PENGARUH IMPLEMENTASI METODE MERCHANDISING PADA JUMLAH PENGUNJUNG DI APOTEK
No Thumbnail Available
Date
2013-07-30
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
ABSTRAK
PENGARUH IMPLEMENTASI METODE MERCHANDISING
PADA JUMLAH PENGUNJUNG
DI APOTEK
Oleh :
Safitri Yanti
260112120029
Pelanggan adalah pilar utama penyangga keberlangsungan bisnis ritel. Memanjakan pelanggan sama seperti memperkokoh pilar utama. Untuk itu dibutuhkan pedoman pengukuran kepuasan pelanggan meliputi kebutuhan fisik, kebutuhan praktis, dan kebutuhan fungsional. Konsep yang paling dekat dengan kebutuhan konsumen adalah lay out yang one stop shopping (semua kebutuhan disediakan toko tersebut). Setiap pelanggan yang akan masuk ke sebuah toko untuk keperluan apapun (bisa melihat-lihat, mencari barang yang akan dibeli atau keperluan lain).
Ritel yang menerapkan konsep Merchandising dapat mempengaruhi perilaku pelanggan. Pelanggan dapat tertarik, melirik, melihat dengan seksama dan berpikir-pikir sampai akhirnya mengambil barang dari rak yang ada dan membawanya ke kasir (Implus buying). Metode ini diharapkan dapat menjadi sarana yang baik dalam memberikan informasi kepada pelanggan secara visual.
Penelitian ini berfokus pada desain yang menerapkan konsep Merchandising pada swalayan apotek dan pengaruhnya terhadap jumlah pengunjung apotek.berdasarkan analisis data yang dihasilkan diperoleh hasil pengaruh yang signifikan terhadap jumlah pengunjung apotek sebelum dan sesudah menggunakan metode merchandising.
Kata kunci :Merchandising, Apotek, Bisnis ritel
Description
Keywords
Merchandising, Apotek, Bisnis ritel