Perancangan Konten Edukasi Pengembangan Model Bisnis Halal Bagi UMKM Pasca Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat hanya membeli produk yang telah memiliki jaminan mutu. Halal merupakan jaminan mutu tertinggi suatu produk karena proses hulu hingga hilirnya menjamin kebersihan, kesehatan dan keamanan produk. Penelitiani ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada UMKM terkait cara mentransformasikan bisnis menjadi bisnis halal agar dapat adaptif menghadapi perubahan yang terjadi selama Pandemi Covid-19. Data primer pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan kegiatan workshop bersama 38 UMKM dari daerah di Pulau Jawa, Indonesia, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil survey institusi pemerintahan maupun hasil survey lembaga independen serta penelitian terdahulu. Tahapan penelitian ini menggunakan pendekatan design thinking yang terdiri dari 5 tahapan yaitu; empathy, define, ideate, prototype&testing dan implement. Hasil dari penelitian ini adalah model bisnis halal dinilai tepat untuk menjadi UMKM adaptif selama Pandemi Covid-19 dengan bentuk media konten edukasi yang tepat bagi UMKM adalah memalui facebook fanpage. Juga bahwa konten edukasi yang diberikan membawa perubahan prilaku bagi UMKM yaitu untuk mulai memperhatikan kehalalan kegiatan usahanya, mau mendaftarkan sertifkat halal usahanya, dan merubah bisnisnya menjadi bisnis digital untuk dapat beradaptasi dengan perubahan selama pandemi.

Description

Keywords

Model Bisnis Kanvas, Model Bisnis Kanvas Halal, UMKM

Citation