ANALISIS PENGENDALIAN DOKUMEN PESAWAT N219 NURTANIO DI PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengendalian dokumen pesawat serta menemukan dan mengkomunikasikan risiko peringkat tertinggi yang mungkin akan terjadi dan menyebabkan terganggunya proses pengendalian dokumen pesawat N219 Nurtanio di Unit Engineering Data Management (EDM) PT. Dirgantara Indonesia (Persero). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengendalian sesuai dengan sertifikasi CASR Part 21 serta terdapat lima aktivitas pengendalian dokumen pesawat N219 Nurtanio yang memiliki peringkat dengan risiko tertinggi yaitu terjadinya dokumen ganda dalam server lokal Engineering Data Management (EDM); terjadinya penyalahgunaan dokumen rahasia pesawat N219 Nurtanio; penyebarluasan informasi pesawat ke pihak luar sehingga terjadi kebocoran informasi negara akan proyek kegiatan pesawat N219 Nurtanio; terdapat dokumen pesawat N219 Nurtanio tercampur antara dokumen kadaluarsa dengan dokumen terbaru atau revisi terbaru; dan terjadinya penumpukan master dokumen pesawat N219 Nurtanio lama. Kelima risiko tersebut diberikan treatment untuk mengurangi atau menghilangkan risiko tersebut. Treatment yang diusulkan diharapkan dapat mengatasi terjadinya risiko lebih lanjut dan dapat dikomunikasikan oleh Engineering Data Management (EDM) bersama unit lainnya.

Description

Keywords

pengendalian dokumen, pesawat N219 Nurtanio, risiko

Citation