GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAK PRASEKOLAH DI TK ARRUQOYAH DESA
No Thumbnail Available
Date
2019-10-24
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Orang tua adalah guru terbaik untuk anak-anaknya, maka dari itu orang tua merupakan pusat sentral yang dijadikan sorotan dalam perkembangan anak. Oleh karena itu model perilaku pola asuh orang tua baik langsung atau tidak langsung akan dipelajari dan ditiru oleh anak-anaknya Di TK Arruqoyah Desa Solokanjeruk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua pada anak prasekolah di TK Arruqoyah Desa Solokanjeruk
Rancangan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran atau uraian suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Pengambilan sample pada penelitian ini menggunakan tekhnik total sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner PAQ atau Parental Authority Questionnaire yang dikembangkan oleh Burri (1991) yang berjumlah 30 pernyataan dengan menggunakan skala likert. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis unviariat dengan distribusi frekuensi
Hasil penelitian pada gambaran pola asuh orangtua pada anak prasekolah Di TK Arruqoyah Desa Solokanjeruk yaitu sebanyak 28 responden (46,7%) didapatkan pola asuh orangtua anak prasekolah di Tk Arruqoyah pola asuh permisif sedangkan 18 responden ( 30.0) didapatkan pola asuh orangtua pola asuh demokratis. Dan 14 responden (23.3) menunjukan paling terendah yaitu pola asuh Otoriter. Simpulan dari penelitian ini yaitu dari gambaran pola asuh orangtua pada anak prasekolah di TK Arruqoyah Desa Solokanjeruk dari 60 responden penelitian didapatkan hasil 28 responden menujukan pola asuh permisif
Description
Keywords
Anak Prasekolah, Orang Tua, Pola Asuh