Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran dan Perilaku Konsumen terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Yoghurt di DKI Jakarta (Studi Kasus Yoghurt Indonesia)

Abstract

Penelitian memiliki tujuan utama untuk menentukan strategi perluasan pasar Yourgood di Jakarta dengan mengetahui pengaruh pada faktor bauran pemasaran dan faktor perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk yoghurt di Jakarta. Kuesioner disebarkan kepada 112 konsumen yoghurt di Jakarta yang dianalisis dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan karakteristik umum responden dan analisis regresi liner berganda untuk mengetahui pengaruh variabel. Penentuan keputusan pembelian seseorang dapat menggunakan nilai EMV (Expected Monetary Value) berbentuk persamaan regresi linear berganda dengan hasil akhir persentase nilai rentang skala terhadap keputusan pembelian yoghurt di Jakarta. Hasil menunjukan bahwa pembelian yoghurt di Jakarta cenderung dominan dipengaruhi faktor perilaku konsumen dibandingkan dengan faktor bauran pemasaran produk. Strategi yang perlu dilakukan Yourgood Indonesia adalah fokus meningkatkan perbaikan terhadap variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian yoghurt di Jakarta, yaitu variabel budaya, psikologi, dan distribusi. Selain itu, Yourgood juga perlu meningkatkan strategi yang efektif dan efisien dalam pengambilan keputusan pembelian sehingga jumlah konsumen yang membeli Yourgood meningkat.

Description

Keywords

Bauran Pemasaran, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian

Citation