STRATEGI MANAJEMEN PARAHYANGAN TV SUMEDANG DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA
No Thumbnail Available
Date
2019-09-12
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Ade Nasihudin Al Ansori, 210610150022, 2019. Skripsi ini berjudul “Strategi Manajemen Parahyangan TV Dalam Mempertahankan Eksistensinya (Studi Deskriptif Tentang Strategi Manajemen Parahyangan TV Sumedang Dalam Mempertahankan Eksistensinya)”. Pembimbing utama Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S. Sos, SH, M. Si dan pembimbing kedua Andika Vinianto Adiputra, S. Sos, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen PAR TV dalam mempertahankan eksistensinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik deskriptif. Objek penelitian adalah stasiun TV lokal di Sumedang, Parahyangan TV (PAR TV). Hasil penelitian ini adalah, strategi bisnis yang digunakan PAR TV adalah (1) fokus terhadap konten kearifan lokal, (2) melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah, (3) meningkatkan kualitas siaran dengan melakukan pelatihan rutin terhadap karyawan, (4) menjalin komunikasi yang baik dengan pusat, dan (5) menentukan target-target yang harus dicapai. Simpulan dari penelitian ini adalah strategi utama yang dilakukan PAR TV berupa pemfokusan program-programnya pada konten bermuatan seni, budaya, dan kearifan lokal. Saran peneliti adalah pemanfaatan media sosial atau media dalam jaringan yang harus ditingkatkan oleh PAR TV. Hal ini berguna untuk branding dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi untuk khalayak.
Kata kunci: media, lokal, strategi, bisnis, eksistensi.
Description
Keywords
media, lokal, strategi