Gambaran Kebutuhan Penunggu Pasien di Ruang Rawat inap RSUD dr. Slamet Garut

Abstract

Kebutuhan penunggu pasien yang mutlak terpenuhi adalah kebutuhan informasi, kebutuhan dukungan mental, kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan dekat dengan pasien, dan kebutuhan jaminan pelayanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan penunggu pasien di ruang rawat inap RSUD dr.Slamet Garut. Rancangan penelitian ini menggunakan metode deksriftif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 responden yang sedang menunggu pasien. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengukur variable kebutuhan penunggu pasien menggunakan kuisioner CCNA yang dimodifikasi untuk penunggu pasien ruang rawat inap. Hasil dari peneltian ini didapatkan hasil kebutuhan jaminan pelayanan 66,7%, kebutuhan dukungan mental 48 % , kebutuhan informasi 56 % , kebutuhan rasa nyaman 56 % dan kedekatan dengan pasien 53,3 %. Kesimpulan dari penelitian ini sebagian besar responden membutuhkan jaminan pelayanan, ketika jaminan pelayanan terpenuhi maka kebutuhan yang lainpun dapat terpenuhi.

Description

Keywords

Kebutuhan, Penunggu pasien., Tidak ada keyword

Citation

Collections