Faktor Intervening dalam Mencari Sumber Informasi

Abstract

Perpustakaan elektronik keliling (pusteling) merupakan sebuah program yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi informasi/internet dan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Penelitian ini menguji teori perilaku pencarian informasi Ellis. Berdasarkan teori Ellis, perilaku pencarian pada tahap starting tidak dapat langsung menuju tahap differentiating, melainkan harus melalui intervening. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan starting dengan differentiating melalui browsing, chaining, monitoring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 139 Jakarta dengan teknik sampel menggunakan tabel sampling error, ukuran sampel, dan proporsi binomial 60/40 dan n sebanyak 200. Pengukuran data menggunakan skala nominal dengan 2 alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Analisis inferensial menggunakan chi kuadrat dan koefisien kontingensi C. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mencari informasi siswa sangat memperhatikan kebaruan informasi yang dicari, namun siswa tidak mampu memilih informasi dengan baik. Walaupun begitu siswa merasa senang dan puas karena pengetahuan bertambah.

Description

Keywords

Perilaku Pencarian Informasi, Kebutuhan Informasi, Perpustakaan Elektronik Keliling

Citation