Analisis Strategi Green Marketing Terhadap Penambahan Essential Oil Pada Lotion Virgin Coconut Oil (VCO)

Abstract

Peningkatan jumlah konsumsi produk green cosmetics di Indonesia disebabkan dari perubahan kesadaran konsumen untuk memperhatikan produknya mendukung kelestarian lingkungan terutama pada tanah. Salah satu produk kosmetika yang dapat mendukung produk ramah lingkungan adalah lotion Virgin Coconut Oil (VCO). Penelitian ini mengevaluasi variasi penambahan emulgator dan essential oil pada lotion Virgin Coconut Oil (VCO). Pengujian terhadap lotion, meliputi uji homogenitas, bobot jenis, stabilitas, penentu pH, organoleptik, dan logam berat, kemudian dianalisis statistik menggunakan uji Kruskall-Wallis. Dalam mendukung penjualan dan program kelestarian produk lotion ini menggunakan strategi green marketing dengan variabel 7P’s marketing mix. Dalam mengetahui strategi green marketing melalui kuesioner, kemudian dianalisis deskriptif terhadap karakteristik konsumen lotion Nucoskin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lotion dengan formulasi penambahan emulgator 2% memiliki nilai karakteristik mutu sesuai SNI dan organoleptik yang disukai oleh panelis serta strategi green marketing program retur kemasan dengan pemberian diskon 20% dapat mengurangi beban kerusakan lingkungan terhadap tanah pada lahan 7,6 m2 dari lahan sebesar 10 m2, serta didukung dengan pemasaran yang tepat dan maksimal.

Description

Keywords

Virgin Coconut Oil (VCO), lotion, emulgator

Citation