Administrasi Keuangan Publik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi Keuangan Publik (D-IV) by Author "ALIFIA SHABRINA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item STRATEGI PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME PADA SUKU BADAN PENDAPATAN DAERAH JAKARTA TIMUR(2022-12-30) ALIFIA SHABRINA; Mohammad Benny Alexandri; Neneng Weti IsnawatyPenelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa indikasi masalah. Pertama penerimaan pajak reklame yang cenderung selalu melebihi target sehingga Jakarta Timur mendapatkan kontribusi yang cukup besar dari penerimaan pajak reklame, kemudian pajak reklame memiliki realisasi penerimaan yang melampaui target di tahun masa pandemi. Selanjutnya penerimaan pada tahun berikutnya dimana kondisi negara masih masa pemulihan pandemi terjadi pelampauan target dengan kondisi nilai target yang jumlahnya dinaikkan padahal kondisi pandemi tersebut memberi dampak yang cukup signifikan terhadap semua sektor, namun pajak reklame tetap dapat menunjukan performanya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi dibalik penerimaan pajak reklame yang optimal yang dilakukan oleh Suku Badan Pendapatan Daerah Jakarta Timur. Strategi tersebut juga dilakukan untuk mengetahui hambatan serta bagaimana dinas terkait melakukan tugasnya untuk menangani hambatan tersebut sebagai acuan untuk mencapai performa yang lebih baik di tahun-tahun berikutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai strategi organisasi publik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan strategi dari Suku Badan Pendapatan Daerah Jakarta Timur dalam meningkatkan penerimaan pajak reklame dengan melakukan pelayanan serta pengawasan yang optimal dan hal itu dilakukan secara efektif namun masih memiliki beberapa kendala seperti pandemi Covid-19 yang dalam beberapa hal masih menimbulkan dampak yang kurang menguntungkan bagi penerimaan pajak reklame, kemudian kurang tepatnya karakteristik pajak reklame berjalan yang menimbulkan kesalahpahaman dan kerugian terhadap penerimaannya. Suku Badan Pendapatan Daerah Jakarta Timur telah melakukan pelayanan dengan sangat baik dapat dilihat dari penerimaannya yang kian bertambah, ditambah dengan kebijakan yang diterbitkan oleh pemerintah terkait Pajak Daerah DKI Jakarta namun masih terkendala dalam pelaksanaan tugasnya karena masih banyak terdapat reklame liar yang menghambat kinerja dari tugas UPPPD yang melaksanakan tugasnya.