Hubungan Kualitas Informasi E-commerce Shopee dengan Kepuasan Konsumen
No Thumbnail Available
Date
2022-03-22
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kualitas informasi pada e-commerce Shopee dengan kepuasan konsumen. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara kualitas informasi yang dimiliki oleh e-commerce Shopee dengan kepuasan konsumennya. Pengukuran kualitas informasi menggunakan teori Burch dan Grudnitski yang terdiri dari keakuratan informasi, ketepatan waktu informasi, dan relevansi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis korelasi Pearson Product Moment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Responden yang dipilih adalah pengikut akun instagram @sobatshopee yang berjumlah 123.000 orang, serta pemilihan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simpel random sampling dengan jumlah sebanyak 100 orang. Hasil uji hipotesis yang pertama menunjukkan bahwa variabel keakuratan informasi berhubungan signifikan dengan kepuasan konsumen, koefisien korelasi sebesar 0,640 berada dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis kedua juga menunjukkan hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu informasi dengan kepuasan konsumen, koefisien korelasi sebesar 0,605 berada dalam kategori sedang. Begitu juga dengan hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan hubungan yang signifikan antara relevansi informasi dengan kepuasan konsumen, koefisien korelasi sebesar 0,722 berada dalam kategori tinggi.
Description
Keywords
kualitas informasi, kepuasan konsumen, Shopee