HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
No Thumbnail Available
Date
2018-03-08
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi informasi dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Cibinong, Kabupaten Bogor. Model literasi yang digunakan dalam Penelitian ini adalah The Big6 yang terdiri dari kemampuan definisi tugas, strategi pencarian informasi, lokasi dan akses, pemanfaatan informasi, sintesis, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Penelitian survey eksplanatori. Analisis korelasional pada Penelitian ini menggunakan Rank Spearman Rho. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI dan XII dengan menggunakan Teknik simple random sampling. Responden yang dijadikan sampel Penelitian berjumlah 88 responden yang terdiri dari kelas XI berjumlah 34 responden dan XII berjumlah 54 responden. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan literasi informasi dengan prestasi belajar siswa SMAN 1 Cibinong dengan nilai korelasi yang tinggi yaitu sebesar 0.666. Kesimpulan Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sudah menerapkan kemampuan literasi informasi dalam proses pembelajaran di sekolah sehingga memperoleh prestasi belajar yang baik.
Description
Keywords
literasi informasi, model literasi the big6, prestasi belajar