Bisnis Logistik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bisnis Logistik (D-IV) by Author "Margo Purnomo"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item PERAMALAN PERMINTAAN DENGAN METODE TIME SERIES PADA PT SASA INTI(2023-10-09) LUTHFIANI UFAIRAH; Margo Purnomo; Mohamad Ray RizaldyPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peramalan permintaan produk pada PT Sasa Inti yang merupakan salah satu FMCG (Fast Moving Consumer Goods) makanan dan bumbu. Peramalan permintaan yang dilakukan oleh perusahaan sebelumnya memiliki nilai kesalahan eror cukup tinggi pada tahun 2022 yaitu sebesar 39%. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan peramalan menggunakan metode Time Series yaitu Single Exponential Smoothing, Double Exponential Smoothing, Triple Exponential Smoothing dan Moving Average. Dari keempat metode tersebut dipilih metode yang menghasilkan nilai kesalahan error dengan MAPE terkecil. Hasil perhitungan peramalan diperoleh metode yang menghasilkan nilai kesalahan peramalan terkecil yaitu metode Triple Exponential Smoothing dengan alpha 0,3, beta 0,053 dan gamma 0,1. Metode Triple Exponential Smoothing menghasilkan nilai MAPE sebesar 12,20%.Item Perancangan Skema Level Pengiriman Accesories Parts Toyota Customer Optional di PT Toyota Astra Motor - Cibitung, Bekasi(2023-10-09) RIZCHIKA ANANDA PUTRI; Margo Purnomo; Ahmad Hadi FauziPenelitian ini membahas tentang keterlambatan pengiriman accessories parts TCO (Toyota Customer Optional) pada PT Toyota Astra Motor Cibitung, Bekasi. Tujuannya adalah untuk memberikan solusi dalam penangan keterlambatan pengiriman accessories parts TCO dari divisi SPLD (Services Parts Logistics Division). TCO merupakan divisi baru yang menangani permintaan konsumen untuk pemasangan accessories pada mobil Toyota. Penelitian ini menggunakan teori utama dari pengadaan dan pengiriman. Teori pengiriman milik Mikael (2016) bahwa bentuk penanganan nya dengan menyalurkan pengiriman secara baik agar produk dan jasa dapat diberikan secara tepat. Lalu, teori pengadaan milik Siahaya (2012) bahwa pengadaan memiliki peran sebagai penentu terhadap apa (spesifikasi, kualitas), kapan (jadwal, delivery time) dan bagaimana (sumber,sistem). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi lapangan, Wawancara secara mendalam dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya faktor-faktor penyebab dari terjadinya keterlambatan pengiriman dengan menggunakan Diagram Ishikawa. Berdasarkan hasil Brainstorming peneliti mendapatkan root cause dari permasalahan tersebut dan menemukan rencana penanggulangan melalui Diagram Ishikawa. Faktor yang diamati dalam permasalahan ini berdasarkan hasil brainstorming yaitu ada faktor Man, Method dan Machine.