ANALISA USER EXPERIENCE (UX) PADA SITUS WEB STARTUP INAVENTORY.CO.ID DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION

Abstract

Marketplace pergudangan adalah platform yang mempertemukan pelaku bisnis atau orang yang membutuhkan gudang dengan penyedia gudang. Marketplace jenis ini tergolong baru maka masih banyak kekurangannya terutama pada bagian User Experience (Pengalaman Pengguna). Fitur yang ditawarkan masih sangat terbatas seperti mesin pencari gudang yang kurang efisien sehingga menghambat transaksi calon pelanggan yang awalnya tertarik dan ingin menggunakan layanan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan meningkatkan User Experience di marketplace pergudangan. Evaluasi yang bersifat heuristik digunakan sebagai metode analisa User Experience dan Google Material Design sebagai acuan prinsip desain untuk merevisi User Experience sebelumnya. Studi ini dilakukan dalam 2 tahap dimana User Experience Expert mengevaluasi sebelum dan sesudah perancangan ulang tampilan dan User Experience di dalam situs. Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa perbaikan User Experience berdampak kepada penurunan masalah heuristik yang dialami oleh pengguna sehingga memberikan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan situs, hal ini dapat dilihat pada data total masalah heuristik dalam evaluasi tahap awal ditemukan 26 masalah total dengan tujuh masalah yang memiliki severity rating bernilai tiga atau lebih yaitu pada prinsip heuristik H1, H2, H4, H5, dan H8 telah berkurang menjadi tujuh masalah heuristik yang memiliki severity rating dibawah 3 (masalah heuristik kategori ringan), sehingga sudah tidak terdapat kesalahan dalam skala besar pada evaluasi tahap akhir.

Description

Keywords

warehouse marketplace, user experience, desain material google

Citation