Administrasi Pemerintahan (D-III)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi Pemerintahan (D-III) by Author "ADILLA ELLANDA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Prose Layanan Informasi dan Publikai Data Publik Di Pusat Data dan Analisa Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat(2016-04-08) ADILLA ELLANDA; Ratnia Solihah; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan tugas akhir ini berjudul Proses Layanan Informasi dan Publikasi di Pusdalisbang Jawa Barat. Tujuan dari penulis membuat laporan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses layanan informasi dan publikasi di Pusdalisbang Provinsi Jawa Barat. PUSDALISBANG (Pusat data dan analisa pembangunan) adalah unsur pelaksana tugas teknis operasional dan teknis penunjang pada Bappeda Provinsi Jawa Barat. Jadi semua data serta analisa pembangunan ada di pusdalisbang.adapun keluhan-keluhan masyarakat tentang pembangunan di Jawa Barat yang mungkin belum maximal atau belum rampung yang dimana keluhan tersebut bisa di aspirasikan ke Pusdalisbang. Metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi lapangan yaitu : 1. Observasi : Pengumpulan data dengan cara pengamatan, pencatatan yang dilakukan secara sistematik dengan cara mendatangi langsung pada tempat penelitian, agar mendapatkan data yang akurat dan bermanfaat. 2. Wawancara : Pengumpulan data dengan cara menggunakan pernyataan langsung atau tanya jawab kepada pihak-pihak yang terkait untuk memperoleh data yang diinginkan. Proses Layanan Informasi dan Publikasi di Pusdalisbang Jawa Barat meliputi beberapa tahap, yaitu, pemohon mengajukan permohonan keberatan ke atasan, petugas meminta bukti permohonan (beserta kelengkapannya), Petugas menyampaikan formulir keberatan kepada pemohon dan atasan, serta mengarsikan,dan pengumuman akhir. Secara keseluruhan Proses Layanan Informasi dan Publikasi di pusdalisbang Jawa Barat telah dilakukan dengan baik sebagai implementasi dalam pelaksanaan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, walaupun ada kekurangannya dan telah dilakukan berbagai upaya untuk mengatasi kekurangan tersebut. Kata Kunci : Proses Layanan Informasi Publikasi Data