Identifikasi Faktor Penggunaan Media Sosial Terhadap Efektivitas Penggunaan ShopeeFood dalam Meningkatkan Kinerja Usaha (Studi Kasus Pelaku UMKM bidang Food & Beverage Di Kecamatan Limo)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor penggunaan media sosial terhadap efektivitas penggunaan ShopeeFood dalam meningkatkan kinerja usaha pada Pelaku UMKM bidang Food & Beverage di Kecamatan Limo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dalam penelitian ini variabel independen merupakan variabel adopsi media sosial dengan faktor kesesuaian, efektivitas biaya, kepercayaan, serta interaktivitas yang mempengaruhi variabel dependen yaitu peningkatan kinerja usaha. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesesuaian, efektivitas biaya, kepercayaan, serta interaktivitas secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Efektivitas Penggunaan aplikasi ShopeeFood dalam meningkatkan kinerja usaha, kemudian variabel faktor kesesuaian, efektivitas biaya, faktor kepercayaan, dan faktor interaktivitas mampu menjelaskan variasi naik/turunnya Efektivitas Penggunaan aplikasi ShopeeFood dalam meningkatkan kinerja usaha sebesar 79.1%. Sedangkan sisanya sebesar 20.9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian.

Description

Keywords

Efektivitas Penggunaan, Peningkatan Penjualan, Kesesuaian

Citation