S2 - Magister
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S2 - Magister by Author "Anita Deborah Anwar"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pengaruh Kualitas Pelayanan Antenatal Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Wilayah Puskesmas Kota Pontianak (Studi Exploratif dengan Rancangan Mixed Methods Model Concurent Triangulation)(2017-09-29) RATNA INDAH KARTIKA SARI; Hadyana Sukandar; Anita Deborah AnwarKualitas pelayanan antenatal merupakan pelayanan yang diberikan sesuai standar antenatal, dengan tujuan deteksi dini permasalahan selama kehamilan. Kualitas pelayanan menggambarkan kepuasan pasien yang diukur setelah membandingkan antara kenyataan dan harapan melalui tanggible, empathy, responsive, reliability, dan assurance. Program asuransi BPJS mendukung ibu hamil dalam pemanfaatan fasilitas kesehatan yang berujung pada pelayanan antenatal berkualitas dengan indikator kepuasan. Kepuasan ibu hamil pengguna BPJS memberikan informasi terhadap kualitas pelayanan antenatal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan antenatal terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS di Puskesmas Kota Pontianak serta persepsi ibu tentang kualitas pelayanan yang diberikan. Desain penelitian adalah mixed methods strategi concurent triangulation. Subjek penelitian adalah ibu hamil pengguna BPJS yang memenuhi kriteria insklusi, dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2017. Sampel kuantitatif berjumlah 100 orang dan dipilih dengan consecutive sampling, sampel kualitatif berjumlah 9 orang. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis jalur (path analysis) sedangkan kualitatif menggunakan analisis konten. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan, terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan antenatal terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS. Skor kepuasan pernyataan kenyataan 75,0% dan skor harapan 85,2% dengan nilai total gabungan kepuasan 84,1% dan nilai p<0,01. Hasil penelitian kualitatif menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan telah sesuai harapan pasien, meskipun masih ada kekurangan dalam waktu tunggu saat diloket. Hal ini dikarenakan keterbatasan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) dan kemampuan SDM dalam memberikan pelayanan di loket. Simpulan, semakin baik kualitas pelayanan antenatal yang diterima menghasilkan kepuasan ibu hamil pengguna BPJS. Sub variabel assurance, tangible, reliable dan responsive memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan pengguna BPJS di kota Pontianak. Kata kunci: Kualitas Antenatal, Pengguna BPJS, Pontianak