GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA BEKERJA YANG MEMILIKI ANAK USIA PRASEKOLAH YANG DITITIPKAN DI DAYCARE KOTA BANDUNG

Abstract

Orang tua sebagai pendidik utama pada anak tentunya harus memberikan pola asuh yang terbaik bagi anak guna menunjang proses perkembangan. Fenomena yang terjadi saat ini adalah kesibukan kedua orang tua yang bekerja sehingga perkembangan anak tidak terpantau secara optimal dan memilih daycare sebagai pelengkap terhadap asuhan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pola asuh orang tua bekerja yang memiliki anak usia prasekolah yang dititipkan di daycare. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden 36 orang (salah satu orang tua anak antara ayah atau ibu yang menitipkan anak di daycare). Penelitian ini menggunakan instrumen Pola Asuh Anak Pada Usia Prasekolah yang diadaptasi dari teori Maccoby dan Martin (1983) dan dikembangkan oleh Chadijah (2009). Instrumen ini terdiri dari 2 dimensi dengan 53 item pernyataan yang memiliki nilai validitas 0,768 dan nilai reliabilitas 0,793. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Data yang terkumpul dianalisa dengan hasil ukur kategorisasi sehingga didapatkan hasil bentuk pola asuh yang diterapkan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan bentuk pola asuh yang diterapkan oleh orang tua pada anak usia prasekolah di Growing Tree Daycare and Preschool dan Pusat Penitipan Anak (PUSPA) Sehat Universitas Padjadjaran adalah pola asuh authoritative (100%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh yang diberikan oleh orang tua sudah baik dan perlu dipertahankan karena pola asuh authoritative merupakan predictor dari bentuk pola asuh lainnya sehingga penerapan warmth dan control pada anak seimbang.

Description

Keywords

balita, daycare, orang tua bekerja

Citation

Collections