Sastra Indonesia (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Sastra Indonesia (S1) by Author "ADHILA SILMI KAFFAH"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Gaya Bahasa Iklan Obat pada Televisi(2014-08-19) ADHILA SILMI KAFFAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Skripsi ini berjudul “Gaya Bahasa Iklan Obat pada Televisi”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa gaya bahasa yang dipakai dalam dunia periklanan sangat khas dan memiliki efek-efek yang dapat memengaruhi khalayak. Data diperoleh dari tayangan iklan obat pada televisi yang tayang pada bulan Agustus 2013 hingga Maret 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat dalam teks iklan obat dewasa adalah gaya bahasa repetisi dengan klasifikasi gaya bahasa repetisi epizeukis, anafora, tautotes, simploke, dan epistrofa. Jenis repetisi epizeukis merupakan gaya bahasa yang paling banyak digunakan. Gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang terdapat pada teks iklan obat dewasa adalah jenis gaya bahasa retoris aliterasi. Pada iklan obat anak-anak terdapat jenis gaya bahasa repetisi dengan klasifikasi gaya bahasa repetisi anafora, tautotes, dan epistrofa. Jenis repetisi anafora merupakan gaya bahasa yang paling banyak digunakan. Gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yang terdapat pada teks iklan obat anak adalah jenis gaya retoris.