Administrasi (D-III)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Administrasi (D-III) by Title
Now showing 1 - 20 of 1118
Results Per Page
Sort Options
Item Bauran Pemasaran Jasa Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci(2017-07-12) RAFI NUR RAHMAN MULYANTO; Margo Purnomo; Tidak ada Data DosenBPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial. Sebagai Lembaga Negara yang bergerak dalam bidang asuransi sosial BPJS Ketenagakerjaan yang dahulu bernama PT Jamsostek (Persero) merupakan pelaksana undang-undang jaminan sosial tenaga kerja. BPJS Ketenagakerjaan sebelumnya bernama Jamsostek (jaminan sosial tenaga kerja), yang dikelola oleh PT. Jamsostek (Persero), namun sesuai Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Jamsostek berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan sejak tanggal 1 Januari 2014. Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci. Selain itu penulis juga ingin mengetahui apa saja yang menjadi hambatan-hambatan yang dihadapi oleh bagian pemasaran dalam melaksanakan strategi bauran pemasaran, serta upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang terjadi selama proses penerapan strategi bauran pemasaran. Metode yang digunakan penulis dalam penulisan laporan tugas akhir menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan hasil praktik kerja lapangan. Pengumpulan data dengan melakukan studi lapangan, observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan analisis data. Hasil praktik kerja lapangan yang dilakukan pada bagian umum dan sumber daya manusia dan pemasaran, penulis berkesimpulan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memulai strategi bauran pemasaran dengan melakukan langkah awal melakukan riset pasar yang dibantu oleh Indoresearch. Langkah selanjutnya ialah menentukan segmentasi pasar, pasar target dan positioning yang akan dilakukan guna mempermudah pemasar membuat strategi bauran pemasaran. Setiap variabel dalam bauran strategi bauran pemasaran di buat sedetail mungkin agar dapat memudahkan perusahaan dalam menerapkan strategi tersebut kepada pasar sasaran. Simpulan dari strategi bauran pemasaran pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Suci adalah keseluruhan pembuatan dan penerapan strategi bauran pemasaran sudah dilaksanakan dengan sangat baik dan berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Walaupaun terdapat beberapa hambatan, akan tetapi itu tidak menghambat kinerja perusahaan dalam melakukan pembuatan dan penerapan strategi bauran pemasaran.Item Bauran Pemasaran Produk Kertas Sigaret di PT. Kertas Padalarang (Persero)(2015-01-20) PASCA RAMADHAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Penurunan pengguna kertas sigaret bukuan dalam industri rokok Indonesia dikarenakan perubahan trend yang terjadi, mendorong PT. Kertas Padalarang (Persero) untuk mengembangkan produk kertas sigaret bukuan dengan meningkatkan kualitas kertas sigaretnya agar dapat diterima oleh produsen rokok besar yang ada di Indonesia dan bahkan produsen di Luar Negeri. Ketatnya persaingan dalam bisnis industri kertas terlebih lagi kertas sigaret bukuan yang kalah dengan perusahaan rokok besar yang lebih diminati masyarakat Indonesia membuat PT. Kertas Padalarang berusaha maksimal untuk bersaing dengan produk rokok pabrikan dan berusaha maksimal agar kertas sigaretnya diterima oleh produsen rokok besar yang ada di Indonesia. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan PT. Kertas Padalarang adalah dengan melaksanakan bauran pemasaran (marketing mix). Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui aktivitas perusahaan dalam melaksanakan bauran pemasaran guna memasarkan produk kertas sigaret, mengetahui hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan dalam pelaksanaan bauran pemasaran produk kertas sigaret. Metode penulisan yang digunakan penulis adalah deskriptif dengan menggambarkan hal-hal yang terkait aktivitas bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah studi kepustakaan dan studi lapangan langsung dengan mengobservasi dan wawancara pada periode Praktek Kerja Lapangan / Magang periode November – Februari 2014. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis selama proses Praktek Kerja Lapangan / Magang periode November - Februari 2014 di PT. Kertas Padalarang bahwa pelaksanaan bauran pemasaran produk Kertas Sigaret menggunakan 4 (empat) unsur atau variabel yaitu product (produk), price (harga), place (saluran distribusi) dan promotion (promosi). Bauran pemasaran ini dilakukan guna meningkatkan penjualan produk kertas sigaret bukuan yang mana kegiatan bauran pemasaran ini dilakukan oleh biro pemasaran pada PT. Kertas Padalarang. Kegiatan Bauran pemasaran kertas sigaret sudah berjalan sesuai dengan harapan dan sedikit demi sedikit sudah mulai terlihat dari meningkatnya penjualan kertas sigaret. Konsumen kertas sigaret yang di produksi oleh PT. Kertas Padalarang dengan merk “Golden Bird” dan “Sigaret PTKP” didistribusikan bukan hanya di daerah Jawa Barat namun sudah ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur dengan lebih dari satu konsumen di setiap daerah pendistribusian. Masih ada hambatan yang terjadi seperti harga jual yang kurang kompetitif, jangkauan distribusi yang belum mencapai seluruh wilayah Indonesia, dan sebagainya. Pengembangan produk dan pencarian konsumen potensial merupakan upaya yang tepat untuk menjadi solusi bagi PT. Kertas Padalarang dalam meningkatkan penjualannya.Item Bauran Promosi Pada McDonalds Setiabudhi Bandung(2015-07-20) RISKA INDRAYANI; Pratami Wulan Tresna; Tidak ada Data DosenABSTRAK Seiring dengan perkembangan perekonomian di Indonesia, banyak restoran cepat saji dengan beraneka nama dan menu bermunculan. Masyarakat dapat dengan mudah menikmati berbagai menu yang disajikan karena restoran cepat saji mudah ditemukan di berbagai daerah, banyaknya usaha dibidang ini mengakibatkan saingan pasar menjadi lebih besar. McDonald’s Setiabudhi Bandung sebagai restoran cepat saji berusaha bersaing dengan retoran cepat saji lainnya dengan melakukan kegiatan promosi untuk mempertahankan kelangsungan perusahaanya. Keseluruhan kegiatan promosi dalam komunikasi pemasaran dilakukan dengan melaksanakan bauran promosi. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kegiatan McDonald’s Setiabudhi Bandung dalam melaksanakan bauran promosi, mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan bauran promosi McDonald’s Setiabudhi Bandung. Metode yang dilakukan penulis adalah metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terkait dengan aktifitas bauran promosi McDonald’s Setiabudhi Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, metode wawancara dan obervasi partisipatif dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung ke lokasi praktik kerja lapangan yang bertempat di Jl. Dr. Setiabudhi No. 29 A Bandung. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis pada saat melakukan Praktek Kerja Lapangan di McDonald’s Setiabudhi Bandung bahwa pelaksanaan bauran promosi McDonald’s Setiabudhi menggunakan 5 unsur bauran promosi yaitu, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal dan pemasaran langsung. Pelaksanaan promosi yang dilakukan oleh McDonald’s mulai dari menggunakan iklan televisi, memasang banner, memberikan brosur kepada customer, memberikan gratis produk, dan lain-lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatan penjualan dan jumlah customer. McDonald’s Setiabudhi Bandung memiliki hambatan pada saat melakukan pelaksanaan bauran promosi yaitu dari mulai crew, material promosi sampai alat yang digunakan. Untuk menghadapi hambatan tersebut McDonald’s melakukan upaya dengan melakukan komunikasi yang baik antara crew dengan manajer demi terciptanya pelaksanaan promosi untuk meningkatkan penjualan dan mendatangkan banyak customer.Item BAURAN PROMOSI PRODUK INDIHOME PADA PT. TELKOM INDONESIA REGIONAL III JAWA BARAT(2017-07-09) GERALDINE AMANIA AZIZ HABIBI; R. Ratna Meisa Dai; Tidak ada Data DosenPT. Telkom Indonesia Regional III Jawa Barat dalam upaya menarik minat calon pelanggan dan agar dapat menguasai pangsa pasar, perusahaan menerapkan bauran promosi untuk menghadapi persaingan dengan perusahaan yang sejenis. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut mengenai Bauran Promosi yang diterapkan perusahaan dalam penulisan tugas akhir ini. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penerapan bauran promosi produk Indihome pada PT. Telkom Indonesia Regional III Jawa Barat, mengetahui hambatan yang dihadapi dalam penerapan bauran promosi produk Indihome serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskriptif yang dapat menggambarkan penerapan bauran promosi produk Indihome PT. Telkom Indonesia Regional III Jawa Barat serta menyajikan data, fakta, dan bukti secara sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara studi lapangan yaitu observasi dan wawancara. Sedangkan untuk studi kepustakaan yaitu dengan cara memperoleh data dari buku-buku referensi yang relevan dan berkaitan dengan masalah yang diteliti atau dengan artikel dan literatur para ahli. Berdasarkan hasil dari praktek kerja lapangan yang telah dilakukan oleh penulis, bahwa penerapan bauran promosi produk Indihome di PT. Telkom Indonesia Regional III Jawa Barat dalam mempromosikan produknya melalui 8 media promosi yaitu iklan, promosi penjualan, acara dan pengalaman, hubungan masyarakat dan publisitas, pemasaran langsung, pemasaran interaktif, dan penjualan personal. Hambatan yang terjadi pada saat menerapkan bauran promosi salah satunya ialah berasal dari alat promosi periklanan yang mana banyaknya calon pelanggan yang kurang tertarik dan kurang memahami mengenai produk Indihome yang dipasarkan oleh PT. Telkom Indonesia Regional III Jawa Barat melalui media periklanan brosur. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan cara menyertakan penjelasan langsung dari tenaga penjual yang bertugas, para tenaga penjual melakukan presentasi dalam menawarkan produk Indihome berdasarkan informasi yang tertera di brosur Rekomendasi dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis yaitu dalam melakukan penjualan personal, tenaga penjual harus memberikan informasi mengenai keterangan produk Indihome dengan jelas dan mudah dipahami oleh calon pelanggan seperti menjelaskan tentang jenis produk, fungsi produk, dan kelebihan produk sehingga calon pelanggan dapat lebih menghargai apa yang disampaikan oleh tenaga penjual.Item BISNIS PROSES PENETAPAN MITRA BINAAN DAN PENYALURAN DANA PROGRAM KEMITRAAN PADA DIVISI CDA JABAR PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA,Tbk(2013-07-16) NUR AKMALIYA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Didalam laporan tugas ini berisi mengenai “Bisnis Proses Penetapan Mitra Binaan dan Penyaluran Dana Program Kemitraan CDA Jabar PT.Telekomunikasi Indonesia,Tbk. Dimana bertujuan untuk mengetahui bisnis proses penetapan mitra binaan dan penyaluran dana,untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam pelaksanaan penetapan mitra binaan dan penyaluran dana serta untuk mengetahui alternatif pemecahan masalah dalam pelaksanaan penerapan mitra binaan dan penyaluran dana. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu suatu bentuk pengumpulan data yang bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan keadaan perusahaan tempat praktek kerja yang ada hubungannya dengan masalah yang sedang dibahas, kemudian menganalisis langkah-langkah yang ditetapkan untuk menguji kebenarannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi lapangan dengan cara melakukan observasi dan wawancara serta didukung dengan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, yang berhak untuk menjadi Mitra Binaan PT. Telkom adalah usaha perseorangan, berdiri sendiri, kegiatan usahanya telah berjalan minimal I (satu) tahun, memiliki kekayaan bersih maksimal Rp 200 juta diluar tanah dan bangunan tempat usaha, hasil penjualan maksimal Rp I Milyar/tahun. Syarat untuk menjadi Mitra Binaan yaitu Calon Mitra Binaan harus mengajukan proposal ke kantor PT. Telkom terdekat. Dalam proses pemberian pinjaman dana Program Kemitraan, diperlukan tahap-tahap pemberian yang sistematis antara lain tahap persiapan, tahap analisis, tahap keputusan, tahap penyaluran, tahap supervisi dan pembinaan, tahap pembukuan dan pelaporan.Item KEGIATAN PROMOSI DALAM MEMASARKAN PRODUK PADA PERUSAHAAN SEPATU PORTEE GOODS(2014-10-22) RENI ANITA PURIY; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenSetiap produk yang dihasilkan oleh tiap-tiap perusahaan membutuhkan alat-alat yang berperan sebagai alat untuk terciptanya sebuah komunikasi antara konsumen dengan pihak produsen. Dengan begitu, produk tersebut dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Alat yang dimaksud disini adalah sebuah promosi. Promosi penjualan adalah salah satu dari alat promosi yang digunakan oleh pihak perusahaan Portee Goods dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya. Adapun alat-alat yang digunakan dalam promosi penjualan ini adalah Penjualan tatap muka (Personal Selling), Public Relation, Media Sosial dan Konvensi atau Pameran dagang. Penulis melakukan penelitian mengenai kegiatan promosi perusaahaan Portee Goods bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan promosi yang berlangsung di perusahaan Portee Goods. Sehingga perusahaan Portee goods bisa menjadi perusahaan yang berkembang dengan baik. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode analisa deskriptif, yaitu dengan cara mengumpulkan data kemudian disusun dan dianalisis untuk memperoleh gambaran mengenai masalah yang dihadapi pada saat penelitian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (Library Research). Berdasarkan hasil penelitian, telah disimpulkan bahwa pemasaran produk pada perusahaan Portee Goods telah sesuai dengan elemen aktivitas Marketing Mix yang terdapat dalam teori Pemasaran. Sehingga secara keseluruhan tentang alat promosi penjualan yang digunakan oleh perusahaan Portee Goods mempunyai kriteria baik.Item KEGIATAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK VEARST JEANS DI CV. AUTHENTIC BANDUNG(2015-01-20) AFRIAN AGUNG PRIBADI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenBerkembangnya dunia fashion pada saat ini mendorong CV. Authentic untuk mengembangkan usahanya yang menyediakan fashion anak muda dengan mendirikan sebuah merek yang bernama Vearst Jeans. Vearst Jeans adalah sebuah merek yang berfokus kepada bahan pakaian yang terbuat dari jeans, namun semakin berkembangnya dunia fashion menuntut Vearst Jeans untuk menciptakan produk diluar bahan dasar jeans. Semakin banyak pesaing dalam dunia fashion CV. Authentic berusaha untuk bersaing dengan produk yang diciptakan oleh pesaing yang ada di Indonesia. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV. Authentic adalah dengan melaksanakan bauran pemasaran (marketing mix). Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kegiatan perusahaan dalam melaksanakan bauran pemasaran guna memaksimalkan penjualan produk Vearst Jeans, mengetahui hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan dalam pelaksanaan bauran pemasran produk Vearst Jeans. Metode penulisan yang dilakukan penulis adalah metode deskriptif dengan menggambarkan hal-hal yang terkait aktivitas bauran pemasaran yang dilakukan oleh CV. Authentic. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah studi kepustakaan dan studi lapangan langsung dengan mengobservasi dan wawancara pada periode Praktek Kerja Lapangan periode September – November 2014. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis pada saat melakukan Praktek Kerja Lapangan di CV. Authentic bahwa pelaksanaan bauran pemasaran produk Vearst Jeans di CV. Authentic bandung menggunakan 4 (empat) unsur yaitu produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. CV. Authentic memaksimalkan saluran distribusi produk dengan melakukan penjualan konsinyasi dengan toko yang menjadi mitra CV. Authentic. Konsinyasi tidak hanya untuk menjual produk saja tetapi CV. Authentic memanfaatkan konsinyasi sebagai pengenalan produk kepada masyarakat umum, oleh sebab itu CV. Authentic sangat memilih toko yang akan dijadikan mitra dalam penjualan produk. Perusahaan memiliki hambatan yaitu pada saluran distribusi produk. Untuk mengatasi hambatan tersebut diharapkan CV. Authentic mampu memperbanyak mitra kerja sama dalam melakukan penjualan konsinyasi dan CV. Authentic diharapkan mampu membuka toko untuk menjual produk Vearst Jeans.Item KENAIKAN GAJI BERKALA RAHUN ANGGARAN 2012-2014 BADAN PERPUSRTAKAAN ARSIP DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN BANDUNG(2014-09-15) SANTI MUSTIKA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenKenaikan gaji berkala merupakan salah satu kompensasi yang dilakukan oleh pemerintah dan juga termasuk kedalam pemeliharan untuk pegawai negeri sipil, karena kenaikan gaji berkala dapat memotivasi pegawai negeri sipil dalam melakukan tugasnya dan pekerjaanya. Laporan tugas akhir ini membahas mengenai Kenaikan gaji berkala yang dilakukan atau diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah memenuhi persyaratan tertentu diantaranya adalah telah mencapai masa kerja golongan dan memiliki penilaian pekerjaan yang cukup dalam DP3 nya, dan diberikan kepada pegawai negeri sebagai saran untuk memotivasi pegawai agar lebih giat bekerja dan mempunyai rasa tanggung jawab kepada pekerjaannya, dan dalam laporan ini dibahas juga bagaimana kenaikan gaji berkala dijalankan supaya bisa menambah wawasan bagi pembaca dan juga penulis khususnya. Laporan tugas akhir ini ini dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik yaitu dengan menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara melakukan observasi dan wawancara langsung dengan narasumber. Pelaksanaan kenaikan gaji berkala di Badan Perpustakaan, Arsip dan Pengembangan Sistem Informasi dilakukan secara teratur dan sangat rinci oleh bagian kepegawaian yang berada di sekretariat BAPAPSI sehingga dalam waktu yang telah ditentukan para pegawai bisa mendapatkan kenaikan gaji berkala tepat pada waktunya dan hanya terjadi sedikit mengalami keterlambatan yang disebabkan oleh ketidak disiplinan pegawai yang bersangkutan dalam pengumpulan persyaratan yang diperlukan dalam memenuhi administrasi kenaikan gaji berkala. Kenaikan gaji berkala di badan perpustakaan, arsip dan pengembangan sistem informasi dilakukan secara terperinci hanya saja untuk sebagian pegawai yang telat dalam mengumpulkan persyaratan untuk kenaikan gaji berkala harus diberikan peringatan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan tidak menghambat dalam melakukan proses kenaikan gaji berkala tersebut.Item KENAIKAN GRADE KARYAWAN PT POS INDONESIA (PERSERO) DIVISI REGIONAL V KOTA BANDUNG(2014-07-22) MEGA TAMIA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK PT Pos Indonesaia (Persero) Divisi Regional V Kota Bandung merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perposan. Perusahaan ini dibentuk untuk mempermudah akses komunikasi dengan cara mengirim surat, baik surat dalam negeri maupun luar negeri. Surat ini dapat dikirim dari dalam negeri ke luar negeri dan dari luar negeri ke dalam negeri. PT Pos Indonesia (Persero) sudah Internasional. Tujuan dari proses kenaikan grade pada dasarnya, yaitu dalam rangka untuk menciptakan kinerja pegawai yang baik dan meningkatkan produktivitas pegawai serta reward terhadap pegawai yang telah bekerja dengan baik dan sesuai dengan syarat yang diberikan oleh perusahaan guna menunjang kelancaran tugas-tugas dan kewajiban dari pegawai tesebut. Penulisan laporan hasil pelaksanaan kerja praktik ini dilakukan dengan metode deskriptif dimana penulis memaparkan segala kegiatan baik terlibat secara langsung maupun dari hasil pengamatan secara langsung di perusahaan. Sedangkan teknik yang digunakan adalah teknik studi lapangan yang meliputi observasi langsung, wawancara serta studi kepustakaan. Proses kenaikan grade atau pangkat di PT Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional V Kota Bandung tidak dilkukan hanya untuk karyawan yang berada di kantor tersebut saja, tetapi PT Pos Indonesia (Persero) Regional V Kota Bandung membawahi 19 unit kantor lainnya yang berada di beberapa wilayah Jawa Barat. Selama periode kenaikan grade berlangsung Divisi Regional V bertanggung jawab atas pelaksanaan kenaikan grade dari seluruh 19 unit tersebut. Semua data karyawan yang bersangkutan dalam kenaikan grade dikumpulkan dan diolah untuk kenaikan grade. Dalam proses kenaikan grade karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional V Kota Bandung memiliki hambatan yaitu adanya data karyawan yang mutasi antar area dan data kepegawaiannya terlambat diterima. Selain itu aturan dan kebijakan yang selalu berubah-ubah dalam proses kenaikan grade, hal itu juga menghambat dalam proses kenaikan grade karyawan.Oleh sebab itu jika ada karyawan yang mutasi sebaiknya karyawan yang mutasi melakukan koordinasi/ konfirmasi kepada bagian SDM (Sumber Daya Manusia) kantor sebelumnya atau kantor asal agar melancarkan segala pekerjaan di kantor baru dalam proses kenaikan grade/ pangkat. Sedangkan jika aturan atau kebijakan yang selalu berubah-ubah dalam proses kenaikan grade harus ditetapkan sejak awal sebagai aturan mutlak agar mempermudah proses kenaikan grade karyawan dan juga agar karyawan tidak harus adaptasi kembali dengan kebijakan yang baru.Item MEKANISME PELAPORAN DATA KEPESERTAAN PERUSAHAAN BPJS KETENAGAKERJAAN KACAB LODAYA BANDUNG(2018-07-08) NADIVA FAIRUZ R; Dwi Purnomo; Tidak ada Data DosenABSTRAK BPJS Ketenagakerjaan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraan nya menggunakan mekanisme asuransi sosial. BPJS TK menargetkan perusahaan dengan tenaga kerja aktif untuk mendaftarkan tenaga kerja mereka pada program-program yang ada di BPJS TK. BPJS TK terus berusaha untuk mensosialisasikan program-programnya kepada perusahaan yang belum terdaftar. Tak hanya untuk tenaga kerja aktif di suatu perusahaan,peserta yang mendaftar di BPJS TK bisa per individu atau Bukan Penerima Upah(BPU) yang iurannya bisa disesuaikan dengan upah yang telah didapat. BPJS TK menggunakan sistem Pemadanan untuk melaporkan data perusahaan mereka. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui proses pelaporan data perusahaan-perusahaan yang mendaftarkan para tenaga kerja aktif mereka di BPJS Ketenagakerjaan. Serta mengetahui hambatan-hambatan yang adadi proses pelaporan data sehingga dapat mengetahui upaya-upaya untuk menyelesaikan hambatan yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penuisan Laporan Tugas Ahir ini adalah metode penelitian deksriptif yang bertugas memberi gambaran yang cukup jelas mengenai keadaan perusahaan dimana data-data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisa.Item PELAKSANAAN BAURAN PEMASARAN OLEH DIVISI PARIWISATA PERUM JASA TIRTA II PURWAKARTA(2015-07-24) FIKRI ROMADHONI; Candradewini; Tidak ada Data DosenABSTRAK Bisnis didunia pariwisata hingga saat ini sudah mulai menjamur khusus nya di daerah jawa barat. Perum Jasa Tirta II selalu berusaha bersaing dengan pesaing pariwisata lainnya yang berada di daerah jawa barat dengan melakukan kegiatan Bauran Pemasaran. Bauran Pemasaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang di terapkan oleh marketer Perum Jasa Tirta II dengan tujuan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar objek sasaran. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kegiatan perusahaan dalam melaksanakan bauran pemasaran guna meningkatkan jumlah wisatawan Pariwisata Jatiluhur Perum Jasa Tirta II, mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Bauran Pemasaran di Perum Jasa Tirta II bagian pariwisata. Metode yang dilakukan oleh penulis adalah metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terkait dengan aktivitas bauran pemasaran Perum Jasa Tirta II . Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, metode wawancara dan observasi parsitipatif dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung ke lokasi pengamatan praktek kerja lapangan yang bertempat di Jl. Ir. H. Djuanda Jatiluhur – Purwakarta. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis pada saat melakukan praktek kerja lapangan di Perum Jasa Tirta II bahwa pelaksanaan bauran pemasaran Perum Jasa Tirta II menggunakan 4 unsur bauran pemasaran, yaitu Product, Place, Price, Promotion. Perum Jasa Tirta II selalu terus menerus melakukan pengenalan dan promosi dalam rangka peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke pariwisata Jatiluhur terhadap calon wisatawan melalui banner, buletin, dan pemasaran secara langsung atau tatap muka. Hingga kini peningkatan demi peningkatan terus mengalami kenaikan. Perum Jasa Tirta II memiliki hambatan yang dialami yaitu ketika menerapkan bauran pemasaran. Untuk menghadapi hambatan itu Perum Jasa Tirta II meningkatkan produk yang ditawarkan, menyebar luaskan tempat yang di promosikan, menawarkan harga yang sesuai dengan calon wisatawan dan memberikan promosi-promosi yang menarik sehingga berpengaruh terhadap peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Pariwisata Jatiluhur.Item Pelaksanaan Bauran Pemasaran Pada Program Ardan Ngejamz Di Radio Ardan 105.9 FM Bandung(2017-04-25) INTAN KUSUMAWARDANI; R. Bambang Soediadi Adi Purwanto; Tidak ada Data DosenRadio Ardan 105.9 FM Bandung sudah dikenal masyarakat dan para pengusaha sebagai radio yang memberikan jasa pengiklan produk dan acara-acara tertentu. Radio Ardan 105.9 FM sebagai sarana media informasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, bisnis yang terus berkembang dan meningkat. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bauran pemasaran melalui program yaitu Ardan Ngejamz pada Radio Ardan 105.9 FM Bandung. Penulis pun memperhatikan faktor penghambat selama pelaksanaan tersebut berlangsung serta bagaimana upaya yang dilakukan oleh bagian Divisi Program Radio Ardan 105.9 FM untuk menghadapi hambatan tersebut. Pada laporan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif dimana penulis berusaha mendeskripsikan atau menggambarkan hasil praktik kerja lapangan. Penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi lapangan atau pengamatan secara langsung, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan dengan sumber dari buku-buku yang bersangkutan dengan materi yang dibutuhkan. Pelaksanaan bauran pemasaran pada program Ardan Ngejamz ini termasuk pada strategi manajemen pemasaran karena nilai bauran pemasaran dalam manajemen pemasaran bisa membuat perusahaan memperoleh keuntungan dengan maksimal dari pelaksanaan bauran pemasaran perusahaan yang matang. Bauran pemasaran pada Radio Ardan 105.9 FM merupakan bauran pemasaran jasa yang terdiri dari 7P yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence dan process. Dalam hal ini penulis menguraikan pelaksanaan bauran pemasaran yaitu mendeskripsikan salah satu program yang terdapat di Radio Ardan 105.9 FM berikut dengan harga, lokasi spesifik, promosi yang di lakukan, orang-orang yang terlibat dalam suatu program, fasilitas fisik yang diberikan, dan proses pembuatan suatu program yang diadakan oleh Radio Ardan 105.9 FM, sehingga menimbulkan keinginan calon pengiklan untuk menjadi pengiklan di Radio Ardan 105.9 FM. Simpulannya, bauran pemasaran ini merupakan strategi yang baik dalam memasarkan produk untuk mendukung penciptaan nilai tambah bagi perusahaan, terbuka, bersaing, transparan, adil/tidak diskriminatif, akuntabel, dan meningkatkan bisnis industri kreatif yang ada di Kota Bandung.Item PELAKSANAAN BAURAN PEMASARAN PRODUK DELIMA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk di BANDUNG(2013-07-02) TYAGITA AYUNINGTYAS; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom Indonesia atau Telkom saja) sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia semakin memantapkan diri memasuki bisnis finansial. Dengan berkembangnya teknologi dan tuntutan bisnis, Telkom terus berupaya untuk melebarkan bisnisnya. Salah satu peluang bisnis Telkom di era TIME yang cukup menjanjikan dan belum pernah dimasuki Telkom adalah bisnis pengiriman uang (remittance). Hal ini ditunjang dengan ketersediaan sarana dan infrastruktur yang dimiliki oleh Telkom sangat memadai untuk mengelola bisnis baru ini. Satu tahun sudah Telkom telah menyediakan layanan produk pengiriman uang bernama Delivery Money Access – DELIMA (F-transfer). Melalui DELIMA (F-transfer) pengiriman uang akan aman dan langsung sampai, layanan ini melayani pengiriman uang domestic dan internasional. Pengirim dapat melakukan pengiriman uang dengan langsung mendatangi agen atau outlet yang telah bekerjasama dan pengambilan dapat dilakukan di outlet mana saja yang berlogo DELIMA (F-transfer). Delima atau Delivery Money Access merupakan layanan mudah kirim uang dari Telkom. Delima menyediakan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan pengiriman uang ke mana saja. Mengirim uang melalui Delima semudah mengirim SMS. Delima adalah aplikasi pengiriman uang melalui Plasa Telkom, ataupun tempat-tempat yang melayani aplikasi Delima (Mitra Cash Point).Item Pelaksanaan Bauran Pemasaran Produk Kartu Halo Pada PT. Telkomsel Regional Jawa Barat(2014-08-15) MAULANA RIZKI PUTRA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenPeningkatan pengguna jasa layanan seluler mendorong PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) untuk mengembangkan usaha yang melayani jasa telekomunikasi seluler dengan mendirikan PT. Telekomunikasi Seluler (Telkomsel). Pendirian Telkomsel ditandai dengan peluncuran Kartu Halo (kartuHALO) sebagai kartu GSM dengan layanan pascabayar pertama di Indonesia. Ketatnya persaingan dalam bisnis telekomunikasi terlebih lagi munculnya kartu GSM berbasis layanan prabayar yang lebih diminati masyarakat Indonesia membuat Telkomsel berusaha maksimal untuk bersaing dengan produk pascabayar dan produk prabayar lain yang ada di Indonesia. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan Telkomsel adalah dengan melaksanakan bauran pemasaran (marketing mix). Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui aktivitas perusahaan dalam melaksanakan bauran pemasaran guna memasarkan produk Kartu Halo, mengetahui hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan dalam pelaksanaan bauran pemasaran produk Kartu Halo. Metode penulisan yang digunakan penulis adalah deskriptif dengan menggambarkan hal-hal yang terkait aktivitas bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah studi kepustakaan dan studi lapangan langsung dengan mengobservasi dan wawancara pada periode Praktek Kerja Lapangan / Magang periode Januari – Maret 2014. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis selama proses Praktek Kerja Lapangan / Magang periode Januari – Maret 2014 di PT. Telkomsel Regional Jawa Barat bahwa pelaksanaan bauran pemasaran produk Kartu Halo menggunakan 4 (empat) unsur atau variabel yaitu product (produk), price (harga), place (saluran distribusi) dan promotion (promosi).Item PELAKSANAAN BAURAN PEMASARAN PRODUK WEBSITE PADA PT WIT BANDUNG(2015-09-03) ALA ALI HAMDANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenPada dasarnya dunia bisnis identik dengan pemasaran barang-barang atau produk yang dihasilkan oleh si produsen, maka dibutuhkan alat atau media untuk mempromosikan barang-barang atau produk yang produsen tawarkan kepada para konsumen. Oleh karena itu hubungan antara website dan dunia bisnis terjadi. Salah satu strategi pemasaran oleh PT.WIT dalam memasarkan produk website PT.WIT adalah dengan melaksanakan bauran pemasaran (marketing mix). Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kegiatan perusahaan dalam melaksanakan bauran pemasaran guna memaksimalkan penjualan produk website, mengetahui hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakuan guna mengatasi hambatan dalm pelaksanaan bauran pemasaran produk website. Metode penulisan yang dilakukan penulis adalah metode deskriptif dengan menggambarkan hal-hal yang terkait aktivitas bauran pemasaran yang dilakukan oleh PT.WIT. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah studi kepustakaan dan studi lapangan langsung dengan mengobservasi dan wawancara pada periode Praktek Kerja Lapangan periode September – November 2014. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis pada saat melakukan Praktek Kerja Lapangan di PT. Wit bahwa pelaksanaan bauran pemasaran produk website di PT. WIT Bandung menggunakan 4 (empat) unsur yaitu produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. PT. WIT memaksimalkan penjualan dengan cara memasarkan produk di media sosial. Perusahaan memiliki hambatan yaitu pada saluran distribusi produk. Untuk mengatasi hambatan tersebut PT. WIT harus meningkatkan mitra kerjasama dalam melakukan penjualan website untuk memperluas saluran distribusi produk.Item Pelaksanaan Bauran Promosi Pada Divisi Pariwisata Perum Jasa Tirta II Jatiluhur Purwakarta(2015-10-20) KAMAL WIDYAN NANDA; Nenden Kostini; Tidak ada Data DosenABSTRAK Bisnis didunia pariwisata hingga saat ini sudah mulai menjamur khusus nya di daerah jawa barat. Perum Jasa Tirta II selalu berusaha bersaing dengan pesaing pariwisata lainnya yang berada di daerah jawa barat dengan melakukan kegiatan Bauran Promosi. Bauran Promosi merupakan salah satubagian dari pemasaran yang di terapkan oleh marketer Perum Jasa Tirta II dengan tujuan untuk terus menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar objek sasaran. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui kegiatan perusahaan dalam melaksanakan bauran promosi guna meningkatkan jumlah wisatawan Pariwisata Jatiluhur Perum Jasa Tirta II, mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Bauran Promosi di Perum Jasa Tirta II bagian pariwisata. Metode yang dilakukan oleh penulis adalah metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terkait dengan aktivitas bauran promosi Perum Jasa Tirta II. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, metode wawancara dan observasi parsitipatif dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung ke lokasi pengamatan praktek kerja lapangan yang bertempat di Jl. Ir. H. Djuanda Jatiluhur – Purwakarta. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis pada saat melakukan praktek kerja lapangan di Perum Jasa Tirta II bahwa pelaksanaan bauran promosi Perum Jasa Tirta II menggunakan 5 unsur bauran promosi, yaitu advertising, Sales Promotion, Personal selling,Public RelationdanDirect Marketing. Perum Jasa Tirta II selalu terus menerus melakukan pengenalan dan promosi dalam rangka peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke pariwisata Jatiluhur terhadap calon wisatawan melalui banner, brosur, spanduk, dan pemasaran secara langsung atau tatap muka. Hingga kini peningkatan demi peningkatan terus mengalami kenaikan. Perum Jasa Tirta II memiliki hambatan yang dialami yaitu ketika menerapkan bauran promosi. Untuk menghadapi hambatan itu Perum Jasa Tirta II meningkatkan promosi yang lebih efisien dan bisalangsung membantu para konsumen, menyebar luaskan tempat yang di promosikan, menawarkan harga yang sesuai dengan calon wisatawan dan memberikan promosi-promosi yang menarik sehingga berpengaruh terhadap peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Pariwisata Jatiluhur.Item PELAKSANAAN BAURAN PROMOSI PADA PT. PINDAD (PERSERO) BANDUNG(2016-07-12) TANNEKE IQBAL THOORIQ; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenBisnis adalah sesuatu yang sangat berpengaruh dalam dunia yang semakin berkembang sekarang, karena bisnis bisa meningkatkan kesejahteraan suatu negara. Saat ini banyak sekali bisnis yang bisa dijalankan baik di bidang produksi maupun jasa, apapun jenis usaha yang kita jalankan, suksesnya bisnis dipengaruhi oleh suatu promosi. Promosi adalah proses komunikasi antara perusahaan dengan konsumen yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Dengan adanya promosi produsen atau distributor bisa memberitahu tentang informasi yang akan dijual untuk mendapat timbal balik yang bisa meningkatkan penjualan. Ada beberapa cara untuk melakukan promosi atau yang sering disebut juga sebagai bauran promosi. Tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini untuk mengetahui promosi yang dilakukan oleh PT. Pindad (Persero) Bandung, mengetahui apa saja hambatan dalam proses pemasaran dan upaya untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan promosi tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, metode ini adalah yang digunakan untuk menggambarkan situasi pada saat melakukan praktik kerja lapangan di PT. Pindad (Persero) Bandung dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama melakukan praktik kerja lapangan di PT. Pindad (Persero) Bandung. Pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan di perusahaan tersebut lebih dominan adalah advertising, public relation, dan personal selling PT. Pindad (Persero) Bandung memiliki hambatan dalam pelaksanaan bauran promosi yaitu informasi dalam media cetak kurang sampai ke konsumen, hanya memanfaatkan event dari undangan saja, dan masih adanya yang menggunakan senjata produk luar negeri. Upaya yang dilakukan perusahaan untuk mengatasi hambatan adalah dengan lebih memanfaatkan penggunaan media cetak agar informasi sampai ke konsumen, mengadakan event atau pameran tersendiri, dan melakukan kegiatan promosi dengan gencar serta tepat sasaran agar banyak yang teredukasi tentang bagusnya senjata buatan dalam negeri dibanding buatan luar negeri.Item Pelaksanaan Bauran Promosi Program Jaminan Sosial pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung II(2015-07-07) CUT FADILLAH; Nenden Kostini; Tidak ada Data DosenBPJS Ketenagakerjaan merupakan badan yang dibentuk pemerintah untuk menyelenggarakan program jaminan sosial yang baru dibentuk pada 1 Januari 2014. Banyak masyarakat yang belum mengetahui dan belum mendaftarkan dirinya pada BPJS Ketenagakerjaan, oleh karena itu promosi sangat dibutuhkan. Pelaksanaan promosi memiliki hambatan-hambatan seperti kurangnya SDM, anggaran biaya yang terbatas dan belum proaktif dinas tenaga kerja dalam pelaksanaan program jaminan sosial tenaga kerja. Tujuan dari penulisan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bauran promosi program jaminan sosial tenaga kerja oleh divisi pemasaran. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam pelaksanaan bauran promosi program jaminan sosial tenaga kerja dan upaya mengatasi hambatannya. Laporan ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi partisipatif dengan pengamatan secara langsung di lapangan, wawancara dengan narasumber dan studi kepustakaan dengan mempelajari buku-buku sebagai bahan referensi. Bauran promosi di BPJS Ketenagakerjaan antara lain periklanan yang terdiri dari media cetak seperti brosur, majalah, kliping koran, banner dan spanduk sedangkan media elektroonik seperti website, youtube dan jejaring sosial. Penjualan promosi dilakukan dengan memberi bantuan uang muka perumahan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Penjualan perseorangan dengan mengadakan acara komunikasi masif ditempat yang ramai. Menjalin hubungan masyarakat dengan memberikan beasiswa kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan dan pemasaran langsung dilakukan dengan cara mengirimkan surat kepada perusahaan yang belum terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Bandung II. Berdasarkan hasil pengamatan yang penulis lakukan, banyak perusahaan yang belum mendaftarkan tenaga kerjanya mengikuti program jaminan sosial tenaga kerja padahal banyak manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pelaksanaan bauran promosi sudah dilaksanakan cukup baik, namun alangkah lebih baik lagi jika sanksi administratif dapat dipertegas bagi pemberi kerja yang tidak mendaftarkan tenaga kerjanya agar meningkatnya jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan.Item PELAKSANAAN BAURAN PROMOSI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENUMPANG(2017-06-09) PUTRI RIZKY AGUSTINA; Slamet Usman Ismanto; Tidak ada Data DosenPT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN di Indonesia yang melayani jasa transportasi darat telah mengalami berbagai langkah revolusioner yang membuatnya berkembang pesat. Kegiatan usaha PT. KAI di antaranya melaksanakan kegiatan usaha angkutan penumpang. Setiap tahunnya volume penumpang kereta api mengalami fluktuasi khususnya pada tiga tahun terakhir ini. Dibutuhkan strategi untuk meningkatkan volume penumpang kereta api salah satunya melaksanakan strategi promosi dengan mengkombinasikan instrumen bauran promosi yaitu advertising, sales promotion, public relations, dan personal selling. Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi promosi melalui bauran promosi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam meningkatkan volume penumpang kereta api. Penulis pun memperhatikan faktor penghambat selama pelaksanaan tersebut berlangsung serta bagaimana upaya yang dilakukan oleh Bagian Marketing Communication PT. Kereta Api Indonesia (Persero) untuk mengatasi hambatan tersebut. Laporan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif dimana penulis berusaha mendeskripsikan data dengan melakukan hasil praktik kerja lapangan. Penulis mengumpulkan data dengan melakukan studi lapangan atau pengamatan secara langsung, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan dengan sumber dari buku-buku yang bersangkutan dengan materi yang dibutuhkan. Pelaksanaan bauran promosi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan penerapan dari strategi promosi yang dibuat oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Pelaksanaan bauran promosi ini dapat berpengaruh pada peningkatan volume penumpang jika dilakukan dengan optimal. Pelaksanaan bauran promosi pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) menggunakan strategi promosi dengan mengintegrasikan instrumen bauran promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, public relations, dan personal selling. Keempat instrumen bauran promosi tersebut digunakan untuk mengkomunikasikan program – program pemasaran PT. Kereta Api Indonesia (Persero) secara persuasif kepada masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan minat masyarakat menggunakan jasa kereta api dan berdampak pada peningkatan volume penumpang. Simpulannya, instrumen bauran promosi merupakan strategi promosi yang baik apabila disinergikan secara optimal sehingga tujuan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan jasa kereta api pun berhasil.Item PELAKSANAAN DISIPLIN PEGAWAI DI DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR ( PSDA ) PROVINSI JAWA BARAT(2013-07-18) GESI MIRANDINA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini penulis menggambarkan hasil dalam penelitian mengenai Pelaksanaan Disiplin Pegawai di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air ( PSDA ) Provinsi Jawa Barat, yang bertempat di jalan Braga No.137 Bandung. Metode yang digunakan dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan studi kepustakaan yaitu dengan mencari data atau informasi dari buku-buku, serta studi lapangan yaitu dengan melakukan wawancara. Kemudian, data yang telah diperoleh, diolah dan diklasifikasikan sesuai dengan identifikasi masalah, disusun dan di sajikan dalam bentuk Laporan Tugas Akhir. Berdasarkan dari hasil praktik kerja lapangan ( PKL ), diperoleh data yang mnerangkan bahwa Pelaksanaan Disiplin Pegawai di Dinas Pengelola Sumber Daya Air ( PSDA ) yaitu dilihat melalui Kehadiran, Ketaatan, Ketepatan Waktu dan Perilaku. Disiplin merupakan suatu hal yang dapat dilatih, dengan disiplin diharapkan dapat menumbuhkan kendali diri, karakter atau keteraturan, dan efisiensi. Maka secara singkat dapat disimpulkan bahwa disiplin berhubungan dengan pengendalian diri agar dapat membedakan mana hal yang benar dan mana hal yang salah sehingga dalam jangka panjang diharapkan bisa menumbuhkan perilaku yang bertanggung jawab Disiplin pegawai adalah kesanggupan pegawai untuk mentaati peraturan dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan peraturan kedinasan yang pabila ditaati atau dilanggar akan dijatuhi hukuman disiplin berdasarkan ( PP 53/2010 pasal 1 ayat 1 ). Pelaksanaan disiplin pegawai bertujuan untuk membina PNS yang telah melakukan pelanggaran, agar yang bersangkutan memiliki rasa menyesal atau berusaha untuk memperbaiki diri dan tidak mengulangi kesalahan dengan memberikan konseling kepada pegawai.