Kesejahteraan Sosial (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Kesejahteraan Sosial (S1) by Author "ADINDA MARIA IMELDA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PELAYANAN SOSIAL DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK JALANAN PADA TAHAP AWAL PROSES PEKERJAAN SOSIAL (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENDEKATAN EMOSIONAL OLEH RUMAH SINGGAH BINAAN YAYASAN NANDA DIAN NUSANTARA(2013-10-18) ADINDA MARIA IMELDA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pelayanan Sosial Dalam Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Jalanan Pada Tahap Awal Proses Pekerjaan Sosial†(Studi Deskriptif Tentang “Pendekatan Emosional†oleh Rumah Singgah Binaan Yayasan Nanda Dian Nusantara). Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pelayanan sosial pada tahap awal proses pekerjaan sosial dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak jalanan yang dilakukan oleh Yayasan Nanda Dian (YNDN) dengan menggunakan pendekatan emosional. Selain karena faktor ekonomi, kurangnya motivasi diri dan dukungan orangtua juga menjadi alasan anak tidak mendapatkan pendidikan. Tidak mudah menjangkau anak jalanan untuk diberikan pelayanan sosial dalam pendidikan, diperlukan suatu tahapan dan pendekatan agar anak jalanan mau dan bisa mengikuti kegiatan belajar. Yayasan Nanda Dian Nusantara (YNDN) menggunakan Pendekatan Emosional sebagai pendekatan kepada anak jalanan dalam pemberian pelayanan sosial dibidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adala pedoman wawancara dengan tehnik wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini adalah 2 anak jalanan yang belajar dirumah singgah, 2 anak jalanan yang tidak belajar dirumah singgah dan sebagai peningkatan validitas data dalam penelitian kualitatif menggunakan model penelitian triangulasi yang diperoleh data dari 2 orangtua yang anaknya belajar dirumah singgah, 2 orangtua yang anaknya tidak belajar dirumah singgah, 1 pekerja sosial, 1 koordinator lapangan dirumah singgah, 1 pengajar. Penelitian ini menghasilkan bahwa Pendekatan emosional yang dilakukan oleh YNDN berkaitan dengan prinsip-prinsip pekerja sosial yang meliputi penerimaan diri, menciptakan rasa aman dan nyaman, membuat komunikasi yang hangat dan baik, tidak menghakimi, melibatkan klien untuk mengambil keputusan, memberikan pandangan-pandangan yang bersifat rasional dalam pengambilan keputusan. Ternyata masih ada orangtua yang belum mendukung anaknya untuk bersekolah, hal ini dikarenakan pemahaman orangtua mengenai pendidikan yang minim, keterbatasan ekonomi dan kurangnya perhatian akan pendidikan anak serta kurangnya rasa percaya diri pada anak jalanan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa suatu proses pelayanan sosial dalam pendidikan anak jalanan memerlukan tahapan-tahapan dan tahapan yang paling pertama adalah tahapan awal proses pekerjaan sosial. Proses pekerjaan sosial memerlukan suatu pendekatan agar proses pelayanan sosial dapat berjalan sesuai tujuan. Pendidikan anak dan masa depannya semestinya menjadi perhatian penting khusunya untuk orangtua, karena masih ada yang belum mendukung anaknya untuk belajar dan masih ada anak yang belum memiliki niat, kemauan serta motivasi dalam belajar, maka peneliti membuat plan of treatment (POT) berupa Workshop Manfaat Pendidikan Bagi Anak dan Masa Depan.