Administrasi Keuangan Publik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi Keuangan Publik (D-IV) by Author "AISYAH AZWA ACHMAD"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PERENCANAAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME OLEH BADAN PENDAPATAN DAERAH PEMERINTAH KOTA BEKASI(2023-07-10) AISYAH AZWA ACHMAD; Nunung Runiawati; Tidak ada Data DosenLatar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti dengan penetapan target penerimaan pajak reklame Kota Bekasi yang tidak sesuai dengan potensi sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan penetapan target pajak reklame yang dilakukan oleh Bapenda Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini diteliti menggunakan langkah-langkah perencanaan yang dimulai dari mereview misi dan tujuan organisasi, mengevaluasi sumber daya yang tersedia, menentukan target secara individu atau dengan masukan dari pihak lain, menulis target dan mengomunikasikannya kepada semua orang yang perlu tahu, mereview hasil dan apakah target telah tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bapenda Kota Bekasi telah melakukan perencanaan target pajak reklame dengan melakukan langkah-langkah perencanaan. Namun, proses perencanaan target pajak reklame dalam pelaksanaannya masih terdapat ketidaksesuaian antara potensi pajak reklame dengan target yang ditetapkan. Hal ini dikarenakan terjadinya ketimpangan dalam salah satu proses yaitu dalam penentuan target yang dilakukan oleh beberapa pihak terkait selain Bapenda, yaitu dengan Dewan, karena dewan memiliki standar perhitungan yang berbeda terkait potensi pajak reklame. Selain itu, banyaknya reklame yang tidak berizin, kurangnya kesadaran wajib pajak dan juga pengawasan terhadap pemungutan pajak reklame, merupakan penyebab mengapa target pajak reklame tidak terlampaui.