Faktor-faktor yang Mempengaruhi Academic Burnout pada Mahasiswa Keperawatan: Narrative Review

Abstract

Mahasiswa jurusan kesehatan termasuk mahasiswa keperawatan rentan mengalami burnout selama menjalani proses perkuliahannya. Berbagai faktor dan tuntutan yang dirasakan oleh mahasiswa menjadi pemicu terjadinya burnout. Sindrom burnout pada mahasiswa keperawatan perlu dicegah sedini mungkin untuk menciptakan calon tenaga perawat yang profesional. Sangat penting untuk mengetahui terkait faktor apa saja yang mempengaruhi kejadian burnout pada mahasiswa keperawatan sebagai kunci dalam melakukan pencegahan dan upaya tindak lanjut dalam menentukan intervensi yang sesuai. Oleh karena itu studi literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi academic burnout pada mahasiswa keperawatan. Studi ini merupakan literature review dengan pendekatan narrative review. Pencarian dilakukan menggunakan beberapa database seperti ScienceDirect, EBSCOhost, Garuda dan Pubmed. Kata kunci yang digunakan dalam bahasa Inggris yaitu nursing student OR student nurses OR undergraduate nursing student AND burnout OR burnout syndrome OR student burnout. Sementara kata kunci dalam bahasa Indonesia yaitu mahasiswa keperawatan dan burnout. Selanjutnya artikel disaring menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Hanya 15 artikel yang sesuai kriteria dan dianalisis lebih lanjut. Hasil narrative review ini menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi academic burnout pada mahasiswa keperawatan diantaranya beban kerja, penyesalan memilih studi, minat memilih studi, pemikiran untuk putus kuliah, status perkawinan, jenis tempat tinggal, usia, IPK, tingkat studi, gaya hidup, kepribadian hardiness, mekanisme koping, resiliensi, empati, self-efficacy, kepuasan akademik, engagement serta kualitas pengalaman belajar. Kesimpulan yang didapatkan yaitu faktor yang mempengaruhi academic burnout pada mahasiswa keperawatan dapat berupa faktor pencetus ataupun faktor pencegah sehingga strategi pencegahan dan intervensi tidak hanya dilakukan oleh individu namun perlu kontribusi dari institusi pendidikan.

Description

Keywords

academic burnout, faktor yang mempengaruhi, mahasiswa keperawatan

Citation

Collections