PERILAKU PENCARIAN INFORMASI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGGUNA ONLINE SHOP DI INSTAGRAM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pencarian informasi mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka tentang online shop di Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini merupakan survey deskriptif. Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah information serach prosess yang dikemukakan oleh Carol Kuhlthau. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini mengemukakan bahwa dalam tahap awal pencarian informasi, mahasiswa telah mengetahui tentang informasi yang mereka inginkan, dan langsung melakukan pencarian informasi dimedia sosial instagram dengan menggunakan fasilitas explore. Dalam tahap pemilihan informasi, mahasiswa banyak mencari informasi tentang perkembangan fashion yang didasari oleh rasa ingin tahu mereka. Dalam tahap penjelajahan informasi, mahasiswa banyak mendapatkan informasi awal dari informasi yang beredar di instagram. Secara seksama mereka melakukan pencarian tentang informasi yang sedang mereka butuhkan. Sehingga mereka menemukan adanya kendala dengan terlalu banyaknya pilihan akun online shop. Dalam tahap penyususnan informasi, mahasiswa akan mencari tahu testimoni produk dari pembeli sebelumnya di beberapa akun online shop. Selanjutnya melihat harga dan kualitas barang yang ditawarkan. Dalam tahap pengumpulan informasi, mereka akan melakukan screen shoot gambar dan informasi barang atau akun online shop tersebut, lalu akan menyimpannya kedalam galeri handphone mereka. Dalam tahap penyajian informasi, mereka akan membagikan diberbagai informasi yang telah ditemukan dimedia sosial. Informasi yang mereka temukan digunakan untuk melakukan perbandingan harga dengan akun online shop sejenis dan melakukan diskusi dengan teman atau kerabat mereka.

Description

Keywords

tahap pencarian informasi, pemenuhan kebutuhan informasi diinstagram, online shopping

Citation