Administrasi (D-III)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi (D-III) by Author "ADITYA NINING DWI AYUSTIN"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PROSES PENERIMAAN KAS DARI REKENING AIR PELANGGAN DI PDAM KABUPATEN PURWAKARTA(2017-06-14) ADITYA NINING DWI AYUSTIN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Setiap perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu membutuhkan kas, kas diperlukan baik untuk membiayai operasi perusahaan sehari-hari maupun untuk mengadakan investasi baru. Di dalam perusahaan aliran kas bersifat continue, yang berasal dari adanya penjualan yang memungkinkan perusahaan tersebut dapat melangsungkan usahanya. Sumber penerimaan kas pada PDAM Kabupaten Purwakarta terdiri dari penerimaan pendapatan air, penerimaan pendapatan non air, dan penerimaan uang lainnya. Penerimaan kas dari tagihan rekening air pada PDAM merupakan penerimaan kas yang utama di dalam operasional perusahaan Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini yaitu untuk mengetahui proses penerimaan kas dari rekening air pelanggan, mengetahui hambatan yang dihadapi dalam proses penerimaan kas dari rekening air pelanggan dan untuk mengetahui upaya untuk mengatasi hambatan pada proses penerimaan kas dari rekening air pelanggan di PDAM Kabupaten Purwakarta. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah metode deskriptif, yaitu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data yang di peroleh, sehingga diperoleh data yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data adalah observasi lapangan, wawancara, dan studi kepustakaaan yang dilakukan di PDAM Kabupaten Purwakarta. Dari hasil praktik kerja lapangan diketahui dalam proses penerimaan kas dari rekening air pelanggan memiliki tahap sebagai berikut: pelanggan melakukan pembayaran dengan mendatangi loket-loket yang tersedia di PDAM Kabupaten Purwakarta dengan membawa nomor langganan, lalu seksi kas dan penagihan menginput nomor pelanggan melalui SIPDAM, sehingga tertera jumlah pembayaran yang harus dilakukan pelanggan, setelah melakukan pembayaran lalu di cetak bukti rekening pembayaran air disertai dengan cap lunas, setelah melakukan pembayaran pada akhir jam seksi kas dan penagihan melakukan rekap rekening yang bertujuan untuk melakukan pembuatan LPP, LPH, LHK dan Bukti setoran bank. Uang yang diterima dari pembayaran rekening air pelanggan disetor ke bank setiap harinya. Setelah selesai pembuatan laporan lalu diperiksa dan diotorisasi oleh bagian pembukuan, setelah itu membuat pelunasan piutang pelanggan. Setelah itu Bagian Keuangan membuat pencatatan penerimaan kas, dilanjutkan dengan pengarsipan dokumen. Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan di PDAM Kabupaten Purwakarta dapat disimpulkan bahwa proses penerimaan kas dari rekening air pelanggan sudah cukup baik, meskipun masih ada hambatan terutama pada faktor internal yang berasal dari pegawai PDAM maupun faktor internal yang berasal dari pelanggan. Namun hambatan tersebut dapat diatasi dengan memberikan upaya yang bertujuan untuk meminimalisir hambatan dari faktor internal maupun faktor eksternal tersebut.