuka ditinjau dari faktor Motive adalah baik. Persepsi pemustaka terhadap koleksi, fasilitas, dan staf dalam sistem layanan terbuka ditinjau dari faktor Interest adalah baik. Persepsi pemustaka terhadap koleksi, fasilitas, dan staf dalam sistem layanan terbuka ditinjau dari faktor Experience adalah baik. Persepsi pemustaka terhadap koleksi, fasilitas, dan staf dalam sistem layanan terbuka ditinjau dari faktor Expectation adalah baik. Kesimpulan Penelitian adalah persepsi pemustaka terhadap sistem layanan terbuka di perpustakaan LAPAN Bandung adalah baik. ABSTRACTThe aim of this research is to find out how library’s users perceptions toward the LAPAN library’s opened access system. The research method isdescriptive method. The population is all library’s active users of LAPANBandung and the number is 50. All population member become respondent. Thetechnique of data analysis is descriptive analysis with Questioner, interview,observation and literature study. This research result shows that user’sperception towards collections, facilities, and staff by Attitude factor in openedaccess system is good. User’s perception towards collections, facilities, and staffby Motive factor in opened access system is good. User’s perception towardscollections, facilities, and staff by Interest factor in opened access system is good.User’s perception towards collections, facilities, and staff by Experience factor inopened access system is good. User’s perception towards collections, facilities,and staff by Expectation factor in opened access system is good. So, theconclusion of the research is the library’s users perceptions towards the LAPANlibrary’s opened access system is good.
  • Item
    SISTEM KEAMANAN KOLEKSI DALAM MENCEGAH TINDAKAN VANDALISME dan PENCURIAN KOLEKSI OLEH PEMUSTAKA di PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
    (2013-04-23) HARDI PRASETYO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    Penelitian ini meliputi bagaimana sistem keamanan koleksi dalam mencegah tindakan vandalisme dan pencurian koleksi oleh pemustaka di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui aspek keamanan fisik, aspek penerapan teknologi, dan kebijakan sistem keamanan serta prosedur dalam upaya penanganan dalam tindakan vandalisme dan pencurian koleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi terhadap objek yang diamati, melakukan wawancara dengan pihak informan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia, serta studi pustaka. Hasil penelitian ini bahwa dalam aspek keamanan fisik, Perpustakaan UPI sudah melakukan penataan pintu akses, pengamanan jendela, penyediaan ruang jaga, penyediaan rambu-rambu perpustakaan, serta penempatan petugas keamanan di setiap ruang jaga. Sementara itu, dalam aspek penerapan teknologi keamanan koleksi, Perpustakaan UPI sudah memanfaatkan RFID, Alarm Gate dan CCTV. Kemudian, dalam hal kebijakan sistem keamanan dan prosedur penanganan kasus tindakan vandalism dan pencurian, Perpustakaan UPI memberikan nasihat atau arahan kepada pelaku, lalu Perpustakaan UPI memberitahukan kepada ketua program studi yang bersangkutan untuk ditindaklanjuti.
  • Item
    PEMANFAATAN SITUS http://students.unpad.ac.id UNTUK KEBUTUHAN INFORMASI AKADEMIK OLEH MAHASISWA FIKOM UNPAD
    (2012-08-03) RESTU MELSYA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang “Pemanfaatan Situs http://students.unpad.ac.id Untuk Kebutuhan Informasi Akademik Mahasiswa Fikom Unpad†, di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Jatinangor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan situs http://students.unpad.ac.id untuk kebutuhan informasi akademik terhadap isi situs, kebutuhan kognitif, afektif dan integrasi personal. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 R FIKOM angkatan 2010. Sampel yang diambil sebanyak 82 orang responden. Sampel diambil menggunakan Quota sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, observasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa situs http://students.unpad.ac.id baik dan dimanfaatkan oleh pengguna atau mahasiswa sebagai informasi akademik yang dilihat dari aspek isi, yaitu (kelengkapan,keaktualan dan aktualisasi) dapat dikatakan baik dan bermanfaat oleh pengguna, pengguna merasakan situs ini dapat memenuhi kebutuhan informasi akademik. Dilihat dari kebutuhan Kognitif pengguna atau mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan kognitif, dapat dikatakan baik dan bermanfaat oleh pengguna yang dapat memberikan pengetahuan tentang perkembangan informasi akademik dan mampu memenuhi kebutuhan informasi akademik. Dilihat dari kebutuhan Afektif dengan mengakses situs ini, dapat memenuhi kebutuhan informasi akademik pengguna sehingga dapat menimbulkan perasaan senang saat membuka situs. Dan dilihat dari kebutuhan informasi personal dinilai baik dan dimanfaatkan oleh pengguna, yang dapat dilihat dari bagaimana pengguna dalam memanfaatan situs ini dan pihak pengelola dapat menyajikan informasi akademik yang dibutuhkan oleh pengguna. Sehingga dari informasi yang telah disajikan dan ditampilakan, akan timbul kepercayaan dari pengguna terhadap situs student unpad ini. Kata Kunci : Situs http://students.unpad.ac.id, Informasi Akademik ABSTRACT This study discusses the "Use of the Site http://students.unpad.ac.id For Student Academic Information Needs FIKOM Unpad", Faculty of Communication at the University of Padjadjaran Jatinangor. The purpose of this study was to find out how to use the site http://students.unpad.ac.id for academic information needs for ontent, cognitive needs, affective and personal integration. The method used is descriptive quantitative method. The population in this study were students FIKOM force S1 R 2010. Samples taken by 82 respondents. Samples were taken using a Quota sampling.Teknik the data collection used questionnaires, nterviews, observation and literature study. From the results of the study oncluded that both sites http://students.unpad.ac.id and utilized by the user or tudent academic information is viewed as an aspect of the content, namely completeness, and actuality actualization) can be said to be good and useful by he user, the user feel the site can meet the needs of academic information. Cognitive views of the user or student needs to meet the cognitive needs, it can be aid to be good and useful to users who can provide information about the development of academic knowledge and is able to meet the needs of academic nformation. Judging from the affective needs by accessing this site, can meet the needs of academic information so that users can create a sense of excitement when opening the site. And views of personal information needs better assessed and utilized by the user, which can be seen from how users in memanfaatan this ite and the manager can provide academic information needed by the user. So hat from the information that has been presented and ditampilakan, will arise the rust of the users of this site unpad student. Key words: Site http://students.unpad.ac.id, Academic Information
  • Item
    Pengaruh Tata Ruang Terhadap Motivasi Berkunjung
    (2012-09-07) IRFAN FAUZI MAULANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
  • Item
    Perilaku Pencarian Informasi Melalui Internet Oleh Fanbase Boyand Super Junior
    (2012-08-08) ESHA MUSTIKA DEWI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai Perilaku Pencarian Informasi Melalui Internet Oleh Fanbase Boyband Super Junior dan bertujuan untuk mengetahui tahap starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, dan ending dalam kegiatan pencarian informasi tentang boyband Super Junior oleh member ELF Bandung. Populasinya sebanyak 500 orang dan yang dijadikan responden penelitian sebanyak 84 orang. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Pembagian angket dilakukan secara aksidental yang didasarkan pada kemudahan (convenience) yaitu dengan cara posting di Grup Facebook ELF Bandung kemudian peneliti mengirimkan file angket lewat e-mail kepada masing-masing member yang bersedia mengisi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perilaku pencarian informasi telah menjadi bukti nyata adanya motif pemenuhan kebutuhan informasi tentang boyband Super Junior oleh member ELF Bandung. Umumnya internet digunakan sebagai media informasi utama member ELF Bandung dengan alasan kemudahan, kecepatan dan keragaman bentuk informasinya. Kata Kunci: Perilaku Pencarian Informasi, Internet, ELF Bandung, Super Junior ABSTRACT This research discuss about Information Seeking Behavior Through the Internet By Boyband Super Junior fanbase and aims to determine the stage of starting, chaining, browsing, differentiating, monitoring, extracting, verifying, and ending in the information search activities about boyband Super Junior by member of ELF Bandung. The population are 500 peoples and it used 84 respondents. The method used descriptive survey. Techniques of data collection conducted by distributing questionnaires, observation, interview and literature study. Accidental distribution of questionnaires carried out based on convenience (convenience) that is by posting on the facebook group of ELF Bandung later researchers sent questionnaires via e-mail to each member who is willing to fill. The study concluded that information seeking behavior has become obvious evidence of motive on the information needs about boyband Super Junior by member of ELF Bandung. Generally, the Internet is used as the main information media by member of ELF Bandung because of convenience, speed and diversity forms of information. Key Words: Information Seeking Behavior, Internet, ELF Bandung, Super Junior
  • Item
    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SIRKULASI TERHADAP PENCITRAAN PERPUSTAKAAN INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI (IPDN) JATINANGOR
    (2012-08-01) IIN SUPRIATIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap pembentukan, memelihara, dan merubah persepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan diantaranya penyebaran angket, observasi, dan wawancara serta studi kepustakaan. Adapun jumlah populasi dari penelitian ini adalah 3668 orang, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melalui probability sampling, melalui sampel random sederhana. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai dengan Juli 2012. Data diolah dengan menggunakan SPSS 13. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dalam penelitian ini, digunakan uji statistik regresi Linier Sederhana, Koefisien Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi, dan uji hipotesis. Analisis hasil pengujian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap pembentukan, memelihara, dan merubah persepsi. Artinya tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terdapat pengaruh yang baik terhadap pembentukan, memelihara dan merubah persepsi pada perpustakaan Institut pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap pembentukan, memelihara, dan merubah persepsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan diantaranya penyebaran angket, observasi, dan wawancara serta studi kepustakaan. Adapun jumlah populasi dari penelitian ini adalah 3668 orang, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah melalui probability sampling, melalui sampel random sederhana. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai dengan Juli 2012. Data diolah dengan menggunakan SPSS 13. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dalam penelitian ini, digunakan uji statistik regresi Linier Sederhana, Koefisien Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien Determinasi, dan uji hipotesis. Analisis hasil pengujian bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap pembentukan, memelihara, dan merubah persepsi. Artinya tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terdapat pengaruh yang baik terhadap pembentukan, memelihara dan merubah persepsi pada perpustakaan Institut pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor.
  • Item
    Transformasi Digital Dengan Metode Reprografi Dalam Upaya Preservasi Koran Langka Pada Perpustakaan Nasional RI
    (2013-03-22) GUNAWAN TRIWIBISANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Gunawan Triwibisana. 210211100022. 2013. Departemen Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul penelitian, Transformasi digital dengan metode reprografi dalam upaya preservasi Koran langka pada Perpustakaan Nasional RI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pelestarian kandungan informasi pada koran langka di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yaitu menggunakan metode reprografi dalam hal ini menggunakan kamera Digital SLR, selain itu peneliti ingin mengetahui kebijakan pelestarian koran langka serta prosedur teknik transformasi digital itu sendiri. Peneliti memfokuskan pada kebijakan transformasi digital menggunakan metode reprogarfi, serta bagaimana gambaran proses transformasi digital koran langka menggunakan metode reprogarfi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan study kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung, wawancara mendalam dan studi pustaka. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan triangulasi yaitu menggabungkan data di lapangan, teori yang ada serta pendapat pakar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode reprogarfi, dalam pelaksanaan proses transformasi digital koran langka, dilihat dari kualitas format digital yang dihasilkan mempunyai nilai daya tarik bagi pengguna, serta efisiensi proses transformasi digital itu sendiri. Berdasarkan kebijikan yang diterapkan dalam proses transformasi digital koran langka, memberikan kinerja yang maksimal serta pelaksanaan yang terarah.
  • Item
    PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS AKTIF
    (2012-08-01) HAYATURRAHMI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini membahas mengenai Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana penciptaan, penyimpanan, penemuan kembali, pemeliharan dan pengamanan, serta penyusutan arsip selama kegiatan pengelolaan arsip dinamis aktif berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada Unit Kearsipan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dinamis aktif pada Unit Kearsipan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat sudah melaksanakan pengelolaan arsip, namun belum berjalan dengan maksimal, hal ini dibuktikan bahwa kurangnya fasilitas kearsipan, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai latar belakang ilmu kearsipan. Kata Kunci: Arsip, Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat ABSTRACT This study discusses the Dynamic Active Records Management Personel Agency in West Java Province. The purpose of this study was to find out how your creation, storage, recovery, maintenance and security, as well as depreciation records for active records management activities take place. The research was carried out on Archival Unit Personnel Agency of West Java Province. The method used in this study is a qualitative descriptive. Techniques of data collection by interview, observation and literature study. The results of this study indicate that the management of active records in the Archives Unit of the Regional Civil Service Agency of West Java Province has implemented the management of archives, but have not gone up, it is proved that the lack of archival facilities, lack of human resources (HR) that have a science background archives. Keywords: Archives, Records Management Dynamic Active, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat
  • Item
    Perilaku Pencarian Informasi Dalam Bentuk Ebook Di Kalangan Mahasiswa
    (2012-10-04) PUTRI ACHLINA TITI VANNI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perilaku Pencarian Informasi dalam Bentuk Ebook Di Kalangan Mahasiswa. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tahapan dari perilaku pencarian informasi yang dikemukakan Carol Kuhlthau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Teknologi Industri ITB angkatan 2009. Sampel yang diambil sebanyak 80 responden. Sampel diambil menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, studi pustaka, dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada tahap awal persiapan pencarian informasi terlebih dahulu mahasiswa tersebut memahami informasi yang dibutuhkannya, mereka masih merasakan kebimbangan terhadap masalah yang akan dicari dan untuk strategi awal mereka merenungkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Mahasiswa memilih informasi yang bermanfaat dan yang sesuai dengan kebutuhan, dan tujuan dari informasi yang dicari adalah untuk tugas perkuliahan. Mereka mengenali beberapa kemungkinan fokus untuk mempermudah dalam kegiatan penjelajahan informasi dan mereka mengalami kendala teknis, seperti ketiadaan jaringan sebagai faktor penghambat dalam kegiatan penjelajahan. Mahasiswa menggunakan e-mail dalam merumuskan strategi penelusuran informasi dan menentukan subjek adalah query yang digunakan, perasaan optimis akan mendapatkan informasi timbul pada tahap ini. Mahasiswa mengumpulkan berbagai informasi yang relevan dengan kebutuhan dan informasi disimpan pada media lain seperti flashdisk, laptop, dan lainnya. Mereka merasa puas akan informasi yang telah didapatkan dan melakukan presentasi di kelas dengan menggunakan media tertentu untuk menyajikan informasi yang telah didapatkan. ABSTRACT undefined" style="font-size:12.0pt;line-height:115%;font-family:`Times New Roman`,`serif`" mso-bidi-font-style:normal""=""> This study aims to determine the behavior of the Information Search Among College Students In Ebook Form. The method used in this thesis is a quantitative descriptive method. Study of the theory used in this study is the theory of stages of information seeking behavior expressed Carol Kuhlthau. The population in this study were students of the Faculty of Industrial Technology ITB S1 class of 2009. Sampling is taken by 80 respondents. Sampling was taken using accidental sampling. Data collection techniques used are questionnaires, literature, and observation. The conclusion of this research is at an early stage of preparation of students prior information search is to understand the information they need, they still feel the indecision of the problem to be sought and to reflect on their initial strategy of information that fits your needs. Students choose the information useful and appropriate to the needs and goals of the information sought is for the lecture task. They recognize some of the possibilities to facilitate the focus of exploration activities and the information they are having technical problems, such as the absence of a network as an inhibiting factor in exploration activities. Students use e-mail in formulating strategies and information retrieval query to determine the subject is used, the sense of optimism will get information arise at this stage. Students gather information relevant to the needs and the information stored on other media such as flash, laptops, and more. They feel satisfied with the information that has been obtained and presented in class by using a specific media to present information that has been obtained.
  • Item
    MANAJEMEN DOKUMEN DALAM PROSES PEMBELIAN KENDARAAN MOTOR DI PT. BINTANG MOTOR JAYA (HONDA) CABANG CIKARANG
    (2012-08-07) FURRY MAYRISKA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses manajemen dokumen dalam menunjang pembelian kendaraan motor di PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Cabang Cikarang. Dalam penelitian ini ada empat aspek yang diteliti yaitu: Proses pengumpulan dokumen, proses pencatatan/registrasi dokumen, proses penyimpanan dokumen, dan proses penyajian dokumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana data yang diperoleh disusun dan dianalisa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi langsung dan studi kepustakaan. Adapun yang menjadi key informan dalam penelitian ini adalah kepala administrasi ,staf administrasi dan sales counter PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Cabang Cikarang yang dapat memberikan informasi mengenai hal-hal yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masih perlunya perhatian lebih dalam manajemen dokumen khususnya proses penyimpanan dokumen. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan manajemen dokumen merupakan aspek yang dapat menunjang proses pembelian kendaraan motor di PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Cabang Cikarang. Kata Kunci: Manajemen Dokumen, PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Cabang Cikarang, Pembelian Motor. ABSTRACT The purpose of this research is to find out about managemen of document in supporting the purchase of motor vehicles in the PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Branch Cikarang. In this research there are four aspect that are: The document collection process, the process of recording / registration document, the document storage process, and the presentation of the document. Method wich is used in this research is deskriptive quakutative, where obtained to be data to be compiled and analysed. Data collecting in this research is conducted with in-depth interviews, direct observation and literature study. Mean while the key informants in this research are the administrative head, administrative staff, sales counter of PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Branch Cikarang wich can give the writer information about the things in this research. The results of this research indicate that there is still need for more attention in particular document management document storage process. The conclusion of this research tell us that the managemen document which support the process of purchasing motor vehicles in the PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Cikarang Branch. Keyword: Document Management, PT. Bintang Motor Jaya (HONDA) Cikarang Branch.Purchase Of The Motor.
  • Item
    PERANAN WEBSITE pariwisata.garutkab.go.id DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI PENGGUNA
    (2012-08-03) SYAMSUL HUDA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini adalah mengenai bagaimana website pariwisata.garutkab.go.id berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana isi informasi, kegunaan informasi, dan desain visual yang terdapat pada website berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan atau memaparkan variabel-variabel yang menjadi objek penelitiannya. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dari dua sumber yaitu data primer yang diperoleh melalui angket metode purposive samling dengan jumlah responden 38 orang, dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dengan pihak pengelola website pariwisata.garutkab.go.id, observasi di lapangan, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengguna website pariwisata.garutkab.go.id menilai isi informasi, kegunaan informasi, dan desain visual sudah cukup baik dalam memenuhi kebutuhan informasi. Keyword : website, kebutuhan informasi ABSTRACT This study is about how the website pariwisata.garutkab.go.id role in meeting the information needs of users. The purpose of this study was to determine the extent to which the content of information, usefulness of information, and visual design on the website to satisfy the information needs of users. The method used is descriptive research is to describe or explain dimagsudkan variables that the object of research. Data collection techniques used in this study come from two sources, namely from the primary data obtained through the questionnaire method of purposive Samling by the number of respondents 38 people, and secondary data obtained through interviews with the manager pariwisata.garutkab.go.id website, observations in field, as well as library research. The results suggest that users of the website pariwisata.garutkab.go.id assess the information content, usability of information, and visual design is good enough to meet the information needs. Keyword : website, informational needs
  • Item
    KUALITAS LAYANAN JURNAL ELEKTRONIK PERIKANAN DI PERPUSTAKAAN P4KSI JAKARTA SELATAN
    (2012-08-03) WIDYA WAHYUNI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan jurnal elektronik perikanan di Perpustkaan P4KSI. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Populasi penelitian ini adalah pengunjung Perpustakaan P4KSI, sedangkan teknik penarikan sampel menggunakan teknik sensus dengan jumlah responden 55 orang. Data dianalisis secara deskriptif dan tabulasi silang. Metode pengukuran yang digunakan adalah E-ServQual, yaitu metode pengukuran kualitas layanan elektronik terhadap tujuh dimensi layanan elektronik, yaitu 1). efisiensi (2). Reliabilitas(3). Fulfillment, (4). Privasi,(5). Responsiveness (6) Kompensasi, (7) Kontak. Responden diminta menilai kualitas layanan jurnal elektronik dalam memenuhi kebutuhan informasi peneliti. Hasil dari penelitian ini kualitas layanan jurnal elektronik perikanan berdasarkan dimensi efisiensi memiliki kebutuhan informasi sangat baik, berdasarkan dimensi reliabilitas adalah baik, berdasarkan dimensi fullfillment adalah baik, berdasarkan dimensi privasi adalah yang baik, berdasarkan dimensi responsiveness adalah baik, berdasarkan dimensi kompensasi adalah baik, dan berdasarkan dimensi kontak memiliki kualitas yang baik. Kata kunci : Jurnal, Jurnal Elektronik, Kualitas layanan ABSTRACT This study aims to determine how the electronic journal service quality fishery. The research method used was quantitative studideskriptif. Techniques of data collection is done through questionnaires, observations, interviews, and book study. The study population was P4KSI Library visitors, while the sample selection techniques menggunakanteknik census by the number of respondents 55 people dandianalisis the data presented in a descriptive and cross tabulation. Measurement method used is E-SERVQUAL, the method of measuring the quality of electronic services to the seven dimensions of electronic services, namely 1). efficiency (2). Reliability (3). Fulfillment, (4). Privacy, (5). Responsiveness (6) Compensation, (7) contacts. Respondents were asked to rate the quality of the electronic journal services in meeting the information needs of researchers. Respondents were asked to assess the scale of 1-5, the lowest value of 1 and 5 the highest score. The results of this research service quality electronic journal of fisheries based on the dimensions of efficiency has good demand, based on the dimensions of reliability has good, based on the dimensions of fullfillment has good, based on the dimensions of privacy has goodbased on the dimensions of responsiveness has good, based on the dimensions of compensation has good, and based on the dimensions of the contact has good Key words: Journal, Electronic Journal, Quality Of Services.
  • Item
    PRESERVASI PENGETAHUAN MASYARAKAT MINANGKABAU TENTANG TRADISI LISAN PASAMBAHAN MELALUI KEGIATAN EXHANGE OF INDIGENOUS KNOWLEDGE
    (2012-08-02) M FADLI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan masyarakat Kelurahan Koto Salayan Kota Bukittinggi dalam melestarikan tradisi pasambahan melalui kegiatan exchange of indigenous knowledge. Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu konsistensi masyarakat Kelurahan Koto Salayan Kota Bukittinggi dalam menyelenggarakan dan melestarikan tradisi pasambahan, meskipun tradisi tersebut sudah mulai ditinggalkan oleh segenap masyarakat di Minangkabau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan exchange of indigenous knowledge dilakukan sebagai berikut ini: (1) Identifikasi dan mengenali tradisi pasambahan dilakukan melalui observasi melihat aktivitas budaya, fungsi dan topik dalam sebuah upacara adat; (2) Validasi pengetahuan pasambahan dilihat dari fungsi pasambahan sebagai wadah komunikasi dalam musyawarah, relevansi dan realibility terhadap upacara malapeh marapulai; (3) Pengetahuan direkam dan didokumentasikan oleh individu, lembaga dengan hasil audio berbentuk kaset tape, visual dalam bentuk buku, dokumen tulisan tangan dan audio-visual berbentuk video; (4) Pengetahuan pasambahan disimpan pada perpustakaan pribadi, LKAAM dan daerah, koleksi yang disimpan berbentuk buku; (5) Transfer pengetahuan dilakukan dalam kelompok dengan konversi pengetahuan secara socialization, internalization, dan externalization, (6) Penyebaran pengetahuan pasambahan dilakukan dalam bentuk perlombaan antar kelurahan, seminar, lokakarya dan publikasi pada website Kota Bukittinggi. Kata-kata Kunci: pengetahuan lokal, tradisi lisan, pertukaran pengetahuan, pasambahan, minangkabau. ABSTRACT This research is aimed to analyze and examine the social issues of the preservation of Pasambahan tradition through the activities exchange of indigenous knowledge surrounding the society of Koto Salayan Kurai Limo Jorong, Bukittinggi City. This research is based on the background of the society in Koto Salayan that showed consistency preserving of Pasambahan even thought it had already been abandoned by apart of community in Minangkabau society. A method used in this research is qualitative method with case study approach. The data were gathered by doing observation, interviews, and documentation studies. The result of this research showed that the exchange of indigenous knowledge activities carried out some aspects include: (1) identifying and recognizing the tradition of Pasambahan conducted through observation of cultural activities, functions, and topics in traditional ceremonies; (2) the validation of knowledge about Pasambahan acquired from its function as a tool of communication in discussion and reliability toward Malapeh Marapulai ceremony; (3) the knowledge recorded and documented by individuals and institutions. The output was in several forms: cassette (audio); books (visual), handwritten documents and audio-visual (video); (4) the knowledge of Pasambahan was kept in personal library, LKAAM and districts concerned. The collection was kept in the form of the book; (5) knowledge transfer and exchange was conducted in a group converted into socialization, internalization, and externalization, (6) dissemination of knowledge about Pasambahan was conducted in inter-village competitions, seminars, workshops and publications on the official website of Bukittinggi. Keywords: Indigenous Knowledge, Oral Tradition, Knowledge Exchange, Pasambahan, Minangkabau.
  • Item
    LITERASI INFORMASI DAN MEDIA BAGI SISWA DALAM MENUNJANG PENGERJAAN TUGAS SEKOLAH
    (2012-08-01) RIZKI NUR ISLAMININGSIH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Dosen
    ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Literasi Informasi dan Media Siswa Untuk Menunjang Pengerjaan Tugas Sekolah melalui Studi Survei Deskriptif Mengenai Literasi Informasi dan Media Siswa Program Reguler Sekolah Menengah Atas Al-Ma soem Dalam Mengerjakan Tugas Bahasa Arab. Inti dari literasi informasi dan media adalah kemampuan seseorang untuk memahami kebutuhan informasi, mencari informasi dari berbagai sumber, menggunakan informasi secara efektif dan efisien serta mengevaluasi penggunaan informasi tersebut. Kuesioner yang memuat 33 indikator literasi informasi dan media dari UNESCO telah dibagikan kepada 84 siswa dengan cara random sampling. Kesimpulan yang didapat berdasarkan survei deskriptif menunjukan sebagian besar siswa telah memiliki kemampuan dan memahami kebutuhan informasi, yakni tugas bahasa Arab. Siswa juga telah mampu dalam menentukan lokasi dan mengakses berbagai sumber informasi, menggunakan dan mensintesis informasi serta mengevaluasi efektivitas dan efisiensi informasi yang telah mereka dapatkan dalam mengerjakan tugas bahasa Arab. Namun demikian dalam hal strategi pencarian infromasi siswa belum menunjukan kemampuan yang tinggi. Kata kunci : Literasi, Informasi, Media, Siswa ABSTRACT The title of this research aims to know Media and Information Literacy of Student to Support Finishing School Task with Survey Descriptive Study Concerned in Media and Information Literacy of Regular Student in Al-Ma soem Senior High School to finish Arabic Task. The core of Media and Information Literacy is an ability of someone to how understand what kind of information needed, how to get information in kind of media, to use that information in effective and efficient way and to evaluate utilization that information. Questionnaire that has 33 indicators media and information literacy from UNESCO was spread out to 84 students with random sampling. A descriptive method has shown that most students have ability to understand the information they need, in defining Arabic Task. The students also have the ability to decide location and access information resources, use information, do synthesis and evaluate effectiveness and efficiency of information which they have gotten to finish Arabic Task. Except in information-seeking strategies, students haven t shown a good ability. Keyword : Literacy, Information, Media, Student