Administrasi Publik (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi Publik (S1) by Author "ABRAHAM DHIUS MALAU"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK OLEH PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR PUSAT(2023-07-26) ABRAHAM DHIUS MALAU; Darto; Tidak ada Data DosenInformasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterbukaan informasi publik yang dilakukan PPID PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Penulis akan menjabarkan bagaimana BRI menerapkan salah satu prinsip Good Corporate Governance yaitu Transparansi. Salah satu bentuk transparansi dari badan publik adalah dengan melakukan Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Adapun teori yang digunakan adalah Transparency Principles Model (Oliver, 2004) yang melihat keberhasilan transparansi dari 4 dimensi, yaitu Leadership commitment, Formalized processes, Training programs, dan Communication with stakeholders. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang beragam yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Agar dapat terpenuhinya validitas data dalam penelitian ini, penulis melakukannya dengan cara triangulasi data. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Pada Dimensi komitmen Kepemimpinan sudah ada dan cukup baik. 2) Pada Dimensi Proses Formal dapat dilihat dari komitmen sudah cukup baik dilakukan. 3) Program Pelatihan sudah ada dan dilakukan oleh BRI namun hanya sebatas sosialisasi dan monitoring serta evaluasi saja bukan pelatihan manajerial dan lainnya 4) Komunikasi PPID BRI kepada stakeholder belum berjalan dengan efektif, bahkan cenderung masih satu arah dan proses komunikasi masih direspon dengan lambat oleh PPID BRI. Selain itu dari aspek sosialisasi juga masih rendah dikarenakan belum adanya sosialisasi langsung kepada masyarakat. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk belum berjalan dengan optimal dan terkesan “tanggung” dalam melakukan transparansi.