Sastra Indonesia (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Sastra Indonesia (S1) by Author "Abdul Hamid"
Now showing 1 - 9 of 9
Results Per Page
Sort Options
Item BENCANA PANDEMI COVID-19 DALAM KARYA SASTRA (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA ATAS CERPEN YANG TERBIT PADA KORAN TEMPO, KOMPAS, DAN REPUBLIKA EDISI APRILNOVEMBER 2020)(2022-02-21) FARIS AL FURQON; Nana Suryana; Abdul HamidPenelitian ini berjudul “Bencana COVID-19 dalam Karya Sastra: Kajian Sosiologi Sastra terhadap Cerpen pada Koran Tempo, Kompas, dan Republika”. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan bagaimana gejala COVID-19 baik itu secara klinis, lanskap sosial-politik, maupun ekonomis ditampilkan dalam cerpen yang terbit pada Koran Tempo, Kompas, dan Republika, serta menjelaskan bagaimana perbedaan ketiga surat kabar tersebut mengilustrasikan COVID-19 ke dalam cerpen-cerpen yang diterbitkan. Peneltian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan analisis deskriptif sebagai metode pemaparan hasil penelitian. Situasi COVID-19 yang dominan diceritakan pada cerpen yang diterbitkan ketiga surat kabar tersebut adalah: kebingungan dan siasat masyarakat adat pada masa pandemi, problem rumah tangga karena pandemi, upaya orang miskin di tengah pandemi, karantina mandiri dan PSBB, kepemerintahan, dan kesulitan ekonomi di kalangan menengah. Cerpen yang diterbitkan Kompas dan Koran Tempo memiliki kesamaan yakni dominan pada problem sosial humaniora serta penggambaran situasi COVID-19 yang amat general. Republika dominan mengangkat kemiskinan yang normatif yang identik dengan bagaimana agama membicarakan kemiskinan. Temuan lain memperlihatkan bahwa cerpen-cerpen tersebut menyajikan fakta-fakta sosial yang bersifat reflektif bahkan kental dengan nuansa reportase tanpa ada tendensi mempertanyakan realitas tersebut, apalagi mencoba membongkar dan menggantinya dengan nilai yang baru.Item Cinta dan Kemanusiaan dalam Antologi Puisi-Puisi yang Melepuh di Mataku Karya Helvy Tiana Rosa(2022-04-05) MARWA SITI SHOLIHAH; Mochamad Irfan Hidayatullah; Abdul HamidBerbagai peristiwa yang terjadi mendorong seseorang dalam membuat karya sastra. Karya sastra dapat menjadi media ekspresi pemikiran dan perasaan, kajian tekstual, juga harapan terhadap peristiwa yang terjadi. Karya sastra tersebut dapat berbentuk novel, cerpen, puisi, dan drama. Setiap jenis karya sastra memiliki keistimewaan tersendiri tidak terkecuali karya sastra yang berbentuk puisi. Nai-nilai cinta dan kemanusiaan dapat berjalan dengan baik jika setiap manusia menyadari dan mempunyai nilai-nilai yang tinggi menghendaki masyarakat memiliki sikap dan perilaku layaknya manusia. Cinta dan kemanusiaan sering kali diabaikan dan dianggap tidak penting bahkan nilai-nilai cinta dan kemanusiaan sering kali dilanggar yang menyebabkan kerugian. Dalam kehidupan sehari-hari, cinta dan kemanusiaan menjadi hal yang penting dan menarik untuk dibicarakan dan didiskusikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memetakan kajian tekstual tentang cinta dan kemanusiaan dalam antologi puisi. Objek penelitian ini adalah antologi Puisi-Puisi yang Melepuh di Mataku karya Helvy Tiana Rosa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotika Michael Riffaterre. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antologi Puisi-Puisi yang Melepuh di Mataku mengandung kajian tekstual tentang cinta dan kemanusiaan. Simpulan dari penelitian ini adalah antologi Puisi-Puisi yang Melepuh di Mataku membuka mata para pembacanya untuk lebih memberikan perhatian lagi terhadap kajian tekstual yang terjadi khususnya yang berkaitan dengan cinta dan kemanusiaan. Kata Kunci : Kajian tekstual, Antologi Puisi, Semiotika RiffaterreItem Kecemasan Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen SAIA Karya Djenar Maesa Ayu(2015-10-12) AYU UTAMI ACHYARINI; Nana Suryana; Abdul HamidABSTRAK Skripsi ini berjudul “Kecemasan Tokoh Utama dalam Kumpulan Cerpen SAIA Karya Djenar Maesa Ayu”. Penelitian ini didasarkan kepada eratnya kaitan antara sastra dengan psikologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggambaran bentuk kecemasan tokoh-tokoh utama dalam cerpen yang disebabkan oleh hal-hal di sekelilingnya dan cara tokoh-tokoh utama menghadapi kecemasan. Aspek psikologi tokoh-tokoh utama dalam menghadapi kecemasan di dalam penelitian ini dibedah dengan menggunakan teori psikoanalisis Freud dengan berfokus pada dinamika kepribadian dan kecemasan. Sebelum memasuki analisis kecemasan, penelitian ini dibedah dengan penjabaran mengenai struktur intrinsik cerpen, terutama dalam hal tokoh dan penokohan. Penelitian ini menghasilkan tiga hal, yaitu: (1) unsur intrinsik cerpen terutama dalam hal tokoh dan penokohan yang sangat membantu untuk membedah aspek psikologis tokoh utama, (2) terdapat tiga kecemasan yang dialami tokoh utama (kecemasan realitas, moral, dan neurotis), (3) dapat diketahui penyebab kecemasan dan cara para tokoh utama menghadapi kecemasan yang dijelaskan oleh Freud di dalam teori psikoanalisisnya.Item KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL MATA DAN MANUSIA LAUT KARYA OKKY MADASARI: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA(2022-02-16) WITA WULANDARI; Mochamad Irfan Hidayatullah; Abdul HamidPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) Kondisi sosial masyarakat Kaledupa, Sulawesi Tenggara yang terdapat dalam novel Mata dan Manusia Laut karya Okky Madasari, (2) Masalah sosial yang dikritik dalam novel Mata dan Manusia Laut, (3) Bentuk penyampaian kritik sosial yang terdapat dalam novel Mata dan Manusia Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang bertujuan mendeskripsikan kritik sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi sosial masyarakat Kaledupa, Sulawesi Tenggara dalam novel Mata dan Manusia Laut karya Okky Madasari. (2) Masalah sosial yang dikritik antara lain (a) dampak teknologi meliputi kritik terhadap perubahan kultur masyarakat dan gaya hidup konsumtif yang diakibatkan televisi, (b) masalah ekonomi meliputi kritik terhadap gaya hidup konsumtif dan kemiskinan, (c) masalah pendidikan meliputi kritik terhadap rendahnya perhatian orang tua terhadap pendidikan dan sistem pendidikan yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, (d) masalah lingkungan hidup meliputi kritik terhadap pencemaran lingkungan laut di kampung Sama dan kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan, (e) masalah korupsi meliputi kritik terhadap tindakan penyuapan yang dilakukan petugas patroli dan para awak kapal ilegal, (f) masalah infrastruktur daerah meliputi kritik terhadap infrastruktur daerah di Kaledupa yang kurang memadai, (g) masalah moral meliputi kritik terhadap sikap serakah para awak kapal tampomas. (3) Bentuk penyampaian kritik dalam novel Mata dan Manusia Laut disampaikan secara langsung dan tidak langsung.Item MAKNA CINTA PADA KUMPULAN PUISI TIDAK ADA NEW YORK HARI INI KARYA M. AAN MANSYUR: KAJIAN SEMIOTIKA RIFFATERRE(2022-09-18) NABILA ALYA RAMADHINA; Baban Banita; Abdul HamidTujuan penelitian ini adalah menemukan gambaran dan makna cinta dari kumpulan puisi yang berjudul Tidak Ada New York Hari Ini karya M. Aan Mansyur. Kumpulan puisi ini merupakan tulisan yang sengaja dibuat oleh M. Aan Mansyur untuk film yang berjudul Ada Apa Dengan Cinta? 2. Film tersebut merupakan sekuel dari film dengan judul yang sama. Judul penelitian ini adalah "Makna Cinta pada Kumpulan Puisi Tidak Ada New York Hari Ini Karya M. Aan Mansyur: Kajian Semiotika Riffaterre". Data penelitian ini adalah delapan puisi yang bercerita tentang rasa cinta yang dimiliki seorang manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik membaca, mencatat, dan memilih puisi sesuai dengan objek cinta menurut Erich Fromm. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah teori semiotika Riffaterre. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana M. Aan Mansyur menggambarkan cinta pada puisi-puisinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kumpulan puisi Tidak Ada New York Hari Ini terdapat penggambaran lima objek cinta menurut Erich Fromm, yaitu cinta sesama, cinta ibu, cinta erotis, cinta-diri, dan cinta Allah.Item Permasalahan Seksualitas dalam Kumpulan Cerpen Kukila Karya M. Aan Mansyur: Kajian Psikologi Sastra(2021-06-03) MUHAMMAD RIZALDY YUSUF; Indra Sarathan; Abdul HamidPenelitian ini berjudul “Permasalahan Seksualitas dalam Kumpulan Cerpen Kukila (2012) Karya M. Aan Mansyur: Kajian Psikologi Sastra”. Kumpulan cerpen Kukila karya M. Aan Mansyur ini memuat enam belas cerpen yang beberapa di antaranya menampilkan tokoh dengan permasalahan seksualitas. Agar penelitian ini menjadi lebih spesifik, peneliti memilih lima cerpen untuk dikaji, yaitu: (1) “Kukila (Rahasia Pohon Rahasia)”, (2) “Setengah Lusin Ciuman Pertama”, (3) “Membunuh Mini”, (4) “Celana Dalam Rahasia Terbuat dari Besi”, dan (5) “Hujan. Deras Sekali.”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan antara kondisi psikologis dan permasalahan seksualitas tokoh dalam kumpulan cerpen Kukila. Teori yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah psikoanalisis Sigmund Freud. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa kondisi psikologis tokoh dalam cerpen yang dipilih dapat memicu tindakan yang menyebabkan permasalahan seksualitas. Begitu pun sebaliknya, permasalahan seksualitas yang dialami tokoh dalam cerpen rupanya dapat memengaruhi kondisi psikologis tokoh.Item Rekonstruksi Penokohan Maria Al-Qabthiyah pada Naskah Hikayat Samaun(2015-11-06) NUR AZIZAH; Abdul Hamid; Mochamad Irfan HidayatullahPenelitian ini berjudul Rekonstruksi Penokohan Maria Al-Qabthiyah pada Naskah Hikayat Samaun. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan kandungan naskah kuno berjudul Hikayat Samaun nomor 99 ML 31 yang tersimpan di PNRI dengan tiga teks sejarah umum sebagai pandangan sejarah terhadap Maria. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan kontras dalam merekonstruksi penokohan Maria Al-Qabthiyah pada naskah HS dibanding dengan teks sejarahnya sehingga menyebabkan adanya pergeseran nilai-nilai tertentu. Secara strukturalisme penulis menitikberatkan perbedaan antar teks tersebut kemudian diterapkan dengan pandangan New Historicism bahwa semua sejarah bersifat subjektif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rekonstruksi penokohan Maria Al-Qabthiyah pada naskah HS merupakan bentuk penolakan pengarang terhadap konvensi sejarah dengan cara mengimajinasikannya kembali pada naskah HS sehingga terdapat “sejarah baru” mengenai penokohan Maria yang berbeda namun estetis terlepas sejarah realitas sosial akan tetap berada di tempatnya.Item Resistensi dan Mimikri Bumiputera terhadap Kolonial dalam Kumpulan Cerpen Teh dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu(2017) PITRIANI ANGGI RASID; Lina Meilinawati Rahayu; Abdul HamidABSTRAK Penelitian ini berjudul “Resistensi dan Mimikri Bumiputera terhadap Kolonial dalam Kumpulan Cerpen Teh Dan Pengkhianat Karya Iksaka Banu”. Kumpulan cerpen Teh Dan Pengkhianat karya Iksaka Banu ini memuat tiga belas cerpen yang beberapa di antaranya menampilkan wujud resistensi dan wujud mimikri. Agar penelitian ini menjadi lebih spesifik, peneliti memilih sembilan cerpen untuk dikaji yaitu: (1) “Kalabaka”, (2) “Teh dan Pengkhianat”, (3) “Sebutir Peluru Saja”, (4) “Di Atas Kereta Angin”, (5) “Kutukan Lara Ireng”, (6) “Belenggu Emas”, (7) “Tawanan”, (8) “Indonesia Memanggil”, dan (9) “Semua Sudah Selesai”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud resistensi dan wujud mimikri bumiputera terhadap kolonial. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan adalah teori poskolonial terutama konsep resistensi dan mimikri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik close reading (membaca cermat). Temuan penelitian ini menunjukkan terdapat enam resistensi dan lima mimikri bumiputera terhadap kolonial Belanda. Pertama, resistensi Tindakan Aktual (TA) dilakukan dengan cara verbal maupun nonverbal yaitu resistensi bumiputera, resistensi tindakan penghinaan, resistensi radikal lisan dan perbuatan, resistensi tindakan biadab, resistensi tindakan diskriminasi hukum, serta resistensi bumiputera terhadap tindakan diskriminasi politik etis kolonial. Sementara itu, yang kedua mimikri budaya kolonial yang ditiru oleh pihak bumiputera yaitu mimikri terhadap bahasa, peralatan dan perlengkapan hidup manusia (perlengkapan, alat transportasi, pakaian, dan senjata), sistem mata pencaharian hidup (jasa dan pengusaha), kesenian (seni tari, suara, dan tradisi), serta sistem pengetahuan (cara berpikir). Kata Kunci: resistensi, mimikri, Teh Dan Pengkhianat, poskolonialItem Ungkapan Satire dalam Kumpulan Puisi Perjamuan Khong Guan Karya Joko Pinurbo: Kajian Stilistika(2022-08-17) MEILIA PUTRI UTARI; Abdul Hamid; Indra SarathanPenelitian ini membahas jenis karya sastra yaitu puisi bergaya sindiran dalam humor berpadu satire, berbentuk ironi dan sinisme. Salah satu humor yang terdapat pada puisi tersebut didominasi dengan humor tragedi dan romantisisme. Satire menurut Gorys Keraf (2001: 144) mengacu pada ironi yang tidak mesti menafsirkan kalimat, melainkan diturunkan dari sebuah penjelasan yang panjang. Berdasarkan uraian di atas, peneliti memilih judul “Ungkapan Satire dalam Kumpulan Puisi Perjamuan Khong Guan Karya Joko Pinurbo: Kajian Stilistika”. Pada kesempatan ini, peneliti akan memfokuskan diri untuk menganalisis puisi yang mengandung satire bentuk ironi dan sinisme, dengan hanya memilih 30 puisi untuk dianalisis. Terdapat 14 data dalam kaleng 1 yaitu, “Malam Minggu di Angkringan”, “Senin Pagi”, “Wawancara Kerja”, “Gajian”, “Demokrasi”, “Pesta”, “Buku Hantu”, “Kakus”, “Bonus”, “Menunggu Kamar Kosong di Rumah Sakit”, “Markipul”, “Doa Orang Sibuk Yang 24 Jam Sehari Berkantor di Ponselnya”, “Fotoku Abadi”, dan “Malam Virtual”; 5 data dalam kaleng 2 yaitu, “Kamar Kecil”, “Mata Buku”, “Patah Hati”, “Jalan Buntu”, dan “Ninabobok”; 3 data dalam kaleng 3 yaitu, “Obat Minnah”, “Uang Minnah”, dan “Gadis Minnah”; dan terakhir 8 data dalam kaleng 4 yaitu, “Perjamuan Khong Guan”, “Bingkisan Khong Guan”, “Keluarga Khong Guan”. “Simbah Khong Guan”, “Tidur Khong Guan”, “Hujan Khong Guan”, “Mudik Khong Guan” dan “Hati Khong Guan”. Ketiga puluh puisi tersebut mengandung gaya bahasa satire bentuk ironi dan sinisme yang mampu merefleksikan “keganjilan” kehidupan saat ini dengan kehadiran puitika kritik. Makna dari ironi yakni sindiran halus yang menyatakan makna berlainan, sedangkan sinisme yaitu sindiran bentuk kesangsian mengandung ejekan terhadap keikhlasan dan ketulusan hati. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif.